Kemenpar Tingkatkan SDM Pariwisata Kendal Lewat Pelatihan Pramuwisata

Pramuwisata ujung tombak pelayanan bagi wisatawan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus melakukan berbagai langkah strategis untuk menghasilkan SDM pariwisata terbaik. Salah satunya, Kemenpar memiliki perhatian khusus terkait dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Kendal, Jawa Tengah (Jateng). Karena itu, Kemenpar bersiap menggelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi Pemandu Wisata yang akan digelar di Tirto Arum Baru, Kendal, 26-27 September 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyan, mengatakan bahwa pelatihan tersebut mutlak dilakukan karena para pemandu ini merupakan ujung tombak pelayanan bagi wisatawan. “Pelatihan ini merupakan program Kemenpar yang bertujuan meningkatkan sumber daya manusia di daerah, secara khusus pelaku usaha wisata,” ujarnya, Rabu (25/9).

1. SDM andal memberikan manfaat ekonomi untuk peningkatan taraf hidup

Kemenpar Tingkatkan SDM Pariwisata Kendal Lewat Pelatihan PramuwisataInstagram/pratiwisaras

Sasaran lain yang tak kalah penting ialah dengan tercetaknya SDM andal, dapat dipastikan pariwisata Kendal akan semakin mumpuni. Imbasnya tentu memberikan manfaat ekonomi untuk peningkatan taraf hidup.

"Kami berharap para pemandu yang mengikuti pelatihan ini dapat mengaplikasikan ilmunya untuk membuat nyaman wisatawan," kata Giri.

2. Pokdarwis merupakan elemen lokal yang dapat mengembangkan pariwisata daerah

Kemenpar Tingkatkan SDM Pariwisata Kendal Lewat Pelatihan Pramuwisatasynotrip.com

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar, Wisnu Bawa Tarunajaya, mengatakan jika program pelatihan tersebut akan diikuti 40 orang pemandu wisata. Mereka semua berasal dari berbagai Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kendal. 

"Dengan itu pemberdayaan masyarakat dalam sektor kepariwisataan semakin meningkat karena Pokdarwis merupakan elemen lokal yang kuat yang dapat mengembangkan pariwisata daerah," jelasnya.

Dua narasumber akan ditampilkan dalam memberikan pemahaman kepada pemandu wisata. Mereka ialah RMW Agie Pradipha dan Pusparani. Keduanya akan memberikan pemahaman penting bagaimana memberikan pelayanan prima bagi wisatawan.

3. Pariwisata Jateng memang harus diperkuat dengan berbagai program yang optimal

Kemenpar Tingkatkan SDM Pariwisata Kendal Lewat Pelatihan PramuwisataIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun ikut angkat suara. Menurutnya, pariwisata Jateng memang harus diperkuat dengan berbagai program yang optimal. Dengan itu, dapat dipastikan pariwisata Jateng akan semakin bersinar dengan dukungan SDM yang mumpuni.

"Apalagi Kendal sendiri merupakan kawasan pendukung Borobudur yang merupakan destinasi super prioritas. Dengan pelatihan ini akan menjadi tambahan suplemen bagi pemandu wisata Jateng, khususnya di Kendal yang dipastikan mendukung laju pariwisata Borobudur," pungkas Menpar Arief.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya