Ramah Penyandang Disabilitas, Bandara AP II Sediakan Fasilitas Khusus

Komitmen pelayanan penyandang disabilitas juga ditandatangani

Jakarta, IDN Times – Aksesibilitas dunia pariwisata Indonesia kian hari kian baik. Seluruh pelayanannya terus didorong ramah untuk penyandang disabilitas. Seperti halnya PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) menyosialisasikan pelayanan bagi penyandang disabilitas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kegiatan yang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2019.

Kegiatan tersebut mengundang 60 penyandang disabilitas dari berbagai organisasi, seperti GAUN, GERKATIN, YPAC, MRAD, JFBT, PERTUNI, dan Sarana Bina Daksa Budi Bhakti. Kegiatannya banyak, salah satunya Focus Group Discussion (FGD) terkait layanan publik yang baik di sektor transportasi. Para penyandang disabilitas juga sempat berkunjung ke Stasiun Kereta Bandara dan Terminal 3 untuk mengetahui fasilitas.

1. AP II berkomitmen menyediakan pelayanan terbaik kepada penyandang disabilitas

Ramah Penyandang Disabilitas, Bandara AP II Sediakan Fasilitas KhususIDN Times/Candra Irawan

Bukan itu saja, komitmen bersama terkait pelayanan kepada penyandang disabilitas pun ikut ditandatangani pada kesempatan tersebut, Rabu (11/9). Penandatanganan komitmen dilakukan 23 BUMN dan swasta sektor transportasi udara, darat, laut, dan perkeretaapian.

“AP II berkomitmen untuk selalu menyediakan pelayanan terbaik kepada penyandang disabilitas, di mana bandara-bandara yang kami kelola telah memiliki sejumlah fasilitas khusus disabilitas. Kami mengajak operator sektor transportasi lain untuk juga menyediakan layanan terbaik bagi penyandang disabilitas," kata VP of Corporate Communications Angkasa Pura II Yado Yarismano.

2. Bandara Soekarno-Hatta menjadi contoh untuk standar layanan disabilitas

Ramah Penyandang Disabilitas, Bandara AP II Sediakan Fasilitas Khusus(Commons.wikimedia.org/Gunawan Kartapranata)

Yado juga mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta merupakan salah satu terminal penumpang pesawat yang memiliki fasilitas ramah disabilitas lengkap. Dengan kelengkapan tersebut, bandara ini pun menjadi bandara percontohan standar layanan disabilitas di bandara AP II lainnya.

Mulai dari area khusus tempat turun penumpang (drop zone) yang diberi warna kuning, kursi roda, toilet, lift khusus, mobil golf, dan travellator.

Di setiap terminal juga terdapat kursi prioritas bagi penyandang disabilitas. Bahkan Skytrain sebagai sarana transportasi di dalam kawasan Soekarno-Hatta juga sangat ramah bagi mereka.

Selain itu, Bandara Soekarno-Hatta pun mengoperasikan bus berlantai rendah (lowdeck) yang ramah bagi pemakai kursi roda di sisi udara. Ada juga bus dengan fasilitas yang mempermudah pengguna kursi roda di sisi darat. Bahkan bandara ini menyiagakan personel customer service guna melayani kebutuhan orang dengan disabilitas.

Beberapa waktu lalu, Soekarno-Hatta juga sukses menyambut para atlet penyandang disabilitas yang bertanding pada Asian Para Games 2018.

3. Perekrutan penyandang disabilitas juga akan digelar dalam waktu dekat

Ramah Penyandang Disabilitas, Bandara AP II Sediakan Fasilitas KhususIDN Times/Kemenpar

Yado Yarismano mengatakan layanan bagi penyandang disabilitas di bandara-bandara Angkasa Pura II merujuk pada PM Nomor 98 Tahun 2017 tentang Penyediaan Aksesibilitas Pada Pelayanan Jasa Transportasi Publik Bagi Pengguna Jasa Berkebutuhan Khusus.

“Angkasa Pura II dalam waktu dekat juga merekrut penyandang disabilitas sebagai personel customer service, terminal operation center, dan contact center,” ungkap Yado.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik langkah AP II. Menurut Menpar, sebagai salah satu pintu gerbang pariwisata Indonesia, bandara-bandara di bawah AP II terus berbenah. Tampilannya makin oke. Pelayanannya pun makin mumpuni. Bahkan semakin ramah dengan seluruh wisatawan yang datang.

"Ini merupakan terobosan yang bakal membuat sektor pariwisata Indonesia meningkat. Jadi aksesibilitas seluruh wisatawan dapat semakin mudah, termasuk penyandang disabilitas. Dan yang pasti semua dibangun dengan standard world class. AP II keren," papar menteri yang juga ahli marketing ini.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya