Apa Kata Presiden Jokowi Tentang Pariwisata Indonesia? Cek 4 Hal Ini!

Pariwisata Indonesia emang oke!

Jakarta, IDN Times – Pertumbuhan positif sektor pariwisata Indonesia mendapatkan pujian dari Presiden Joko Widodo. Presiden bahkan optimis pariwisata bisa menjadi penyumbang devisa terbesar buat Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat diwawancarai media televisi Berita Satu. Menurutnya, sektor pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

“Untuk target kunjungan wisatawan tahun ini, saya optimis. Kita lihat saja nanti. Menteri Pariwisata kita Bapak Arief Yahya sangat optimistis sekali. Dan kelihatan sekali memang pertumbuhan pariwisata Indonesia tertinggi di dunia,” papar Presiden.

1. Pertumbuhan pariwisata Indonesia adalah yang tertinggi di dunia

Apa Kata Presiden Jokowi Tentang Pariwisata Indonesia? Cek 4 Hal Ini!Unsplash/Killian Pham

Berdasarkan data Travelport, pertumbuhan pariwisata Indonesia tahun 2017 mencapai 25,68%. Atau menjadi pertumbuhan pariwisata tertinggi di dunia. Yang menggembirakan, sumbangan devisa dari pariwisata tahun tahun 2017, mencapai US$ 13,5 miliar. Menempati nomor 2, dan melampaui sumbangan devisa migas.

“Benar, dan kita juga harapkan tahun 2020, devisa dari pariwisata bisa melampaui CPO yang saat ini masih nomor satu penyumbang devisa di Indonesia. Ini (pariwisata) akan menjadi sebuah motor penggerak ekonomi Indonesia. Dan yang paling kita senangi, efek ekonomi dari pariwisata bisa menetes sampai ke bawah,” paparnya.

2. Pertumbuhan pariwisata harus didukung dengan pertumbuhan pada sektor lainnya

Presiden juga menilai, jika semua sektor tetap berjalan dengan sama baiknya maka kekuatan ekonomi Indonesia akan luar biasa. “Sampai saat ini semua berjalan baik, ekspor migas jalan, ekspor non migas jalan, ekspor industri jalan, sektor pariwisata juga jalan. Keseimbangan itu akan menjadi kekuatan besar ekonomi indonesia,” tuturnya.

3. Thailand dan Malaysia masih menjadi kompetitor dalam bidang pariwisata

Tidak hanya itu, Presiden juga berharap pariwisata Indonesia bisa bersaing dengan Thailand dan Malaysia yang mampu mendatangkan wisatawan mancanegara dalam jumlah yang sangat besar. 

Pembandingnya adalah Thailand. Kunjungan wisatawan asing di sana sampai 35 juta. Sedangkan Malaysia 27 juta. Kita memiliki banyak tempat tempat melegenda, tempat yang lebih baik. Jadi kenapa tidak bisa. Kita harus optimis bisa,” paparnya. 

“Tapi memang banyak yang harus diperbaiki dan dibenahi. Itulah kenapa kita harus bergerak cepat di lapangan. Termasuk memperbaiki infrastruktur untuk menunjang pariwisata. Dan itu juga harus terintegrasi agar memperkuat pariwisata,” paparnya.

4. Dukungan Presiden menjadi suntikan positif bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut gembira dukungan Presiden Joko Widodo terhadap pariwisata Indonesia. Sebab, dukungan tersebut akan membuat pertumbuhan sektor pariwisata semakin cepat. 

“Pariwisata tidak bisa berdiri sendiri. Itulah fungsinya Indonesia Incorporated. Semua bergerak semua bekerja sama. Tujuannya untuk membangun Indonesia. Dengan semangat Indonesia Incorporated, pertumbuhan sektor pariwisata akan semakin pesat. Dan bisa berdampak positif bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya