Indonesia Jadi Tuan Rumah Reuni Miss Universe 2015, 14 Negara Hadir

Pada 2018, mereka juga melakukan reuni di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Indonesia kembali menjadi tuan rumah reuni Miss Universe 2015. Kali ini, yang menjadi lokasi ialah Pulau Dewata, Bali. Pada 2018 lalu, para ratu kecantikan sejagat juga melakukan reuni di Indonesia, tepatnya di Kepulauan Seribu, Jakarta.

Reuni para putri cantik tersebut dilakukan pada 17-25 September 2019. Mereka akan melakukan serangkaian kegiatan, seperti mengunjungi destinasi-destinasi yang ada di Pulau Dewata, di antaranya Pulau Menjangan di Kabupaten Jembrana, Karangasem, Gianyar, dan Sanur.

Sebanyak 14 negara hadir dalam reuni Miss Universe 2015 di Bali. Ada Narissara Nena France (Britania Raya), Toria Nichole Fakanos (Bahamas), Vanessa Tevi Kumares (Malaysia), Lisa Marie White (Singapura), Debbie Collins (Afrika Selatan). Ada juga Catalina Morales (Puerto Rico), Alysha Boekhoudt (Aruba), Emilia Araujo (Portugal), Claudia Barrionuevo (Argentina), Martine Hjorungdal (Norwegia), dan Annelies Toros (Belgia).

1. Reuni dilakukan untuk mempersatukan kembali hubungan pertemanan di antara para finalis Miss Universe 2015

Indonesia Jadi Tuan Rumah Reuni Miss Universe 2015, 14 Negara HadirIDN Times/Kemenpar

Miss Universe 2015 asal Indonesia Anindya Kusuma Putri mengatakan, reuni dilakukan untuk mempersatukan kembali hubungan pertemanan di antara para finalis Miss Universe 2015. Selain itu, mereka juga akan melakukan kampanye. Hal ini sesuai dengan tagline reuni ‘The Beauty for Sustainable Nature, Culture, and Heritage’.

“Persahabatan ini adalah aset yang sangat berharga dari teman-teman antarnegara. Di sini kita bisa berbicara tentang cinta maupun kehidupan, kompetisi sudah selesai dan saatnya kita saling berbagi,” kata Anindya Kusuma Putri, Sabtu (21/9).

Dalam pertemuan tahun ini, Anindya Putri menunjukkan pada dunia, terutama ke 80 negara peserta Miss Universe tentang Wonderful Indonesia.

2. Kemenpar menggunakan pendekatan POSE yang menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata

Indonesia Jadi Tuan Rumah Reuni Miss Universe 2015, 14 Negara HadirIDN Times/Kemenpar

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar, Muh Ricky Fauziyani, mengatakan bahwa kehadiran miss universe menjadi salah satu Program Bali Recovery. 

“Mereka bisa menjadi endorsers untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di Bali, dan menginformasikan bahwa Bali sudah aman. Endorsers menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang dijalankan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggunakan pendekatan POSE (paid, ownes, social media, dan endorser),” katanya.

Ricky juga menjelaskan jika selama ini hanya ada paid media, own media, social media, ada satu lagi yang dinamai endorser media. Tokoh, bintang, punya pengikut, fan atau penggemar yang besar.

Followers dalam jumlah banyak dan memiliki engagement yang kuat. Mereka adalah penyampai pesan yang efektif," katanya.

3. Kehadiran finalis Miss Universe 2015 akan semakin menaikkan citra pariwisata Bali

Indonesia Jadi Tuan Rumah Reuni Miss Universe 2015, 14 Negara HadirIDN Times/Kemenpar

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani, menyampaikan bahwa kehadiran finalis Miss Universe 2015 akan semakin menaikkan citra pariwisata Bali.

“Siapa yang tidak mengenal Bali? Pulau Dewata adalah destinasi yang mampu memesona semua wisatawan mancanegara. Dengan hadirnya para finalis Miss Universe 2015, citra Bali sebagai destinasi papan atas dunia akan terus terangkat, dan ini juga berimbas positif buat pariwisata Indonesia,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sependapat. Menurutnya, para putri kecantikan sejagat tersebut ialah endorser yang tepat untuk mengangkat pariwisata Indonesia. 

"Aktivitas mereka akan dipantau media mancanegara dan ini keindahan pariwisata Indonesia juga ikut tersorot. Impact inilah yang harus dimanfaatkan. Kita bisa memperlihatkan jika pariwisata yang kita miliki sangat indah. Khususnya Bali yang sudah berstatus destinasi dunia,” pungkasnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya