10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudik

Bandung juga memiliki segudang makanan khas

Jakarta, IDN Times - Mengisi libur Lebaran di Bandung tidak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner lezatnya. Daerah berudara sejuk tersebut memiliki beberapa sajian kuliner khas yang lezat dan wajib Anda cicipi sehingga #PesonaMudik2019 Anda semakin lengkap.

Langsung saja, berikut ulasan #10TopPesonaKulinerLebaranBandung yang patut Anda coba saat libur Lebaran ke Bandung, Jawa Barat.

1. Baso Sapi Cihampelas

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikpergikuliner.com

Paling enak memang jika menikmati hangatnya semangkuk bakso di tengah dinginnya cuaca Bandung. Apalagi di Bandung banyak bertebaran warung bakso yang nikmat. Salah satu yang paling terkenal adalah Baso Sapi Cihampelas.

Saking terkenalnya, di Google review tentang warung bakso tersebut sangat banyak. Selain pilihannya beragam, bahkan banyak yang menjadi langganan warung bakso itu sejak 80-an. Harganya pun gak menguras kantong dan baksonya dijamin bebas pengawet. Jadi, jangan lupa mampir menikmati Baso Sapi Cihampelas jika berwisata ke Bandung.

2. Iga Bakar Si Jangkung

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikkulinerbangsakoe.blogspot.com

Menikmati kuliner di Kota Bandung tidak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kelezatan Iga Bakar Si Jangkung. Berlokasi di Jalan Cipaganti No 75B, tempat makan yang satu ini sangat mudah dijumpai karena terletak di tepi jalan utama. Dindingnya yang didominasi warna cat hijau, begitu unik ketika Anda melintasi area tersebut.

Satu porsi Iga Bakar Si Jangkung dijual dengan harga Rp40.000. Berbeda dari iga bakar di tempat lain, warung tenda milik Bapak Haryanto tersebut menyajikan iga bakar yang memiliki cita rasa rempah yang kuat sehingga tidak berbau. Tenang saja, daging iga bakarnya pun sangat empuk karena sudah melalui proses memasak yang cukup lama. Tertarik mencoba? Iga Bakar Si Jangkung tersebut mulai beroperasi pukul 12:00–23:00 setiap hari.

3. Lotek Mahmud

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikpergikuliner.com

Lotek identik dengan kuliner semacam gado-gado yang ada di Yogya. Kelezatannya tidak usah diragukan. Nah, di Bandung pun ada warung lotek legendaris. Namanya Lotek Mahmud. Tempat satu ini memang cukup terkenal di Kota Bandung.

Warung tersebut tidak hanya menyajikan lotek, tetapi kuliner lain dengan menu beragam. Ada gado-gado, nasi rames, nasi lengko, nasi bakut, nasi bakmoy, rujak uleg, rujak cuka, rujak banci, tahu petis, dan masih banyak lagi.

Menu minumannya pun tak kalah menggoda. Ada es kolak, es campur, es cincau, es cendol, es buah, dan banyak lagi. Lotek Mahmud juga menyediakan teh tawar gratis. Berbagai menu minumannya tentu pas banget disajikan bareng menu makanan yang ada di Lotek Mahmud itu. Semua menu dipilih sesuai selera. Pas banget kalau ajak keluarga ke sini.

4. Warung Lela

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikflickr.com/indonesiabox2

Warung Lela atau yang juga populer dengan nama Wale ini berada di area perumahan Ranca Kendal, di Jalan Kupa No 6. Dilihat dari luar, bangunan warung tersebut cukup menarik perhatian sebab berbentuk rumah tradisional Jawa. Di sekelilingnya dihiasi tiang yang terbuat dari kayu-kayu besar dilengkapi beragam ornamen yang juga berbahan kayu.

Menu andalan di sini berupa aneka bakmi, tetapi yang wajib Anda coba ialah Yamin Manis Baso yang begitu menggugah selera. Dijual seharga Rp23.000 per porsi, Anda akan mendapatkan satu mangkuk mi berwarna cokelat pekat dilengkapi daging ayam suwir dan taburan daun bawang. Kuah berisi tiga buah bakso dan dua buah bakso tahu diletakkan secara terpisah sehingga Anda bisa mencampurkannya sendiri sesuai selera

5. Nasi Bancakan

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikwisatakulinerbandung.info

Berbeda dari kebanyakan rumah makan pada umumnya, di Nasi Bancakan Anda bisa bebas memilih beragam hidangan sesuai dengan selera. Tercatat ada lebih dari 50 varian menu khas Sunda yang disajikan di sini. Terletak tidak jauh dari Gedung Sate, tepatnya di Jalan Trunojoyo No 62, Nasi Bancakan pun tidak pernah sepi pembeli.

Dengan desain interior kental suasana pedesaan Parahyangan, Anda pun bisa menikmati makanan dengan nyaman dan tenang. Harga rata-rata makanan dan minuman di sini  hanya berkisar di angka Rp80.000 untuk dua orang. Terjangkau, bukan?

6. Wiki Koffie

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikjalanjalankenai.com

Inilah salah satu lokasi tongkrongan warga Bandung penikmat kopi, sebuah kafe dengan nuansa yang sangat unik, yakni venue ala zaman Belanda di Wiki Koffie di Jalan Braga No 90 Kota Bandung.

Tempatnya cozzy abis. Tampak di depan, jendela bangunan yang besar menjadi sekat bagi pengunjung kafe yang ingin bersantai menikmati minuman kopi dan aneka makanan di dalam ruangan sambil menikmati suasana Jalan Braga.

Masuk ke dalam, kita akan menyaksikan interior di kafe Wiki Kaffie yang bernuansa retro tapi minimalis dengan sentuhan beberapa pajangan lukisan-lukisan kopi.

Berbagai kopi pilihan dapat wisatawan nikmati di kafe tersebut. Bukan saja kopi dari Indonesia, melainkan juga kopi dari berbagai negara. Selain minuman kopi, Anda juga bisa menikmati jenis minuman enak lainnya yang terbuat dari bahan teh. Minuman lemon tea atau ice green thai tea ialah beberapa minuman terpopuler buruan pengunjung yang berkunjung ke kafe ini, selain minuman cokelat serta smoothies.

Nah untuk makanannya juga sangat menarik. Berbagai kudapan dan makanan berat tersedia di tempat tersebut. Baik itu kuliner nusantara maupun ala Western.

7. Sama Dengan

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikshopback.co.id

Bandung memang terkenal dengan coffe shop-nya yang unik-unik dan keren abis. Salah satunya Sama Dengan Coffee. Coffee shop tersebut terletak di dalam Mal Cihampelas Walk. Suasananya cozy banget, seolah-olah kamu berada di taman dengan banyaknya pot tanaman gantung.

Kamu bisa menikmati main course, seperti beef burger, cordon bleu, nasi goreng, nasi bakar, dan sebagainya. Seperti namanya, Sama Dengan Coffee menekankan pada kopinya yang beragam, mulai dari espreso hingga mochaccino dengan rasa yang khas.

8. Batagor dan Baso Cuanki

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikbaksoguide.blogspot.com

Nah, wisatawan pasti sudah tahu kuliner yang satu ini. Keduanya kuliner yang menjadi menu wajib wisatawan jika berkunjung ke Bandung. Baksonya nikmat. Sepintas mirip bakso Malang. Sangat pas dinikmati di Bandung yang bercuaca sejuk.

Batagor pun demikian. Kuliner yang satu ini juga sangat digemari. Apalagi perpaduan bumbu kacangnya yang gurih dan nikmat. Di Bandung tidaklah sulit menemukan kedua kuliner tersebut. Dari kelas kaki lima sampai kelas kafe ada di Bandung.

9. Warunk Upnormal

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikmysweetescapediary.com

Warunk Upnormal sendiri sebenarnya warung yang konsep awalnya sama dengan warung-warung di Bandung lainnya, yaitu warung kopi dan Indomie. Namun, warung tersebut menjual sesuatu yang berbeda. Selain aneka kreasi makanan mi dan minuman kopi, di sini Anda bisa menikmati aneka roti bakar hingga susu murni.

Tidak hanya itu, yang menjadikan tempat tersebut  lokasi buruan pengunjung sehingga selalu ramai setiap waktunya ialah Warunk Upnormal tempat nongkrong favorit milenial Bandung. Karena selain makan dan minum, di sini pun kita akan bisa menikmati fasilitas internet gratis (Free Wi-Fi ), bermain kartu, dan Uno. Jadi, pasti urusan update medsos lebih lancar karena Wi-Fi gratisnya.

10. Warung Setiabudi

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat Mudikmoneysmart.id

Nongkrong dan bersantai dengan rekan kuliah ataupun dengan keluarga paling pas di Waroeng Surabi Setiabudhi. Warung surabi di Jalan Setiabudhi No. 175 Kota Bandung tersebut memang paling berbeda dan istimewa. Selain karena varian rasanya yang lengkap, rasanya yang enak, tempatnya yang nyaman, harganya pun sangat terjangkau. Sebab, warung tersebut berkonsep murah, enak, dan banyak sehingga tidak pernah sepi pengunjung.

Warung surabi menyajikan 52 macam inovasi surabi. Surabi dengan rasa manis dan asin mulai dari yang tradisional hingga modern dibanderol dengan harga Rp4.000 hingga Rp13.000 per porsinya. Sementara itu, surabi yang menjadi favorit, antara lain surabi Telor Ayam Mayonaise. Menu tersebut rasanya gurih dan asin dengan pasta telor, ayam, dan mayones yang dipisah dengan sausnya.

Warung surabi yang berlantai dua tersebut menggunakan konsep dengan nuansa modern yang didominasi material kayu. Di lantai bawah terdapat fasilitas live music yang dimulai dari pukul 19.30 sampai pukul 00.00 malam dan di lantai atas terdapat musala sehingga menambah kenyamanan tersendiri bagi pengunjung.

11. Jangan lewatkan #PesonaKulinerLebaran2019Bandung biar liburanmu makin lengkap

10 Top Kuliner Bandung yang Patut Kamu Nikmati Saat MudikIDN Times/Kemenpar

Menpar Arief terus mempromosikan berbagai destinasi wisata yang dari berbagai wilayah.

"Selain terkenal dengan destinasinya yang menarik, Bandung juga memiliki segudang makanan khas yang mampu menggoyang lidah. Udaranya yang sejuk menambah sensasi wisata kuliner di Bandung. Jadi, jangan dilewatkan #PesonaKulinerLebaran2019Bandung biar liburannya lengkap," kata Menpar Arief Yahya, Minggu (5/5).

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya