GATF 2018 Buktikan Indonesia Makin Terbuka untuk Wisman dari Singapura

Yakin gak mau keliling Indonesia?

Singapura, IDN Times - Gong pembukaan Wonderful Indonesia GATF 2018 akhirnya ditabuh, 19 Oktober 2018 lalu. 

Bertempat di Suntec City Mall, Singapura, perhelatan kerja sama antara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kedutaan Besar Republik Indonesia Singapura, dan Garuda Indonesia tersebut dihelat mulai tanggal 19 hingga 21 Oktober 2018.

1. Indonesia punya semuanya

GATF 2018 Buktikan Indonesia Makin Terbuka untuk Wisman dari SingapuraInstagram.com/arie_369

"Silahkan datang ke Indonesia. Negara kami punya semuanya. Acara ini membuktikan bahwa Indonesia memang sangat terbuka untuk didatangi oleh wisatawan dari Singapura," ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya.

Tidak tanggung-tanggung, pamor acara tersebut juga semakin keren. Pasalnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyempatkan datang ke acara yang digelar di mall terkemuka di Singapura itu. Menpar hadir setelah menyambangi ITB Asia 2018 dan berkunjung ke Kantor Expedia di Singapura. 

"Banyak destinasi yang bisa didatangi di negara kami, ada Labuan Bajo, Bali, Bandung. Cocok untuk datang bersama keluarga, honey moon. Apalagi kini kami membuka penerbangan ke Belitung. Destinasi ini juga sangat keren," kata Dubes. 

Dubes juga menegaskan bahwa pihaknya siap terus berkolaborasi dengan Kemenpar ataupun Garuda Indonesia untuk melakukan promosi bersama guna meningkatkan jumlah Wisman asal Singapura. 

"Karena kami juga punya semangat yang sama," tegasnya.

2. Penerbangan dari Singapura ke Indonesia akan terus ditambah

GATF 2018 Buktikan Indonesia Makin Terbuka untuk Wisman dari SingapuraANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Vice President Asia Region Garuda I Wayan Subagia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Menpar Arief Yahya di GATF 2018. Kata dia, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Kemenpar untuk terus membuka pintu wisatawan ke tanah air. 

"Penerbangan-penerbangan yang ada dan yang akan buka oleh Garuda dari Singapura harus optimis. Saat ini, kami akan berjuang terus menawarkan paket, berkoordinasi dengan travel. Pesawat harus baik keterisiannya, walaupun penumpangnya dari negara manapun," kata Wayan.

Wayan memaparkan bahwa Garuda saat ini melayani penerbangan dari Singapura ke Denpasar sebanyak 2 kali dalam satu minggu, ke Jakarta 9 kali dalam satu minggu, ke Surabaya 7 kali dalam seminggu. Hal yang lebih membanggakan lagi adalah pada tanggal 2 Desember 2018 akan ada penerbangan langsung dari Singapura ke Bandung 4 kali dalam seminggu.

"Dan kami bersyukur akan membuka penerbangan perdana ke Belitung mulai tanggal 29 Oktober 2018. Belitung saya yakin akan penuh, karena Belitung punya destinasi yang berbeda dan menarik. Kami akan bantu jual penerbangan ini hingga ke Eropa, dan semua transit di Singapura," kata Wayan optimis. 

3. GATF 2019 berikan segala kemudahan bagi para pengunjung

GATF 2018 Buktikan Indonesia Makin Terbuka untuk Wisman dari SingapuraIDN Times/Kemenpar

Wayan menambahkan bahwa event GATF 2018 ini merupakan misi penjualan serta promosi destinasi wisata di Indonesia. Sekaligus peluncuran direct flight Garuda Indonesia dari Singapura ke Tanjungpandan (Bangka Belitung).

"Menjadi tugas bersama, memperkenalkan destinasi kita dan melayani dengan baik wisatawan yang berlibur ke negara kita," kata Wayan.

Untuk merayu calon wisatawan asal Singapura, Kemenpar dan Garuda memboyong 10 industri pariwisata Indonesia. Kemenpar juga menggandeng CitiBank untuk memudahkan calon wisatawan dalam bertransaksi. 

Selain itu, berbagai treatment khusus juga ikut dipersiapkan untuk memaksimalkan program. Seperti Coffee and Refreshment, Demo Batik, hingga Kids Zone. 

Kemenpar dan Garuda pun mengundang para blogger Negeri Singa untuk hadir dalam Blogger Talkshow. Mereka akan disisipi virus Wonderful Indonesia sehingga para blogger ini tertarik untuk menulis tentang keindahan Indonesia.

"Kita juga siapkan berbagai souvenir menarik untuk para calon wisatawan. Sehingga bisa dipastikan Wonderful Indonesia GATF ini dapat diikuti semua kalangan. Bahkan sangat family friendly," kata Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani yang didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh yang juga mengawal Menpar Arief Yahya.

4. Suntec City Mall adalah tempat yang tepat

GATF 2018 Buktikan Indonesia Makin Terbuka untuk Wisman dari Singapuraformula.voyage

Masruroh menambahkan, dipilihnya Suntec City Mall sebagai lokasi Wonderful Indonesia GATF memang sangat tepat. Sebab, lokasinya sangatlah strategis. Berada di atas Esplanade MRT Station, atau tidak jauh dari Promenade Walk. Selain itu, mall ini juga menjadi semacam terminal khusus untuk berbagai bus wisata double decker Duck & HiPPO.

"Suntec City Mall merupakan mall yang sangat ramai. Selalu menjadi pilihan bagi para warga Singapura dan wisatawan dari mana pun. Makanya kami menggelar Wonderful Indonesia GATF di mall ini," ungkap Masruroh.

5. Bangka Belitung berpotensi jadi detinasi favorit wisman asal Singapura

GATF 2018 Buktikan Indonesia Makin Terbuka untuk Wisman dari SingapuraInstagram.com/sigit_rayo

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa direct flight ke Belitung dan pameran ini merupakan pilihan yang pas. Pasalnya Singapura merupakan international hub yang memungkinkan wisatawan dari negara lain untuk terbang ke Indonesia. Terlebih lagi Singapura ke Tanjungpandan hanya memakan waktu 1 jam penerbangan saja.

"Destinasi Bangka Belitung itu luar biasa. Siapa sih yang tidak tau keindahan Negeri Laskar Pelangi ini? Baharinya oke. Pantai-pantainya berpasir putih dengan berbagai batuan granit besar hingga batuan beku yang tersebar merata. Apalagi bawah lautnya. Sudah pasti keren. Ini yang dapat kita jual ke wisatawan Singapura. Mereka pun jadi punya pilihan destinasi yang lebih beragam," ujar Menpar.

Menpar menambahkan, saat ini Negeri Laskar Pelangi itu pun telah menjadi satu dari 10 destinasi prioritas. Adapun benchmark pembangunannya akan menyaingi Phuket Thailand atau Langkawi Malaysia. 

"Belitung sekarang keren. Kawasan wisata dengan jumlah kunjungan yang besar, destinasi yang tertata rapi berkelas internasional, terawat indah sustainable, dan masyarakat yang semakin sejahtera oleh pariwisata. Ini yang harus terwujud," pungkas Menteri asal Banyuwangi itu

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya