Ifan Seventeen Bikin Warga Terkesan di Festival Budaya Pasar Terapung

Kehadirannya memberi semangat dan energi positif

Banjarmasin, IDN Times – Festival Budaya Pasar Terapung (FBPT) 2019 berakhir penuh kesan pada Sabtu (24/8) malam. Terlebih dengan hadirnya Ifan Seventeen, memicu antusiasme warga untuk memadati halaman kantor Gubernur Kalimantan Selatan.

Ifan tampil sangat memukau. Kehadirannya pun mampu memberi semangat dan energi positif bagi seluruh pengunjung, terutama generasi milenial. Tidak hanya tampil sekilas, Ifan bahkan membawakan delapan lagu. Kali ini, ia ditemani Big Bos Band yang sukses mengiringinya hingga lagu terakhir.

Lagu “Selalu Mengalah” dari Seventeen mengawali performa Ifan di panggung. Penonton makin terlihat baper saat lagu kedua “Yang Terlupakan” dari Iwan Fals, mengalun syahdu penuh penghayatan.

Lagu demi lagu terus bergulir, antara lain “Di Ujung Jalan”, “Ayah”, “Dia”, “Kangen”, “Kemarin”, dan “Pergi Pagi Pulang Pagi”. Penampilan Ifan ditutup dengan lagu “Jaga Selalu Hatimu” dari Seventeen. Dalam lagu terakhir ini, Ifan berduet dengan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnial Kifli.

“Terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan dan Kementerian Pariwisata. Kita jumpa lagi di lain kesempatan. Selamat malam, Banjarmasin," teriak Ifan kepada penonton.

1. Keseruan Festival Budaya Pasar Terapung begitu menghibur masyarakat

Ifan Seventeen Bikin Warga Terkesan di Festival Budaya Pasar TerapungIDN Times/Kemenpar

Usai menghibur masyarakat, Ifan mengaku sangat respek dengan kegiatan itu. Menurutnya, FBPT ialah event pariwisata yang seru dan keren. Secara umum, Ifan sangat mendukung pariwisata Indonesia. Baginya, Indonesia jauh lebih menarik dari negara lain. Sebab, tiap daerah di Tanah Air punya keunikan tersendiri. Seperti Banjarmasin yang punya Pasar Terapung.

"Khusus Banjarmasin, saya paling suka kulinernya. Begitu sampai di sini, langsung makan nasi kuning. Rasanya enak banget. Pokoknya kuliner terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

2. Beragam pertunjukan mengisi malam puncak Festival Budaya Pasar Terapung

Ifan Seventeen Bikin Warga Terkesan di Festival Budaya Pasar TerapungIDN Times/Kemenpar

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizki Handayani mengatakan, malam puncak FBPT 2019 diisi beragam pertunjukan. Selain penampilan Ifan Seventeen, ada juga tarian budaya Betawi yang disumbangkan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

“Seluruh rangkaian FBPT 2019 berakhir dengan sukses. Banyak pengunjung yang hadir. Baik masyarakat setempat maupun wisatawan domestik dan mancanegara. Saya tetap berharap kegiatan ini bisa terus dievaluasi sehingga perhelatan tahun depan jauh lebih baik,” ucap Rizki.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional IV Kemenpar Adella Raung menambahkan, FBPT 2019 dirancang dengan konsep dasar agar wisatawan dapat merasakan sensasi dan keunikan pasar terapung di Banjarmasin. Adapun misi kegiatan ini antara lain untuk mempromosikan potensi pariwisata di daerah setempat.

“Saya yakin kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisnus dan wisman ke Kalimantan Selatan. Terlebih, event ini juga dilaksanakan dalam rangka mendukung gerakan Visit Kalsel 2020,” jelasnya.

3. Festival Budaya Pasar Terapung kekuatan Kalimantan Selatan

Ifan Seventeen Bikin Warga Terkesan di Festival Budaya Pasar TerapungIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan, pasar terapung merupakan budaya lokal yang berlangsung lama. Karenanya, pasar ini bisa menjadi kekuatan Kalimantan Selatan untuk mengembangkan destinasinya sehingga makin dikenal luas.

“Festival Pasar Terapung akan menjadi buruan wisatawan. Terutama yang suka mencari konten menarik, baik fotografer maupun videografer. Terlebih, wisatawan bisa terlibat langsung dalam aktivitas pasar. Minimal sebagai pembeli. Ini tentu menjadi pengalaman yang menarik dan autentik bagi mereka,” tandasnya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya