Kemenpar Akan Tampilkan Kemegahan Serambi Mekah Lewat 100 CoE Aceh

Catat tanggal acaranya, ya!

IDN Times, Jakarta - Menteri Pariwisata Arief Yahya akan meluncurkan Calendar of Event (CoE) Aceh di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat (22/3/2019). Acara ini merupakan gong dari kemegahan 100 event wisata yang akan digelar Aceh sepanjang 2019.

Selain diluncurkan oleh Menteri Pariwisata, Calendar of Event (CoE) Aceh akan dihadiri PLT Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengungkapkan, ragam ekostisme Aceh juga akan ditampilkan sepanjang 2019.

“Pastikan Aceh sebagai destinasi utama pariwisata di sepanjang 2019. Alam dan budaya Aceh ini sangat eksotis. Akan ada banyak sekali event yang digelar di sana. Untuk merasakan atmosfer kemeriahannya, silakan datang saat launching nanti,” ungkap Rizki, Kamis (14/3).

1. Kekhasan Aceh akan terasa lewat event ini

Kemenpar Akan Tampilkan Kemegahan Serambi Mekah Lewat 100 CoE AcehIDN Times/Kemenpar

Rizki menambahkan, Aceh selalu menawarkan program unggulan dan menebar inspirasi lewat tema event yang digagas, yakni “Aceh Hebat Melalui Ragam Pesona Wisata”. Warna kemeriahan yang ditawarkan 100 event ini pun beragam, mulai dari konsep alam, budaya, sport tourism, hingga petualangan. Semuanya disajikan unik dan menarik dengan nuansa khas Aceh.

“Aceh ini luar biasa. Mereka selalu menawarkan konsep-konsep unggulan bagi para wisatawan. Akan ada banyak experience yang bisa dirasakan. Dan, semua ini tidak didapatkan di destinasi lain. Jadi mulai persiapkan perjalanan menuju Aceh,” lanjut Rizky.

2. Tiga Festival di Aceh selalu jadi magnet untuk menarik wisatawan

Kemenpar Akan Tampilkan Kemegahan Serambi Mekah Lewat 100 CoE Acehbarugurukita.blogspot.com

Kabar baik lainnya, tiga dari event wisata Aceh ternyata juga telah masuk ke 100 Top Event Nasional 2019. Gelaran tersebut adalah Aceh Culinary Festival, Saman Gayo Alas Festival, dan Aceh International Diving Festival.

Ketiga gelaran ini selalu menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan. Masuknya tiga event Aceh dalam 100 Top Event Nasional menjadi bukti kekuatan destinasi pariwisata bumi Serambi Mekah itu.

“Aceh destinasi wisata besar. Semua aspek sangat mendukung. Memiliki tiga agenda yang masuk dalam 100 Top Event Nasional tentu luar biasa. Cermati tata waktu penyelenggaraan event-nya dari sekarang. Pastikan yang terbaik hanya ada di Aceh,” tutur Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Hariyanto.

3. Gelaran festival akan menjadi representasi kekuatan pariwisata Aceh di mata wisatawan

Kemenpar Akan Tampilkan Kemegahan Serambi Mekah Lewat 100 CoE Acehkanalaceh.com

Ada banyak kejutan yang akan ditampilkan Bumi Serambi Mekah. Aceh Culinary Festival 2019 akan digelar 5-7 Juli. Festival ini menjadi display kuliner terbaik dari Aceh yang kaya rempah. Untuk Saman Gayo Alas Festival 2018 dihelat 18 Agustus. Festival ini disajikan secara masif dan jadi galeri terbaik budaya Aceh. Satu yang fenomenal, yaitu Tari Saman. Tarian ini diakui UNESCO sebagai warisan dunia.

Berbeda dengan gelaran lainnya, Aceh International Diving Festival 2019 akan dilaksanakan 6-7 Oktober. Event ini jadi spot terbaik berkumpulnya para diver dunia. Para diver ini tertarik dengan eksotisnya perairan Aceh karena bumi Serambi Mekah ini memiliki banyak spot untuk menyelam dengan beragam treatment.

“Kami berikan komposisi terbaik dalam CoE Aceh 2019. Semua jadi representasi kekuatan pariwisata di Aceh saat ini. Semuanya diekplorasi secara maksimal. Dari banyak event yang akan dilaunching, ada 3 yang masuk 100 Top Event Nasional. Untuk tahun ini, kami sudah siapkan banyak inovasi,” papar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin.

Memiliki kombinasi konten terbaik, Aceh pun menjelma jadi destinasi berlibur dunia. Masuk melalui Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, ada 29.213 wisman yang berkunjung pada 2018. Jumlah tersebut didominasi oleh 24.210 orang wisatawan Malaysia. Sementara untuk wisatawan dari Eropa berjumlah 1.870 orang.

“Aceh selalu menarik untuk dikunjungi. Alam, budaya, dan kulinernya memang yang terbaik. Dengan beragam event digelar 2019, arus masuk wisman dijamin akan semakin besar. Selain atraksinya, aspek aksesibilitas dan amenitas Aceh juga sangat bagus. Aceh ini juga menjadi destinasi utama kapal pesiar dunia,” tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya