3 Alasan yang Bikin Putri Tanjung Yakin Anak Muda Indonesia Survive

Putri Tanjung sharing di Congress of Indonesian Diaspora 6

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 tidak menghentikan kreativitas anak muda. Hal itu disampaikan pengusaha muda, Putri Indahsari Tanjung, berdasarkan hasil observasinya di kalangan generasi muda. Staf khusus presiden dari kalangan millennial ini menilai, pandemik bukan alasan bagi generasi muda untuk berhenti berinovasi.

"Anak muda justru semakin adaptif saat pandemi. Ini justru melatih mereka agar dapat lebih siap untuk menghadapi masa depan yang sangat dinamis," ujar Putri Tanjung ketika menjadi salah satu narasumber dalam acara Congress of Indonesian Diaspora ke-6 secara virtual yang diselengarakan pada hari Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: 3 Rekomendasi Dino Patti Djalal untuk Diaspora Indonesia

1. Generasi muda sekarang lebih tangguh

3 Alasan yang Bikin Putri Tanjung Yakin Anak Muda Indonesia SurviveInstagram/@putri_tanjung

Perempuan yang lebih dikenal sebagai Putri Tanjung ini mengatakan sikap adaptif menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki generasi muda sekarang. Kondisi yang berat yang belum berujung hingga kini, menurutnya, secara tidak langsung menempa anak muda agar semakin tangguh.

"Ini sebagai salah satu kunci paling penting di masa-masa seperti ini, apalagi dengan adanya perkembangan teknologi dan segala macamnya," ujar Putri. 

Selain itu, Putri juga memaparkan jika anak muda sekarang sudah mulai sangat sadar akan "the bottom of the pyramid" yang sebelumnya jarang mau disentuh, seperti kesehatan, mental, dan sebagainya. 

2. Banyak pengusaha baru bermunculan

3 Alasan yang Bikin Putri Tanjung Yakin Anak Muda Indonesia SurvivePutri Tanjung dalam acara Congress of Indonesian Diaspora ke-6, pada 14 Agustus 2021. Dok. Pribadi

Meskipun Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak buruk dalam perekonomian global dan nasional, namun menurutnya, hal tersebut juga menjadi ladang kesempatan baru bagi orang yang jeli. Menurut observasi yang dilakukan Putri, ia mulai sering melihat banyak anak muda menjadi pengusaha baru selama pandemi berlangsung.

"Semua berawal dari pemikiran 'di mana ada masalah, di situlah ada peluang," ujar anak sulung pengusaha media, Chairul Tanjung, tersebut. 

Ada usaha-usaha yang diciptakan untuk survive atau bertahan, tapi sekarang banyak pula usaha mereka berhasil thrive atau berkembang ke level yang jauh lebih baik. Dia percaya, siklus selama pandemik COVID-19 tidak selamanya negatif.

"Karena juga merupakan momen yang sangat positif bagi generasi muda untuk dapat menciptakan dan melihat peluang," tambahnya. 

Baca Juga: Dino Patti Djalal Harap Diaspora Bisa Suarakan Aspirasi Melalui CID-6

3. Semangat gotong royong semakin menonjol

3 Alasan yang Bikin Putri Tanjung Yakin Anak Muda Indonesia SurvivePutri Tanjung dalam acara Congress of Indonesian Diaspora ke-6, pada 14 Agustus 2021. Dok. Pribadi

Tak hanya itu, Putri juga mengapresiasi generasi muda yang menunjukan semangat gotong royong, saat mereka memutuskan untuk berkolaborasi di tengah pandemik. Putri berharap semangat gotong royong harus tetap dilanjutkan meski masa pandemi telah usai.

"Mereka mau berkolaborasi untuk menciptakan sebuah inovasi dan membantu lebih banyak orang untuk berkontribusi," ucap Putri. 

Hal ini menjadi alasan mengapa Putri optimistis terhadap masa depan generasi muda Indonesia. Dia juga belajar banyak dari semangat yang ditunjukkan generasi ini. 

Baca Juga: Jadi Staf Khusus, Putri Tanjung dan Belva Digaji Rp51 Juta per Bulan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya