Bangga! Genwi Thailand Kumpulkan Inspirasi Untuk Pesona Indonesia

Semoga pariwisata Indonesia semakin maju ya

Bangkok, IDN Times - Ada tugas baru menanti anggota Genwi (Generasi Wonderful Indonesia) Thailand, yang baru saja diaktivasi dengan pengurus baru. Tugas itu adalah mengumpulkan inspirasi manajemen pariwisata dari negara nomor satu di ASEAN, yaitu Thailand. 

1. Indonesia butuh belajar dari Thailand

Tahun 2017 lalu, inbound tourism Thailand menembus angka 33 juta untuk wisatawan mancanegara (wisman). Sedangkan Indonesia masih 14 juta wisman. 

“Karena itu kita perlu benchmark, perlu belajar dari kesuksesan Thailand. Apa yang membuat mereka hebat? Apa yang membuat mereka kuat, angka wisman naik, dan juara di Regional ASEAN. Genwi harus membantu Kemenpar untuk menemukan jawabannya. Inspirasi apa yang bisa dikembangkan di tanah air?” kata Don Kardono, Stafsus Menpar Bidang Komunikasi dan Media. 

2. Genwi Thailand harus lebih proaktif

Genwi Thailand harus mempelajari manajemen destinasi yang menyangkut 3A: Atraksi, Akses, Amenitas. Atraksi apa yang membuat mereka hebat, aksesnya seperti apa, dan dibangun seperti apa. Amenitasnya pun juga perlu diperhatikan.

“Kita belajar, kalian bantu menemukan masalah dan solusinya,” tutur Don Kardono. 

Genwi Thailand diharapkan dapat mengumpulkan segala informasi penting hasil mengamati pariwisata di Thailand. Selain itu, Genwi Thailand juga diharapkan untuk mengambil foto dan video keindahan pariwisata Thailand. Pengalaman yang mereka kumpulkan selama di Thailand pun dapat dibagikan ke situs GenPI.co. 

“Tidak harus yang sulit-sulit, yang sederhana juga oke, yang penting bisa menginspirasi seluruh stakeholder pariwisata?” kata Don Kardono.

Genwi dari negara lain pun juga boleh berbagi pengalaman dari negara-negara tempat mereka tugas belajar. Terutama yang maju sektor pariwisatanya.

“Silakan kirim, siapa tahu ide dan pengalaman kalian menginspirasi banyak destinasi dan industri pariwisata di tanah air,” ajak Don Kardono.

3. Keunggulan Thailand yang patut dicontoh

Aryasatyani Dhiyani atau Yaya, mahasiswa S-3 dari Klaten, yang sudah tiga tahun sekolah di Thailand pun menjelaskan bahwa ada banyak inspirasi yang bagus untuk dikembangkan di tanah air. Misalnya soal akses. 

“Semua destinasi wisata di Thailand, meskipun kecil, tapi selalu ada akses. Jalan menuju ke sana nyaman dan ada transportasi publik yang memudahkan orang datang ke sana,” kata Yaya. 

Selain akses, yang bisa dicontoh dari Thailand adalah keramahtamahan penduduknya. Orang Thailand sangat ramah dan tulus terhadap semua orang. Terlebih lagi kepada orang asing yang sedang berwisata ke Thailand. 

“Saya sudah membuktikan saat bertanya ke warga lokal. Selalu ditunjukkan dengan baik dan santun. Bahkan, kadang diantarkan ke orang yang bisa menjawab ketika mereka menghadapi problem bahasa,” jelas Yaya lagi. 

4. Thailand adalah surga belanja

Yaya juga menceritakan soal harga barang. Di Thailand, harga di semua kota sama saja. Jadi, tidak ada perasaan takut untuk belanja. 

“Tidak ada istilah menthung di sini. Apalagi bagi orang asing atau yang berasal dari luar kota. Harga tetap sama bagi semua pembeli. Kita harus belajar yang seperti ini,” sebut Yaya. 

Masih banyak lagi cerita dan pengalaman yang dapat digunakan sebagai inspirasi bagi Pesona Indonesia. Untuk memajukan pariwisata Indonesia silakan bergabung dan berbagi inspirasi positif di GenPI.co!

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya