Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!

Beragam kuliner lezat siap melepas rindu pemudik

Boyolali, IDN Times - Kabupaten Boyolali terletak di antara Solo dan Yogyakarta. Posisinya yang strategis membuat Boyolali makin terkenal. Tak terkecuali kulinernya.

Kabupaten ini mempunyai #PesonaKulinerLebaran2019 yang tidak kalah menarik untuk disambangi ketika libur Lebaran tiba. Beragam kuliner lezat siap melepas rindu pemudik yang datang ke Boyolali.

"Boyolali sebagai sebuah kabupaten kecil yang dekat Solo dan Yogyakarta ini, ternyata memiliki warisan kuliner yang begitu lezat. Mulai dari kudapannya, menu utama, hingga oleh-oleh yang bisa dibawa pulang kembali ke kota perantauan," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Senin (27/5).

Karena itu, siapkan diri Anda untuk mengenal lebih dalam setiap sudut Boyolali lewat kekayaan cita rasa kulinernya. Berikut #Top10PesonaKulinerLebaranBoyolali yang layak buat kamu makan saat pulang kampung ke Boyolali.

1. Soto Mbok Giyem

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!Travelingyuk.com

Meski tersemat nama Mbok Giyem, tokoh ini sudah digantikan putra-putrinya. Yap, Soto Seger Mbok Giyem kini dikelola anak-anak pemiliknya. Warung makan sederhana ini terkenal dengan kelezatannya yang tak berubah sejak pertama kali buka, yaitu sekitar tahun 1950. Menariknya, warung di Jalan Garuda, samping Pasar Sunggingan ini tetap bertahan setelah krisis moneter. Termasuk juga banyaknya pesaing dengan menu lebih kekinian.

Keunggulan dari soto segar ini terdapat pada kuah beningnya. Soto Mbok Giyem terkenal murah dan komplet. Semangkuknya berisi irisan daging ayam atau daging sapi, toge, bawang merah goreng, kentang goreng, dan nasi. Kamu juga bisa memesan porsi mangkuk normal atau mangkuk kecil. Sebagai pendamping, ada pilihan lauk mulai empela hati, telur puyuh, sate kikil, hingga telur dadar. Kurang lengkap apa coba? Banyak pilihannya pula.

2. Merbabu Penyet Boyolali

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!pegimakan.id

Warung yang mengkhususkan menu masakannya di aneka olahan masakan penyet ini terletak di Jalan Merbabu depan SD Negeri 9 Boyolali. Warung yang berdiri sejak 2006 ini memiliki aneka ragam masakan penyet, ada 10 paket terjangkau yang bisa pengunjung nikmati tanpa harus menguras kantong.

Di sini juga tersedia ayam dan bebek goreng utuh, serta beberapa menu seafood lainnya dalam ukuran besar. Warung yang didirikan Bapak Sumadi ini juga punya varian menunya, antara lain nasi kakap goreng/penyet/bumbu rujak, nasi bebek goreng, nasi ayam kampung goreng/ penyet, dan nasi lele goreng/penyet.

Di warung ini juga tersedia menu lauk pauk seperti tahu goreng, tempe goreng, jamur goreng crispy, telur goreng, ati bebek, kepala bebek. Pilihan menu sayurnya ada oseng kangkung, gudangan, dan trancam. Untuk menu minumannya antara lain teh, jeruk, es soda gembira, es kelapa muda, dan aneka jus buah.

3. Bebek Goreng Pak Pinggir

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!Garnesia.com

Bebek Goreng Pak Pinggir terdapat di Jl. Perintis Kemerdekaan, jalur yang dilalui bus antarkota dari arah Solo, dekat dengan Stadion Sonolayu. Warung ini ialah cabang dari Bebek Goreng Pak Pinggir yang terkenal di Pengging.

Sepertinya warung ini belum terlalu lama buka, tetapi tak sulit untuk menarik pelanggan karena merek Bebek Pak Pinggir memang banyak dikenal di Boyolali. Jika datang terlalu sore bersiaplah tidak kebagian bebek gorengnya yang istimewa karena penggemarnya sangat banyak.

Bebek Pak Pinggir terasa begitu empuk dan sama sekali tidak ada bau anyir yang bisa meruntuhkan selera makan. Bumbunya meresap ke dalam serat-serat dagingnya tetapi tidak terasa berlebihan. Komposisi bumbunya pas di lidah.

4. Warung Sate Pak Darso

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!wisatayukk.blogspot.com

Penikmat daging merah alias daging kambing tentu sudah tidak asing lagi mendengar sate kambing Pak Darso. Ya, warung sate kambing yang berlokasi di kawasan Pengging ini bisa dikatakan langganan pejabat-pejabat tinggi. Bahkan belum lama ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyempatkan diri untuk menikmati sajian sate kambing Pak Darso saat berkunjung ke Boyolali.

Buka mulai pukul 07.30 WIB setiap harinya dan tutup pukul 15.00 WIB, Warung Sate Kambing Pak Darso terletak di kawasan Pengging. Kawasan Pengging memang banyak memiliki kuliner khas, seperti sate kambing yang ada di beberapa titik, salah satunya Sate Kambing Pak Darso ini yang sangat mudah dicari lokasinya.

Hampir setiap akhir pekan, warung sate kambing Pak Darso ramai dikunjungi dan menunya cepat habis. Bahkan sebelum jam tutup, tidak jarang sudah habis. Saat mudik ke Boyolali dan kangen pada kuliner penggugah energi, kamu bisa langsung bergegas ke Sate Kambing Pak Darso.

5. Sego Tumpang

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!merahputih.com

Sego tumpang atau nasi tumpang adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe semangit (tempe fermentasi). Sego tumpang oleh masyarakat Boyolali juga biasa disebut sebagai lethok. Sego tumpang kerap diburu wisatawan. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan aroma tempe semangit bakal membuatmu terlena dengan cita rasanya. Warung Sego Tumpang dapat ditemui di sejumlah ruas jalan protokol Boyolali.

Makanan ini dibuat dengan cara menumbuk tempe semangit, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Bahan-bahan itu kemudian direbus bersama bumbu lain dan santan hingga matang.

Sego tumpang biasanya disajikan bersama lauk lain, seperti gudangan, pecel, atau sayur-sayuran lain sebagai pelengkapnya. Apalagi ada berbagai macam gorengan seperti bakwan atau mendoan yang makin membuat menu sego tumpang menjadi lebih lengkap. Kamu juga bisa menyantapnya dengan lauk lain, seperti telur, tahu, tempe, perkedel, dan rempeyek.

6. Iga Bakar Boyolali

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!helmavania.wordpress.com

Warung Iga Bakar Pak Wid Boyolali begitu terkenal. Letaknya persis di sebelah selatan dari Patung Kuda Simpang Lima Boyolali. Sekilas warung iga bakar ini memang tidak terlalu luas. Warung ini memiliki tiga ruang, yaitu ruang depan yang cukup luas, kemudian ruang tengah yang menyajikan tempat duduk lesehan, dan ruang ketiga berada agak di dalam dengan tempat duduk meja dan kayu.

Beragam menu olahan iga lainnya juga tersedia di sini. Sesuai dengan nama warungnya, warung iga Pak Wid ini sebagian besar menunya merupakan olahan iga. Mulai dari iga bakar, iga goreng, iga gongso, iga rebus, dan iga penyet. Menu-menu ini juga tersedia dalam porsi besar dan porsi kecil. Porsi besar berisi 3 potongan iga, sedangkan porsi kecil hanya berisi dua potongan iga. Varian lainnya ialah menu babat dan sup daging iga.

7. Boyolali Jenang Pecel

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!jatenglive.com

Jenang pecel ialah semacam modifikasi dari pecel sayuran pada umumnya. Pecel tidak lagi disajikan dengan nasi, tetapi dengan jenang. Jenang yang dimaksud di sini sebenarnya bubur sumsum (yang terbuat dari tepung beras). Untuk komponen pecelnya sama saja, terdiri dari aneka macam sayuran rebus yang kemudian diguyur dengan sambal kacang. Anda akan menemukan sensasi rasa yang unik ketika pecel yang teksturnya kaya berpadu dengan bubur sumsum yang lembut dan lumer di mulut.

Jenang pecel ini ialah makanan tradisional khas dari Boyolali, tapi sayangnya sekarang sudah makin susah ditemukan. Jenang pecel biasanya dijajakan di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk, tetapi ada juga penjual keliling yang pakai gendongan. Jenang ini terasa makin sedap ketika disajikan di atas pincuk, alas makan dari daun pisang. Makanan ini merakyat, enak, dan murah meriah.

8. Rujak Mbah Joko

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!solomediabisnis.com

Kamu sedang cari yang segar-segar tapi menyehatkan? Mampir ke rujak Mbah Joko saja, salah satu rujak buah yang legendaris di Kota Boyolali ini. Rujak Mbah Joko ini terdiri dari aneka buah-buahan kemudian diparut dan diberi sambal khas rujak yang pedas manis.

Untuk menemukan Rujak Mbah Joko ini, kamu bisa mencarinya di dekat Bank Jateng, tidak jauh dari Taman Kota Boyolali. Orang di sekitar tempat itu pasti tahu. Di tempat wisata kuliner Boyolali ini, harga rujaknya juga sangat terjangkau, yakni cukup Rp 5.000, kamu bisa menikmati rujak yang segar dan enak.

9. The Milk Boyolali

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!ndiievania.wordpress.com

Ke Boyolali tanpa menikmati olahan susunya itu semacam kurang lengkap. Jika kalian suka nongkrong bersama teman-teman terdekat mungkin The Milk Boyolali ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk menikmati waktu bersama. Tempat The Milk ini tidak jauh dari patung sapi kebanggaan Boyolali. Alamat lengkap The Milk Boyolali berada di Desa Kemiri, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali.

Suasana yang syahdu dengan angin pegunungan bisa membuat kalian betah berlama-lama di The Milk ini. Kalian bisa memilih tempat di rooftop jika ingin menikmati suasana yang lebih romantis. The Milk menyediakan aneka olahan susu dengan kemasan modern dan varian yang beragam. Untuk harga bisa dibilang masih sangat terjangkau, apalagi untuk kamu anak muda, tempat ini pas banget deh.

10. Tahu Susu

Jangan Lewatkan 10 Kuliner Top di Boyolali Ini Saat Mudik, Ya!IDN Times/Kemenpar

Bagi masyarakat Boyolali, tahu susu bukanlah hal asing lagi, terutama bagi kalangan peternak sapi. Namun, bagi masyarakat umum, mungkin asing tahu susu karena memang tidak dijual di pasaran ataupun swalayan. Tahu susu bukanlah makanan yang terbuat dari tahu yang dicampur susu sapi, atau tahu yang bisa mengeluarkan susu.

Akan tetapi, kuliner asli Boyolali ini terbuat dari susu sapi yang baru melahirkan. Susu sapi yang baru melahirkan ini tidak laku dijual, selain berwarna kuning juga baunya sangat amis. Namun, kandungan gizinya sangat tinggi. Sayang bila dibuang. Masyarakat kemudian mengolahnya menjadi camilan langka yang hanya didapat saat sapi melahirkan. Cara membuatnya pun tidaklah sulit.

Susu sapi yang baru melahirkan diperas, diberi bumbu tradisional, seperti ketumbar, bawang putih, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi. Setelah itu dikukus hingga matang. Setelah matang, baru dipotong-potong sesuai selera dan digoreng. Jadilah tahu susu. Kuliner lezat asli Boyolali ini paling enak bila dinikmati saat masih panas.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya