Allianz Luncurkan Layanan Khusus untuk Jaga Kesehatan Mental Karyawan

Allianz Indonesia luncurkan Employee Assistance Program

Jakarta, IDN Times – Wabah COVID-19 yang merebak sejak akhir 2019 tidak hanya menyebabkan masalah serius di bidang kesehatan, tetapi juga mengganggu kondisi perekonomian nasional dan global, serta mempengaruhi kondisi sosial masyarakat. Efek yang ditimbulkan ke setiap individu pun beragam, contohnya seperti meningkatnya rasa cemas dan stres sebagai dampak perubahan rutinitas dan interaksi yang terjadi di lingkungan. 

Di tengah ketidakpastian akibat situasi pandemik COVID-19, kesehatan fisik dan mental karyawan terus menjadi fokus utama bagi perusahaan. Untuk menjaga psikis dan mental karyawan tetap sehat, Allianz Indonesia meluncurkan inisiatif Employee Assistance Program (EAP) sebagai dukungan moril nyata bagi karyawan.

1. Allianz Indonesia sediakan konsultiasi pribadi

Allianz Luncurkan Layanan Khusus untuk Jaga Kesehatan Mental KaryawanIDN Times/Allianz Indonesia

Melalui program ini, perusahaan menyediakan layanan konsultasi pribadi untuk karyawan dengan psikolog profesional. Karyawan dapat melakukan konsultasi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi, baik terkait lingkungan kantor maupun kehidupan pribadi. Selama masa pandemik COVID-19, layanan ini dapat dilakukan secara virtual, dan setelah kondisi kembali normal layanan ini dapat dinikmati secara tatap muka. 

2. Employee Assistance Program dapat respon positif dari para karyawan

Allianz Luncurkan Layanan Khusus untuk Jaga Kesehatan Mental KaryawanIlustrasi karyawan Allianz (Allianz.co.id)

"Bagi Allianz Indonesia, karyawan merupakan aset terpenting bagi perusahaan, sehingga kami terus berupaya untuk memberikan fasilitas dan dukungan yang memadai, termasuk dukungan moril," ungkap Juanita Wibowo, Chief Human Resources Officer Allianz Indonesia dalam siaran pers yang diterima IDN Times (18/05).

Allianz Indonesia menghadirkan Employee Assistance Program dengan tujuan untuk mengurangi tingkat stres dan membantu karyawan menghadapi permasalahan yang sedang dihadapi, baik masalah personal maupun profesional. Dengan demikian, diharapkan para karyawan dapat menjalani rutinitas yang lebih baik dan sehat.

Inisiatif Employee Assistance Program yang diluncurkan Allianz Indonesia pun mendapatkan respon positif dari para karyawannya. "Sejauh ini, feedback yang diberikan oleh karyawan atas bantuan layanan ini sangat positif dan mendapatkan nilai Net Promoter Score (NPS) yang sangat tinggi. Melalui program ini, kami juga ingin terus meningkatkan engagement antara perusahaan dan karyawan, sehingga tercipta lingkungan kerja yang lebih sehat dan menyenangkan,” tambah Juanita.

3. Bantu karyawan mengenali dan menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi

Allianz Luncurkan Layanan Khusus untuk Jaga Kesehatan Mental KaryawanIlustrasi karyawan Allianz (allianz.co.id)

Employee Assistance Program dirancang bagi seluruh karyawan Allianz Indonesia yang menjadi fasilitas agar karyawan dapat memahami dan mengklarifikasi masalah yang terjadi, mengidentifikasi dan mengeksplorasi opsi untuk mengatasi masalah tersebut, serta mengembangkan rencana untuk menghadapi masalah dan menemukan solusi yang bersifat konstruktif melalui layanan konsultasi bersama psikolog profesional. Tentunya dengan menjunjung tinggi asas kerahasiaan informasi.

4. Konsultasi dilakukan secara virtual

Allianz Luncurkan Layanan Khusus untuk Jaga Kesehatan Mental KaryawanIDN Times/Allianz Indonesia

Selama masa bekerja dari rumah, Employee Assistance Program dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi chat Microsoft Teams dengan durasi satu jam bagi setiap karyawan yang akan berkonsultasi.

”Kami berharap dengan pelaksanaan Employee Assistance Program ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup karyawan agar mencapai kehidupan yang lebih baik dan seimbang,” tutup Juanita.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya