Terbesar di Sumatra, Masjid Sultan Mahmud Dibanjiri Wisman Saat Peresmian

Ternyata ustaz ini yang menarik kehadiran banyak wisman 

Batam, IDN Times - Satu lagi destinasi wisata religi hadir di Kota Batam, yakni Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masjid dengan bangunan yang megah ini disebut-sebut sebagai masjid terbesar di Sumatra.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata mengatakan, penggunaan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah diresmikan hari ini, Jumat (20/9). Menyambut hadirnya masjid megah tersebut, Pemerintah Kota Batam juga memboyong ulama kondang, Ustaz Abdul Somad.

“Ustadz Somad kami undang untuk memberikan tausiah, dalam balutan event Tablig Akbar bertajuk ‘Kemilau Muharam’. Alhamdulillah, hadir pula Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Syafruddin,” ujar Ardiwinata.

1. Kehadiran Ustaz Abdul Somad menjadi peluang bagi biro tour travel Batam

Terbesar di Sumatra, Masjid Sultan Mahmud Dibanjiri Wisman Saat PeresmianIDN Times/Kemenpar

Langkah mendatangkan Ustaz Abdul Somad berpengaruh pada tingkat kunjungan wisman ke Kota Batam. Sebab, antusiasme jemaah cukup tinggi untuk mendengar langsung kajian dari ustaz tersebut.

Biro tour travel di Batam pun melihat jeli peluang ini. Paket trip religi sambil mendengarkan kajian yang disampaikan Ustaz Somad langsung ludes diborong wisman. Jika dikalkulasikan, 2000 wisman turut memadati Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Peminat terbanyak tercatat dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand.

“Untuk mengakomodasi wisman yang banyak tersebut, Disbudpar dibantu Batam Tourism Board (BTB) sudah mempersiapkan teknis penyambutan dan pengarahaan bagi wisman yang datang. Pengaturan di lapangan juga dibantu oleh HPI, dan juga beberapa asosiasi serta organisasi lain,” tutur Ardiwinata.

Ardiwinata menjelaskan, pengaturan penyambutan ini bertujuan mengorganisasi tamu yang baru datang. Sebagai masjid baru, tata letaknya pasti belum familier bagi sebagian besar orang yang hadir.

“Karena itu, kita bentuk petugas yang dapat melayani tamu yang datang. Mereka dapat memberikan informasi di mana letak tempat wudu, toilet, dan sebagainya. Ini demi kenyamanan mereka semua," ungkapnya.

2. Kapasitas Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang perlu kamu tahu

Terbesar di Sumatra, Masjid Sultan Mahmud Dibanjiri Wisman Saat PeresmianIDN Times/Kemenpar

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar mengaku bahagia menyambut hadirnya destinasi religi baru ini. Menurutnya, ruang salat di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah mampu menampung total 24.536 jemaah dengan ruang salat utamanya yang dapatdapat menampung 5.555 jemaah.

“Masjid ini sangat luas. Luas ruang utama masjid mencapai 4.000 meter persegi. Destinasi ini menjadi salah satu andalan kita untuk menarik wisman. Dengan label masjid terbesar di Sumatera, tentu akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pengunjung yang datang ke lokasi ini," ucap Boeralimar.

3. Keunikan dan keistimewaan bangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

Terbesar di Sumatra, Masjid Sultan Mahmud Dibanjiri Wisman Saat PeresmianIDN Times/Kemenpar

Apa yang dibanggakan Boeralimar memang sesuai fakta. Sederet keistimewaan disandang Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, antara lain, tinggi kubah masjid mencapai 41 meter dan memiliki 9 kubah. Terdiri dari 4 kubah gendong, 4 kubah kecil, dan 1 kubah utama yang memiliki diameter 63 x 63 meter.

Ini merupakan kubah terbesar yang ada di seluruh Indonesia. Kubah utama bagian dalam dihiasi panorama birunya langit dan awan berarak, serta hiasan kaligrafi. Secara keseluruhan, bentuk masjid ini mengadopsi Masjid Nabawi.

Salah satu keunikan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, yaitu 8 membran yang berfungsi sebagai penutup pelataran masjid. Masing-masing membran berukuran 25 x 25 meter. Semua membran mampu menutupi pelataran masjid seukuran 5.000 meter persegi. Membran yang digunakan juga terbuat dari bahan terbaik di dunia, dan langsung didatangkan dari Jerman.

Keunikan lain dari masjid ini adalah menara pandang setinggi 99 meter. Angka 99 mewakili Asmaul Husna (nama-nama terbaik Allah SWT). Dari atas menara, pengunjung dapat memandang 360 derajat ke sekitar masjid. Pemandangan spektakuler Batam dapat disaksikan dari atas menara ini. Tersedia lift yang dapat membawa kita ke atasnya.

4. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah potensial bagi perkembangan pariwisata crossborder

Terbesar di Sumatra, Masjid Sultan Mahmud Dibanjiri Wisman Saat PeresmianIDN Times/Kemenpar

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan, hadirnya satu lagi destinasi wisata religi di Batam merupakan angin segar untuk pariwisata crossborder.

“Dengan modal ini, destinasi wisata di Batam akan mendapatkan nilai tambah yang signifikan. Posisinya yang berdekatan negara tetangga dengan mayoritas penduduk Melayu akan memberikan keuntungan sendiri bagi destinasi religi di Batam. Ini merupakan indikasi yang positif bagi perkembangan pariwisata Batam di dunia Internasional,” kata Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Dessy Ruhati.

Menpar Arief Yahya pun menyambut gembira kehadiran Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Kota Batam. Baginya, masjid ini menjadi angin segar untuk perkembangan pariwisata Batam yang dinamis. Dengan hadirnya destinasi ini, kunjungan wisman dipastikan meningkat lebih tinggi lagi ke depan.

"Penyelenggaraan tablig akbar dengan mengundang dai yang familier di mancanegara juga berimbas sangat besar bagi serapan wisman. Event ini akan berefek langsung terhadap sektor pendukung pariwisata lainnya. Seperti tour travel, perhotelan, transportasi, dan restoran," pungkasnya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya