Potensi Destinasi Digital di Crossborder Segera Digarap Kemenpar 

Meningkatkan strategi pemasaran melalui destinasi digital

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin serius menggarap potensi perbatasan atau cross border. Salah satunya lewat Seminar Destinasi Digital Cross Border di Batam, Kepulauan Riau. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, 6 - 8 Desember 2018, di Grand I Hotel Nagoya Batam.

Ketua Umum Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Nasional, Mansyur Ebo mengatakan, Kemenpar akan melibatkan GenPI di cross border sebagai peserta. Sebab, GenPI diharapkan bisa membuat konten-konten digital yang membuat cross border jadi lebih menarik.

“GenPI akan selalu mendukung tiap kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata. Termasuk di cross border. Terlebih, acara ini bertujuan untuk memberikan strategi pemasaran destinasi digital, agar dapat meningkatkan target kunjungan 20 juta wisatawan ke Indonesia pada 2019 nanti,” ujarnya, Kamis (6/12).

1. Pengantar materi pada Seminar Destinasi Digital Cross Border di Batam

Potensi Destinasi Digital di Crossborder Segera Digarap Kemenpar Chez Lorraine - WordPress.com

Sesi materi akan diisi langsung oleh staf Kemenpar. Ada dari Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Teknologi Informasi, Samsriyono. Ia akan berbagi materi tentang strategi promosi pariwisata daerah cross border.

Kemudian ada Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Muh. Noer Sadono. Ia akan membawakan materi media sosial sebagai promosi wisata digital. Selain itu, berbagai informasi lain juga akan disampaikan dari perwakilan GenPI Indonesia.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Teknologi Informasi, Samsriyono, mengatakan ada tiga formulasi dalam strategi marketing yang harus diterapkan.

“Strategi bisa dijalankan melalui program BAS (Branding, Advertising, dan Selling), kemudian insentif akses, hot deals, dan CDM. Juga melalui program Border Tourism, Tourism Hub, dan Low Cost Terminal,” ungkapnya.

2. Implementasi strategis program Border Tourism dan peran VITO Singapura

Potensi Destinasi Digital di Crossborder Segera Digarap Kemenpar translogtoday.com

Adapun implementasi strategis pada program Border Tourism, yaitu melalui program Joint Promotion. Misalnya dengan penyedia transportasi (ferry dan bus), event crossborder, hot deals, destinasi digital, dan mobile positioning data (MPD).

Untuk program Tourism Hub memiliki implementasi strategis pada peningkatan peran VITO Singapura. Serta menjaring wisman Asia Tenggara dan Australia di Singapura.

“Sedangkan untuk Low Cost Terminal terdapat dua implementasi strategis, yaitu joint promo dengan Terminal 2 CGK dan joint promo dengan airlines yang membuka rute internasional ke LCT tersebut,” jelasnya.

3. Perlu adanya dukungan dari beberapa pihak

Potensi Destinasi Digital di Crossborder Segera Digarap Kemenpar bontangpost.id

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi dan Media, Muh. Noer Sadono, menambahkan bahwa pengembangan pariwisata melalui destinasi digital harus didukung banyak pihak. Termasuk pemerintah daerah seperti Pemprov, Pemkab dan Pemkot, harus ikut mendukung melalui pengadaan infrastruktur dasar. Contohnya jalan, air, listrik (JALI), dan utilitas dasar berupa telekomunikasi yaitu koneksi WiFi, sampah, dan toilet.

“Selain itu, perlu juga menggandeng sejumlah anak muda di berbagai daerah untuk membangun destinasi digital melalui GenPI. Mereka adalah anak muda yang tergabung dalam komunitas yang akan membantu pengembangan pariwisata daerah,” tegasnya.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Masruroh, didampingi Kepala Bidang Area II Regional I Kepri, Kiagoos Irvan menambahkan, terdapat tiga destinasi digital di Kepulauan Riau yang didukung oleh Kementerian Pariwisata. Ketiga tersebut adalah Pasar Mangrove Kampung Terih Batam, Pasar Warisan Tanjungpinang, dan Pasar Bintan Bertuah.

4. Tujuan seminar ini diselenggarakan untuk dukung sektor pariwisata

Potensi Destinasi Digital di Crossborder Segera Digarap Kemenpar batamfm.com

Menurutnya, seminar ini merupakan salah satu bentuk dukungan Kemenpar untuk program pengembangan destinasi digital dan border tourism. Dijelaskannya, target besar diberikan kepada cross border, promosi melalui media digital menjadi sangat penting.

“Ketika media digital penting, kontribusi GenPI crossborder dan konten digital juga menjadi sangat penting,” papar Masruroh.

Sedangkan Kiagoos Irvan menambahkan, tujuan dari seminar adalah meningkatkan sinergisitas stakeholder pariwisata di Indonesia.  Serta, pemahaman terhadap strategi pemasaran melalui destinasi digital di cross border.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meyakinkan, Kemenpar akan meningkatkan potensi pariwisata perbatasan (cross border tourism) di tahun 2019. Ini sekaligus upaya untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).

Selain Batam (Kepulauan Riau), daerah lain yang dibidik untuk bisa menyumbang banyak wisman lewat cross border adalah Atambua, NTT yang bersebelahan dengan Timor Leste. Sayangnya, sejauh ini strategi pariwisata di dua daerah tersebut belum sistemik atau menjadikan cross border tourism sebagai yang utama. Padahal, potensi cross border tourism sangat besar.

“Kita akan segera benahi strateginya. Potensi pariwisata perbatasan atau cross border tourism harus sudah kita maksimalkan tahun depan,” tandasnya.

Topik:

  • Vika Widya Alfianti
  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya