Bakal Spektakuler, Belitung Triathlon Banyak Diikuti Peserta Wisman

Ajang ini angkat pariwisata Belitung ke kancah internasional

Belitung, IDN Times - Belitung Triathlon 2019 segera digelar pada 6-7 Juli mendatang. Bupati Belitung, Sahani Saleh meluncurkan langsung sport tourism tersebut pada Sabtu (29/6). Kabarnya, ratusan peserta dari berbagai negara bakal mengikuti ajang spektakuler tersebut.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, peserta asing yang tercatat antara lain dari Singapura, Malaysia, Thailand, Aljazair, Belanda, Polandia, dan China. Jumlah tersebut akan bertambah hingga hari terakhir pendaftaran nanti. 

“Belitung Triathlon 2019 sengaja digelar untuk menunjang promosi pariwisata di Belitung. Selain sebagai ajang olahraga, kegiatan ini juga diharapkan dapat menunjang promosi kepariwisataan Belitung ke mancanegara,” ujar Sahani.

1. Pemerintah Bangka Belitung bakal mempersiapkan ajang ini sebaik mungkin

Bakal Spektakuler, Belitung Triathlon Banyak Diikuti Peserta Wismanpopbela.com

Menurut Sahani, pemerintah daerah akan mempersiapkan diri sebaik mungkin guna menyukseskan ajang internasional tersebut. Terlebih, ajang tersebut merupakan bagian dari promosi pariwisata di daerah.

"Berbagai fasilitas sudah mulai kami benahi. Kami berharap peserta mancanegara dan luar daerah mendapat kesan baik di Belitung. Beragam fasilitas seperti hotel, transportasi, dan sarana-sarana lainnya mulai kami benahi. Termasuk soal kuliner dan cendera mata khas daerah," ungkap Sahani.

2. Ratusan atlet dunia bakal mengikuti Belitung Triathlon 2019

Bakal Spektakuler, Belitung Triathlon Banyak Diikuti Peserta Wismanpixabay.com/David Mark

Panitia Pelaksana Belitung Triathlon 2019, Rudy Kalalo, menyatakan bahwa Belitung Triathlon 2019 merupakan rangkaian Kejuaraan Tri Factor Asian Championship Series 2018-2019 Indonesia Series Belitung. Ajang tersebut sangat bergengsi karena diikuti ratusan atlet dunia.

"Tahun ini adalah ‘World Champions Series’. Jadi bukan lagi jenjang Asia. Para peserta yang ingin naik ke grand final harus terlebih dahulu mengikuti series ini," tutur Rudy.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani menyebutkan, Belitung dipilih sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan tersebut tidak terlepas dari pesona dan keindahan alam di sana. Info yang ia terima, sekitar 700 peserta diperkirakan berpartisipasi dalam Belitung Triathlon 2019 ini. 

"Kondisi alam Belitung sangat mendukung untuk perhelatan event ini. Lalu lintasnya tidak terlalu padat, masyarakat spontanitas, dan juga didukung pemerintah daerah. Saya berharap event ini sukses, sekaligus dapat mengangkat pariwisata Belitung ke kancah internasional,” ungkap Rizki.

3. Belitung Triathlon 2019 bakal berdampak bagi pariwisata daerah

Bakal Spektakuler, Belitung Triathlon Banyak Diikuti Peserta WismanIDN Times/Kemenpar

Asdep Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Dessy Ruhati menyampaikan hal senada. Ia berharap pelaksanaan Belitung Triathlon 2019 dapat berjalan lancar dan memberikan dampak yang baik bagi pariwisata daerah setempat.

"Kuota peserta hanya 700, tapi kabarnya yang daftar sudah ribuan. Ini menjadi indikasi bahwa Belitung Triathlon 2019 bakal menjadi event yang spektakuler. Ini menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah untuk memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki,” tutur Dessy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Sport tourism bukan hanya sebagai pelengkap jenis wisata lain, melainkan juga benar-benar bisa diandalkan seperti halnya wisata seni budaya, wisata kuliner, dan lain-lain. 

“Kita yakin, sport tourism tidak hanya diikuti para peserta lomba, tetapi akan ada pihak lain yang turut dalam kegiatan tersebut. Misalnya keluarga, pelatih, dan atau ofisial. Ini juga harus kita gencarkan agar target kunjungan wisman sebesar 20 juta sepanjang tahun 2019 dapat tercapai,” tutur Menpar Arief.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya