Keren Banget! Laskar Digital Genpi Terbentuk di Kalteng

Semakin kagum dan bangga dengan GenPi

Palangkaraya, IDN Times - Kalimantan Tengah (Kalteng) kini punya pasukan digital Generasi Pesona Indonesia (GenPI). Minggu (23/9), GenPI Kalteng resmi dideklarasikan sebagai GenPI Provinsi ke-25.

1. GenPI Kalteng tercatat sudah memiliki 202 anggota

Peresmian dilakukan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, di Eco Village, Palangkaraya. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua GenPI Nasional Mansyur Ebo.

Hingga deklarasi, GenPI Kalteng tercatat sudah memiliki 202 anggota. Mereka melakukan registrasi secara perorangan. Hal ini sebagai tanda keseriusan mereka berkomunitas di GenPI.

Kehadiran GenPI mendapat sambutan hangat dari Pemerintah Provisi Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikan Kadisbudpar Kalteng Guntur Talajan. Menurutnya, Pemprov sangat tertarik dengan keberadaan GenPI. Karena, bisa mendukung sepuluh prioritas pembangunan Provinsi Kalteng. Di antaranya pengembangan pariwisata.

"Pariwisata merupakan salah satu misi dengan pemerintah provinsi. GenPI dapat berjalan bersama-sama membangun pariwisata di Kalteng," ujar Guntur.

2. Berkesempatan jalan-jalan ke destinasi wisata di Indonesia

Sejak awal terbentuk, anak-anak muda ini terus bergerak. Mereka berbagi cerita. Dan mengajak orang lain untuk bergabung. Anggota GenPI datang dari berbagai kalangan, profesi, dan usia. Ada mahasiswa, dan ada pula yang berwirausaha tidak jauh dari dunia pariwisata.

Sementara, Ketua GenPI Nasional Mansyur Ebo menerangkan, komunitas ini adalah jembatan. Terutama bagi pemerintah dalam mengeksplorasi budaya yang ada di Kalteng. Namun selalu memegang teguh kode etik no hoax, no sara, dan no politik praktis.

Dilanjutkan Ebo, dengan menjadi anggota GenPI, anak muda sudah turut berkontribusi kepada negara. Walau hanya melalui jempolnya yang memainkan medsos lewat gadget. Namun, sudah membantu mempromosikan wisata. Dan ini membantu meningkatkan kunjungan wisatawan.

Selain itu, Ebo juga menerangkan mekanisme gabung ke GenPI.

"Gabung Genpi caranya sangat mudah. Tinggal buka website-nya di www.genpi.co dan isi data-data pribadi. Dengan bergabung GenPI, kita bisa menjadi netizen journalist dan berkesempatan jalan-jalan ke destinasi wisata di Indonesia," papar Ebo.

3. Formulasi ideal untuk memperkenalkan pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kehadiran GenPI Kalteng ini sudah dinantikan. Pasalnya, akan bisa menjadi trigger dahsyat memotivasi terbentuknya GenPI di wilayah Kalimantan lainnya.

"Selamat datang GenPi Kalteng. Tunjukan pada Indonesia dan dunia kalau di Kalteng banyak destinasi indah," kata Menpar Arief Yahya yang membawa Kemenpar No 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryofTourism2018 se-Asia Pacific di ajang TTG Travel Award.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap, GenPI Kalteng mempunyai formulasi ideal untuk memperkenalkan pariwisata.

“GenPI Kalteng mungkin masih baru, tapi mereka memiliki potensi besar. Mereka punya formulasi ideal untuk mempromosikan potensi pariwisata. Konsep go digital ini sudah ideal. Sekarang kreativitas mereka yang diperlukan,” pungkas Menpar Arief Yahya.

Topik:

  • Naomi Silitonga
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya