Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 T

Pembangunan infrastruktur & utilitas targetkan selesai 2020

Jakarta, IDN Times – Membenahi infrastruktur dan utilitas lima destinasi super prioritas (DSP), pemerintah menyiapkan anggaran mencapai Rp9,35 triliun. Pembangunan tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2020. Lima destinasi yang dimaksud adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang. 

Untuk program dan kegiatan lintas kementerian/lembaga pengembangan unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) akan ditingkatkan secara terintegrasi.

Demikian hasil kesimpulan dan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III 2019 yang berlangsung di Swissotel Jakarta PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Rakornas ini berakhir pada hari Rabu (11/9/2019).

1. Dengan dana tersebut, berikut program-program yang akan dijalani

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 Tshutterstock.com/panparinda

Dana sebesar Rp9,35 triliun, dialokasikan dari anggaran lintas kementerian/lembaga (K/L) untuk tahun anggaran 2020. Sejumlah program yang akan dilakukan antara lain peningkatan kapasitas & kompetensi sumber daya manusia (SDM) pariwisata serta pemberdayaan masyarakat. Sedangkan, daya saing industri pariwisata di lima DSP tetap dilanjutkan dan akan ditingkatkan secara terpadu.

Sebagai tindak lanjut dari Rakornaspar akan dilaksanakan rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga. Tujuannya, untuk memastikan rencana aksi kegiatan dan penganggaran setiap pengembangan lima DSP.

Selain itu, dibentuk tim monitoring dan evaluasi terpadu lintas kementerian/lembaga. Hal ini dilakukan untuk memastikan pembangunan infrastruktur dan utilitas dasar pariwisata di lima DSP dilakukan seluruh pihak (lintas sektor). Kemudian, perkembangan pelaksanaannya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. Laporan dilakukan secara periodik per 3 bulan.

2. Rakornas Pariwisata III 2019, Menpar berikan apresiasi terhadap hasil rumusannya

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 TIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi pelaksanaan Rakornas Pariwisata III 2019. Apalagi, acara ini dihadiri perwakilan dari seluruh kementerian/lembaga terkait,  serta para kepala daerah (gubernur dan bupati) dari lima DSP.

Rapat menghasilkan rumusan kesimpulan dan tindak lanjut untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur dan utilitas serta program pendukungan pada tahun depan.

3. Rencana pengembangan lima DSP di setiap wilayahnya

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 Tjoss.co.id

Pengembangan DSP termasuk peningkatan daya saing SDM, masyarakat, dan industri pariwisata menjadi fokus dalam rakornas.

“Kemenpar bersama berbagai instansi terkait mulai menjalankan instruksi presiden. Khususnya, terkait pengembangan lima destinasi super prioritas, di antaranya di Danau Toba telah dibangun The Kaldera Toba Nomadic Escape di atas lahan Zona Otorita Kabupaten Toba Samosir,” kata Arief Yahya.

Kawasan itu akan diresmikan peletakan batu pertamanya (groundbreaking) pada 10 Oktober 2019.

Sementara, di DSP Borobudur, pemerintah telah membangun Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. Hingga Oktober 2019, bandara ini telah melayani 66 penerbangan dengan kapasitas bandara mencapai 3 juta penumpang.

Kemudian di Mandalika, proses pengukuran topografi dan konstruksi untuk pembangunan Sirkuit MotoGP akan dimulai pada Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada 2020.

Sementara di Labuan Bajo, proses pembangunan saat ini telah mencapai tahap finalisasi pembangunan hotel, marina, area komersial, dan pelabuhan feri.

“Pada Oktober 2019 pemerintah menargetkan percepatan penetapan Peraturan Pemerintah (PP) perihal KEK Pariwisata Likupang yang telah disepakati pada rapat kabinet pada 27 Agustus 2019,” terang Menteri lulusan Telematika di University of Surrey itu.

4. Rincian anggaran pemerintah terkait pengembangan kawasan DSP

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 TFreepik.com/snowing

Menpar Arief Yahya mengatakan, Presiden Joko Widodo ingin pembangunan infrastruktur di kawasan DSP dipercepat sehingga bisa dipromosikan pada 2020.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah telah menganggarkan Rp6,5 triliun untuk 4 destinasi super prioritas, dengan rincian: Danau Toba Rp2,2 triliun, Borobudur Rp2,1 triliun, Labuan Bajo Rp6,3 triliun, dan Mandalika Rp1,9 triliun.

“Pengembangan kawasan Destinasi Super Prioritas juga membutuhkan komitmen para kepala daerah. Tujuannya untuk mempercepat pembangunan, juga mendukung tercapainya target pemerintah dalam menumbuhkan sektor pariwisata dan devisa negara,” pungkasnya.

5. Terhitung hingga Juli 2019, jumlah wisman ke Sumut mencapai 137 ribu

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 TIDN Times/Kemenpar

Data wisatawan per Januari-Juli 2019 menunjukkan kunjungan wisman ke Sumut mencapai 137 ribu, pada 2018 mencapai 231 ribu wisman, dengan wisman terbanyak berasal dari Malaysia, Singapura, Tiongkok, Jerman, dan Australia.

"Yang akan kami lakukan adalah branding Sumut sebagai destinasi wisata, penyelenggaraan event bertaraf internasional, peningkatan wisata melalui mapping kebutuhan wisatawan, dan menyediakan aplikasi digital untuk mempermudah aktivitas wisata pengunjung," jelasnya.

6. Kawasan Jawa Tengah dan DIY juga sedang dikembangkan sektor pariwisatanya

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 TPixabay/Broesis

Kepala daerah lain yang juga fokus terhadap pengembangan DSP, yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ia menjelaskan empat kawasan strategis Jawa Tengah yang sedang dikembangkan meliputi Borobudur, Karimunjawa, Sangiran, dan Dataran Tinggi Dieng.

"Tugas provinsi yaitu melakukan penetapan lokasi dan menciptakan event yang lebih banyak lagi. Beberapa di antaranya adalah Borobudur Marathon dengan target menjadi Marathon terbaik di Indonesia, Solo International Performing Art (SIPA), Dieng Cultural Festival, Festival Payung, dan Solo Batik Carnival," ujarnya.

Selanjutnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan D.I. Yogyakarta, Trisaktiyana, menjelaskan dukungan pemerintah DIY terhadap kemajuan pariwisata, salah satunya dengan melakukan pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di perbatasan Purworejo, Jawa Tengah (Jateng). Hal ini dilakukan agar pembangunan bandara bisa terbagi dua bagi Jateng dan Yogyakarta.

"Kami juga sudah membuat akses jalan Temon-Borobudur, akses jalan Prambanan-Gading, dan jalan lintas Selatan," paparnya.

Trisaktiyana pun menjelaskan beberapa tugas lagi yang masih harus dilakukan, antara lain mengenai ketersediaan air bersih yang lebih banyak serta pembangunan dalam sistem kebersihan kota.

“Untuk segi kebersihan, Pemda sudah membangun TPA Piyungan Bantul yang lebih modern," jelasnya.

7. Beralih ke NTB, Pemda setempat menargetkan desa wisata sebanyak 99 tahun 2023

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 Tpixabay.com/sasint

Komitmen Kepala Daerah, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan untuk pengembangan wisata Lombok, Pemda setempat menetapkan target desa wisata sebanyak 99 desa pada tahun 2023.

Saat ini, Desa Wisata jumlahnya masih jauh di bawah itu, untuk itu Pemda akan mendorong pembangunan desa wisata lain sehingga target tersebut dapat tercapai.

"Jenisnya bermacam-macam, antara lain desa wisata yang mengedepankan alam, budaya, dan lain-lain. Selain itu, Pemda juga menyiapkan Gili Meno sebagai daerah wisata keluarga," paparnya.

8. Tiga strategi Sulut meningkatkan jumlah wisman

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 Tkemenpar.go.id

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, mengatakan pihaknya optimistis dengan peningkatan jumlah wisman ke Sulut. Sama seperti daerah lain, Sulut pun terus melakukan perbaikan pada sejumlah aspek yang dapat mendukung peningkatan jumlah wisatawan, seperti memperbanyak penyelenggaraan event tahunan, serta mendorong penambahan ketersediaan fasilitas penginapan, dan kemudahan akses wisata.

"Jumlah wisman yang datang ke Sulut pada 2018 yakni 127.879 wisman, sementara hingga Juli 2019 sudah ada 100.000 wisman yang berkunjung. Bila melihat angka ini, kami optimistis jumlah wisatawan yang datang ke Sulut akan lebih banyak dari tahun kemarin," ujarnya.

9. Daya tarik alam dan budaya NTT memicu minat wisatawan berkunjung

Dukung 5 Destinasi Super Prioritas, Pemerintah Menganggarkan Rp9,35 Tindonesiakaya.com

Mengenai pertumbuhan pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata NTT, Wayan Darmawa, menyampaikan pertumbuhan pariwisata di NTT dalam beberapa tahun terakhir sangat pesat. Daya tarik alam dan budayanya mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke sana. Tercatat pertumbuhan perekonomian di NTT mencapai 6,3 persen.

“Hal ini membuktikan bahwa pariwisata berkontribusi terhadap pergerakan perekonomian di NTT. Angka pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen merupakan hal yang sangat baik. Hal ini akan terus kami tingkatkan," sambungnya.

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya