Festival Wonderful Indonesia Menggebrak Dua PLBN di NTT

Wisatawan Timor Leste jadi target utamanya

Jakarta, IDN Times – Kunjungan wisatawan cross border dimaksimalkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menjelang akhir tahun. Kemenpar sudah menyiapkan Festival Wonderful Indonesia yang akan menggebrak 2 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di NTT. Tepatnya, PLBN Motaain dan PLBN Wini. Target utamanya adalah kunjungan wisatawan asal Timor Leste.

 

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani, perbatasan selalu menghasilkan ledakan wisman dari negara tetangga.

1. Jadwal kegiatan dua PLBN yang terpilih

Festival Wonderful Indonesia Menggebrak Dua PLBN di NTTtandaseru.id

“Ada dua PLBN yang kita pilih dengan empat kegiatan sekaligus. Tujuannya untuk mendukung salah satu program prioritas pemerintah sektor pariwisata, yaitu capaian 17 juta wisman,” ujar Ni Wayan Giri Adnyani di Jakarta, Rabu (28/11).

 

Kegiatan di PLBN Motaain, Kabupaten Belu digelar 30 November hingga 1 Desember 2018. Dilanjutkan pada 6-7 Desember 2018. Sementara di PLBN Wini, Kabupaten Timur Tengah Utara, dilaksanakan pada 3-4 Desember 2018. Dilanjutkan pada 10-11 Desember 2018.

 

Kegiatannya juga sangat banyak. Mulai pengadaan pasar murah, kuliner, panggung hiburan, dan perlombaan yang akan diikuti anak-anak sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA.

2. Digelar lomba kesenian beragam tari

Festival Wonderful Indonesia Menggebrak Dua PLBN di NTTtravelounge.co

Di PLBN Motaain, akan diadakan beberapa lomba, seperti lomba Tari Tebe Kreasi dan lomba paduan suara. Untuk yang di PLBN Wini juga tidak kalah seru, ada Lomba Karaoke, Lomba Tari Tobelodan, dan Tari Tebe.

3. Mengapa Festival Wonderful Indonesia mengacu pada PLBN?

Festival Wonderful Indonesia Menggebrak Dua PLBN di NTTsinarharapan.net

Bukan tanpa alasan PLBN dipilih sebagai lokasi acara Festival Wonderful Indonesia. Pintu masuk wisman itu dinilai merupakan bagian dari Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun dari daerah terluar.

 

“Keberadaan PLBN Motaain dan layanannya yang baik sangat penting dalam mengembangkan wisata perbatasan,” ujar Giri Adnyani yang diamini Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kemenpar  Ricky Fauziyani.

4. Infrastruktur perbatasan mendukung kenyamanan wisman

Festival Wonderful Indonesia Menggebrak Dua PLBN di NTTmerahputih.com

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kini infrastruktur di perbatasan sudah sangat ciamik. Mulai dari pintu, jalanan, hingga amenitasnya. Karena itu Kemenpar terus mengembangkan pariwisata perbatasan. Saat ini memberikan kontribusi sebesar 18 persen wisman ke Indonesia.

 

“Presiden Joko Widodo menekankan pembangunan di perbatasan, karena memang perbatasan adalah wajah Indonesia. Kami bakal terus tingkatkan budaya dan atraksi di perbatasan, agar wisatawan nyaman datang ke Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

 

Menpar juga menambahkan, pariwisata perbatasan atau border tourism jumlahnya sangat besar di dunia. Ia mencontohkan negara-negara di Eropa yang jumlah kunjungan wisatawannya besar karena ditunjang dengan border tourism.

 

 

Khusus di NTT, Menpar melihat dengan adanya PLBN Motaain yang begitu baik, maka faktor aksesibilitas sudah tidak ada kendala. Namun, yang perlu didorong adalah menghadirkan atraksi agar dapat menarik minat wisatawan, khususnya wisatawan dari Timor Leste.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya