Wah, Danau Toba Bakal Hadirkan 2 Atraksi Baru Bertaraf Internasional!

Gak sabar!

Medan, IDN Times – Penguatan atraksi di Danau Toba terus dilakukan. Tujuannya, untuk memikat wisatawan agar terus hadir di salah satu destinasi unggulan Indonesia ini. Terbaru, ada dua atraksi berkelas internasional yang akan dihadirkan di Danau Toba.

Yang pertama adalah Samosir Music International (SMI). Event ini akan dilaksanakan 25 Agustus di Open Stage Tuk Tuk Siadong Samosir. Kemudian ada sport tourism Grand Fondo New York Indonesia (GFNY), 2 September mendatang di Tuk Tuk Siadong Samosir. Event SMI dan GFNY, sama-sama memasuki tahun pelaksanaan ke-4.

1. Optimis menghadirkan banyak wisatawan

Untuk menyukseskan acara, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon, menggelar konferensi pers di Kafe Potret Medan, Senin (20/8). Hadir pada kegiatan ini Project Manager SMI Henri Manik, dan perwakilan GFNY Tenne Permatasari. 

“Ini menjadi momentum yang sangat baik bagi pariwisata Danau Toba. Dari kedua event ini, kami sangat optimis mampu mencapai target mendatangkan lebih kurang 10.000 pengunjung ke kawasan Danau Toba sampai pertengahan September,” tutur Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo. 

Arie juga mengajak masyarakat memberikan apresiasi kepada penyelenggara. Karena, mampu menghadirkan event internasional. 

“Samosir juga berpotensi untuk mencuri perhatian pecinta road bike lewat Grand Fondo New York Indonesia (GFNY). Karena, destinasinya yang cantik, dikelilingi oleh Danau Toba, perbukitan hijau dan sawah membentang. Sisi hobi olahraga dan travelingnya terpenuhi,” ujar Arie.

Sementara Project Manager SMI Henri Manik mengatakan, persiapan jelang SMI sudah rampung. Yang artinya, SMI sudah siap digelar akhir pekan nanti. 

“Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasi atas support dan bantuan fasilitasi dari Pemerintah Kabupaten, BPODT serta seluruh musisi yang akan tampil akhir minggu ini. Persiapan yang matang terutama venue dan artis pendukung sudah matang,” ujarnya.  

2. Hadir juga berbagai musisi dari mancanegara

Samosir Music International adalah bagian dari Calendar of Event Horas Samosir Fiesta. Event ini akan menghadirkan pengisi acara yang keren. Tidak hanya itu, musisi mancanegara akan dihadirkan. Seperti Herman Delago, Nadine Beiler, JB’S Band asal Austria, juga Bernadeta Astari asal Belanda. 

Mereka akan berkolaborasi dengan sederet artis tanah air. Seperti pianis Yosephine Madju, Viky Sianipar, Alsant Nababan, Louis Sitanggang, Tongam Sirait, Jajabi Band, Boraspati Group dan Halak Hita Group.

“Kami ingin menunjukkan pada Indonesia dan Dunia, bahwa nilai Habatakon dapat dikemas apik dan manis dengan musik. Musik adalah bahasa universal. Dengan musik kami ingin memperkenalkan budaya kami kepada masyarakat luas supaya bisa dinikmati dan dipromosikan menjadi daya tarik lokal berkelas internasional,” ungkap Bupati Samosir Rapidin Simbolon. 

3. Targetnya kunjungan wisatawan asing dapat meningkat

Tahun 2017, Samosir Music International mampu menyedot sekitar 30 ribuan penonton dan 10 persennya adalah wisman. 

Seperti SMI, persiapan GFNY juga sudah masuk tahap final. Partisipasi aktif dari Kabupaten Samosir seperti pengamanan dan koordinasi untuk clear jalan sudah dikondisikan dengan aparat keamanan. Peserta GFNY ini berasal dari kalangan umum baik dari lokal maupun mancanegara. 

“Dukungan penuh kami berikan untuk kemajuan pariwisata Samosir khususnya Danau Toba, sehingga target kunjungan wisatawan mancanegara meningkat di tahun 2018. Kami mengharapkan dukungan dan peran aktif dari semua pihak yang terlibat khususnya rekan – rekan media yang hadir hari ini untuk mensukseskan kedua event internasional ini,” tutup Rapidin.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung berbagai atraksi di Danau Toba. 

“Dengan semakin terbukanya akses udara, hadirnya flight internasional, Danau Toba harus memperkaya diri dengan berbagai atraksi. Harus membuat wisatawan betah dan tertarik untuk datang lagi. Karenanya, event berkelas seperti Samosir Music International (SMI) dan Grand Fondo New York Indonesia (GFNY), harus didukung,” paparnya.

Topik:

  • Jordhi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya