Saatnya Kepulauan Riau Eksis LewatPasar Bintan Betuah

Makin eksis deh wisata Indonesia

Bintan, IDN Times - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kepulauan Riau (Kepri) bakal makin eksis. Makin keren. Sebab, mereka akan segera meluncurkan Destinasi Digital baru. Namanya Pasar Bintan Betuah. Rencananya, pasar ini akan diluncurkan Minggu (12/8). Lokasinya di Gang Swadaya, Kampung Jeropet, RT 4 RW 2, Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Menjadi momen spesial, konsep matang pun dipersiapkan. Menurut Ketua GenPI Kepri Nunung Sulistiyanto, GenPI Bintan telah mempersiapkan berbagai keseruan untuk memeriahkan launching Pasar Bintan Betuah. 

"Sudah pasti seru nanti. Apalagi ini merupakan Destinasi Digital kedua yang Kepri miliki. Semua akan all out untuk memberika suguhan menarik di Pasar Bintan Betuah," kata Nunung, Jumat (3/8).

1. Menonjolkan kearifan lokal

Acara launching akan dimeriahkan dengan berbagai suguhan budaya. Suguhan ini semakin mempertegas nuansa kearifan lokal yang akan di tonjolkan Pasar Bintan Betuah. Dari mulai tarian tradisional, musik tradisional, hingga akrobatik dari pencak silat akan menghibur wisatawan yang datang. 

"Ini merupakan salah satu bentuk aktivasi offline dari GenPI Bintan sekaligus mendukung program Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dimana kemenpar telah menetapkan untuk membangun 100 Destinasi Digital baru diseluruh Indonesia," kata Nunung. 

Konsep destinasinya pun menarik. Di destinasi ini wisatawan dapat memetik dan mencicipi sendiri buah rambutan yang ada di pasar. Bagi wisatawan yang hobi memancing, destinasi digital ini menyediakan kolam pancing yang dapat dinikmati saat berkunjung. Ada ikan nila, ikan gabus, ikan mujair, ikan gurami, ikan bawal, ikan mas, ikan sepat yang terdapat di kolam pancingan.

2. Wisatawan bisa ber-selfie ria

Selain itu berbagai spot foto terbaik juga siap menyambut wisatawan. Beragam kuliner juga siap hadir melengkapi destinasi ini. Semuanya dijamin lezat, apalagi kulinernya merupakan hasil dari masyarakat sekitar. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan GenPI untuk mengangkat perekonomian masyarakat. 

"Nanti yang dijajakan bukan hanya kuliner, beragam kerajinan hasil dari masyarakat sekitar juga ada disana. Makanya jangan sampai tidak mampir ke Pasar Bintan Betuah kalau datang ke Bintan," ujar Nunung. 

3. Apresiasi Menpar terkait GenPI Bintan

Menpar pun mengapresiasi performa positif yang ditampilkan oleh GenPI Kepri, khususnya GenPI Bintan. Dengan membuka Destinasi Digital baru akan semakin mendorong peningkatan pariwisata di Kepri. Sekaligus mendorong pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan menyediakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berjualan, sekaligus memasarkannya melalui media sosial. 

“Berikan manfaat ekonomi sebesar besarnya bagi masyarakat sekitar. Media value yang kini berperan penting di era digital akan otomatis menjadi milik GenPI, karena GenPI lah yang telah mengorkestrasi ini semua," ujar Menteri asal Banyuwangi tersebut.

Saatnya Kepulauan Riau Eksis LewatPasar Bintan BetuahIDN Times/Kemenpar

Topik:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya