Festival Lembah Baliem 2019 Jadi Daya Tarik Wisman dan Wisnus

Menteri Yohana akan jadi endorser luar biasa di FLB 2019

Jakarta, IDN Times - Festival Lembah Baliem (FLB) 2019 pada 7-10 Agustus ialah daya tarik buat siapa saja. Baik wisatawan mancanegara maupun nusantara. Bahkan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise sudah menyatakan diri untuk hadir. 

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, kehadiran Menteri Yohana akan membuat Festival Budaya Lembah Baliem semakin semakin berwarna..

"Hadirnya Ibu Menteri Yohana menandakan Festival Lembah Baliem menjadi sebuah sajian atraksi yang akan menarik. Di satu sisi gaung festival juga semakin bergema karena kehadiran beliau. Ibu Menteri Yohana bakal menjadi endorser yang luar biasa untuk Festival Budaya Lembah Baliem 2019," kata Menpar Arief, Senin (5/8).

1. Festival Lembah Baliem ialah sebuah festival yang wajib dikunjungi

Festival Lembah Baliem 2019 Jadi Daya Tarik Wisman dan WisnusIDN Times/Kemenpar

Selain Menteri Yohana, festival juga akan dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani. Wanita yang akrab disapa Kiki itu mengatakan, Festival Lembah Baliem ialah sebuah festival yang wajib dikunjungi. Eksistensinya sudah tidak diragukan. Festival ini telah dilaksanakan selama 30 tahun lamanya, bahkan menjadi festival tertua di Papua.

"Kalau bicara mengenai atraksi wisata, FLB sudah pasti menjadi top of mind para traveller dunia karena kebesaran budaya Papua tertuang jelas dalam festival ini. Ini dibuktikan dengan telah berjalannya festival ini selama 30 tahun lamanya. Ini tentu luar biasa," papar Rizki yang didampingi Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ricky Fauziyani.

Bagi Deputi Kiki, FLB akan selalu spesial. Tahun ini atraksinya begitu kaya. Rangkaiannya ada karnaval budaya nusantara. Selain itu, akan ada kegiatan paralayang, pasar festival night market, hingga pertunjukan parade tarian kolosal yang dibawakan 500 penari. Tarian ini berkisah tentang peradaban suku Dani sebagai Warisan Dunia.

2. Akan ada pemecahan rekor pembuatan Noken Raksasa setinggi 30 meter yang akan masuk di Muri

Festival Lembah Baliem 2019 Jadi Daya Tarik Wisman dan WisnusIDN Times/Kemenpar

Kemeriahan tak berhenti di situ saja, akan ada pemecahan rekor pembuatan Noken Raksasa (tas khas masyarakat Papua) setinggi 30 meter yang akan masuk di Museum Rekor Indonesia (Muri). Pemecahan rekor itu merupakan pemecahan rekor Muri kedua setelah tahun kemarin ada pemecahan rekor Muri, yakni tombak perang terbanyak dan terbesar.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan daerah untuk memastikan akses yang mudah. Penambahan penerbangan akan diberlakukan jika memang perlu. Amenitasnya juga sudah cukup, jadi wisatawan akan semakin mudah mencari penginapan di Wamena selama acara berlangsung," kata Kiki.

3. FLB 2019 menjadi garansi besar kekuatan budaya Tanah Mutiara Hitam

Festival Lembah Baliem 2019 Jadi Daya Tarik Wisman dan WisnusIDN Times/Kemenpar

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana CoE Kemenpar Esthy Reko Astuty pun mengajak wisatawan untuk menyaksikan FLB 2019. Festival ini menjadi garansi besar kekuatan budaya Tanah Mutiara Hitam. Akan ada 40 distrik dengan 1.000 lebih partisipan yang siap beraksi pada festival ini. Lokasi perhelatannya pun diset lebih dekat sehingga wisatawan tak perlu repot menuju lokasi acara. 

"Kalau ke Papua belum berkunjung dan menyaksikan FLB di Wamena itu bagai makan nasi tanpa garam. Rasanya hambar. Rugi kalau tidak datang melihat masyarakat asli sana, seperti suku Dani yang terkenal," kata Esthy.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya