Jangan Lewatkan Kejutan Baru Festival Bahari Kepri

Provinsi Kepri kini semakin hits

Tanjung Pinang, IDN Times - Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kembali menyiapkan gebrakan untuk memanjakan wisatawan. Kali ini melalui Festival Bahari Kepri (FBK). Event keren ini akan dihelat di Tanjung Pinang, 21-24 September 2018.

1. Melibatkan atraksi jet ski yang keren

Ada kejutan menarik dari pelaksanaan FBK tahun ini. Ada eksibisi jet ski yang super kece. Nantinya, ratusan jet ski akan berkonvoi dari Malaysia dan Singapura menuju Tanjung Pinang. Parade ini akan berlangsung pada tanggal 21 September 2018. 

"Festival Bahari Kepri sudah pasti keren. Selalu saja ada kejutan-kejutan baru untuk memanjakan wisatawan. Tak salah jika FBK masuk ke dalam 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata tahun 2018. Ini festival yang wajib disambangi," kata Menpar Arief Yahya, Rabu (12/9).

2. Bukti potensi pariwisata Provinsi Kepri

Festival ini bisa dibilang merupakan bingkai besar potensi pariwisata Provinsi Kepri. Sajiannya super lengkap. Mulai dari sport tourism, wisata bahari, alam sampai budaya akan tersaji. Keseruan akan dimulai dengan hembusan konservasi alam mengedepankan pariwisata berkelanjutan. Ditandai  dengan penanaman pohon untuk menghijaukan Kawasan Pulau Dompak. Kegiatan ini akan dilakukan pada tanggal 20 September 2018.

Tidak kalah menarik, akan diadakan juga Lomba Sampan dan Jong, serta panggung seni tradisional. Dari tari-tarian, puisi, dan pantun akan mewarnai acara yang akan dihelat tanggal 21–22 September ini. Jadi, acara ini merupakan surga bagi traveler pecinta budaya. 

Selain itu, yang sudah pasti heboh adalah prosesi Pembukaan Festival Bahari Kepri 2018 pada 21 September 2018. Berbarengan dengan prosesi pembukaan, Kepri Jet Ski Expedition pun hadir menampilkan keseruannya. Namun, manuver akrobatik jet ski baru bisa disaksikan sehari sesudahnya, yaitu pada tanggal 22 September.

"Di tanggal tersebut pun akan ada berbagai kegiatan menarik lainnya. Ada Jalan Santai Kirab Pemuda Indonesia, Senam Sehat Kirab Pemuda Indonesia, Gotong Royong Kirab Pemuda Indonesia, serta Lomba Lukis bertema Wonderful Riau Islands. Selain itu,  Aneka Bazar Kuliner Kepri serta Atraksi Seni Budaya Melayu Kepri siap dihadirkan," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar.

3. Sebagai perayaan hari jadi Provinsi Kepri

Menurut Buralimar, kemeriahan dihadirkan sebagai bentuk syukur atas hari jadi Provinsi Kepri. Untuk itu, Malam Syukuran Hari Jadi Kepri ke-16 akan menjadi bagian dari FBK 2018. Acara ini akan dihelat pada 24 September 2018.

"Pokoknya FBK 2018 bakal super heboh. Terlebih FBK selalu diselaraskan dengan program Wonderful Indonesia Sailing. Sehingga dapat menjadi sebuah barometer untuk memperkenalkan potensi wisata bahari Kepri para yachter mancanegara. Nanti juga ada Lomba Perahu Naga, Festival Sungai Carang, serta Karnaval Kepulauan Riau," ungkapnya.

4. Traveling ke Provinsi Kepri kini lebih mudah

Wisatawan yang ingin menyaksikan event ini tidak perlu ragu. Karena Kepri sudah dilengkapi 3A (aksesibilitas, amenitas, dan atraksi) yang memadai.

Soal aksesibilitas, Provinsi Kepri memiliki Bandara Raja Haji Fisabilillah. Bandara di Tanjung Pinang ini akan memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi festival. Tersedia sejumlah penerbangan dari Jakarta setiap harinya ke ibukota Provinsi Kepri itu, dengan waktu tempuh sekitar satu jam 20 menit.

Tak hanya melalui udara, Kepri juga bisa dijangkau lewat jalur laut. Tersedia sejumlah ferry yang melayani pelayaran selama 15 menit dari Pelabuhan Telaga Punggur, Batam, menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura di Tanjung Pinang.

"Jadi bisa lewat Batam atau langsung ke Tanjung Pinang. Kalau lewat Batam bisa sambil wisata belanja biar tambah seru liburannya. Amenitasnya juga jangan ditanya. Pokonya lengkap, tinggal disesuaikan dengan kantong," terang Buralimar.

5. Bertujuan untuk menarik minat wisatawan mancanegara

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Iyung Masruroh mengatakan, FBK merupakan salah satu langkah mendongkrak kunjungan wisman. Pasalnya Provinsi Kepri berada di jalur yang strategis. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura. Ini membuat Provinsi Kepri menjadi salah satu pintu utama masuknya wisman ke Indonesia.

"Kegiatan ini pasti berdampak maksimal untuk dunia kepariwisataan di Kepri karena dengan hadirnya turis asing akan terjadi multiplier effect dimana akan terjadi peningkatan perputaran uang, ekonomi akan meningkat dan masyarakat akan sejahtera,” ujar Iyung.

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya