Hadirkan Cita Citata, Festival Wonderful Indonesia Optimis Ramai!

Targetkan jumlah pengunjung 300 orang

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (Konjen RI) di Kuching menggelar Festival Wonderful Indonesia 2019 di Waterfront Kuching, 29-31 Maret ini. Kegiatan yang bertujuan memperkuat hubungan Indonesia dan Malaysia serta mempromosikan pariwisata Indonesia itu juga didukung Dewan Bandaraya Kuching Utara (DBKU). 

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung mengatakan, momen ini tepat sekali karena bergabung dengan event nasional Sarawak. Lokasi kegiatannya pun sangat strategis di Waterfront yang selama ini selalu ramai dikunjungi orang. Rasanya tidak berlebihan jika event tiga hari ini menargetkan jumlah kunjungan sebanyak 300 ribu orang. 

Menurutnya, acara yang juga dibalut dengan sales mission ini harus bermanfaat bagi kedua belah pihak. Ia sendiri berharap Indonesia dapat berbagi tujuan multikultural. Sementara Sarawak dengan ribuan orang yang ramah, dapat menikmati hiburan yang menarik. Termasuk permainan yang menghibur, dan tentu saja penampilan yang memukau dari penyanyi dangdut Cita Citata.

“Pada kesempatan ini, para pelancong juga dapat berburu paket wisata yang terjangkau untuk menikmati eksotisnya destinasi Indonesia, hanya dengan mengunjungi tenant wisata yang dikemas dengan baik,” ujarnya, Sabtu (30/3).

1. Enam tenant tawarkan paket wisata dan pelaku UMKM pamerkan karya handycraft

Hadirkan Cita Citata, Festival Wonderful Indonesia Optimis Ramai!Pixabay

Ada enam tenant yang menawarkan paket wisata, yaitu Bravo Habelnusa Wisata (Sumatra Barat), Pesona Holiday Tour (Kalimantan Barat), Trans Borneo Adventure (Kalimantan Timur), BBM Tour (Bali), Bangun Wisata Travel (Jawa Timur), dan Anugrah Travel (Kalimantan Timur).

Kabid Pemasaran Area III Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono menambahkan, Festival Wonderful Indonesia 2019 juga diisi dengan pameran kerajinan dan UMKM. Bagi mereka pecinta handycraft, menghabiskan waktu di counter kerajinan tentu pilihan terbaik untuk lebih dekat dengan karya tradisional.

Beberapa pihak yang turut berpartisipasi, antara lain Kub Bageri Indonesia dengan jenis kerajinan rajut, Rumah Kopi Mami Ayu dengan produk Lada Hitam Coffee, Elly Loe Enterprise dengan aneka handycraft, serta Bos Batik dan Ladyboss Batik. 

2. Masih ada lagi kegiatan yang meriahkan event crossborder

Hadirkan Cita Citata, Festival Wonderful Indonesia Optimis Ramai!IDN Times/Kemenpar

Selain Festival Wonderful Indonesia 2019 di Waterfront Kuching, Kemenpar juga menggelar kegiatan serupa di perbatasan Sarawak dan Kalimantan Barat, yakni Aruk Sajingan pada 31 Maret dan Entikong pada 27-28 April mendatang.

“Karena crowd-nya fantastis, maka tepat sekali untuk mempromosikan puluhan event crossborder di Kalimantan. Kita juga ada placemen kalender event crossborder Kalbar, agar targetnya tidak hanya distrik-distrik perbatasan. Tapi juga seluruh penjuru Serawak,” ungkapnya.

3. Pengunjung diajak bermain post card dan mengumpulkan 10 stamp dari tenant-tenant untuk ditukar hadiah

Hadirkan Cita Citata, Festival Wonderful Indonesia Optimis Ramai!Istimewa

Dengan begitu, mereka tidak hanya lewat, tetapi berinteraksi dengan tenant dan memahami potensi Indonesia di bidang wisata, budaya, dan komoditas lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerangkan, wisata perbatasan atau crossborder tourism akan terus digelar dan ditingkatkan di titik-titik yang memiliki potensi kunjungan wisman cukup tinggi. Berbagai atraksi juga akan disuguhkan sebagai salah satu daya tarik untuk mendatangkan turis asing. Selain lewat seni dan budaya, kegiatan crossborder bisa disemarakkan dengan festival kuliner dan konser musik yang menampilkan artis-artis Ibu Kota.

“Di wilayah perbatasan lain seperti Kepulauan Riau, kita juga support kegiatan dengan sentuhan olahraga atau sport tourism. Di masing-masing crossborder memang memiliki nilai jual yang berbeda, sehingga kita tinggal menyesuaikan dengan permintaan pasar tersebut,” tutur Arief Yahya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya