Menpar: Oksigen Melimpah Jadi Sumber Kemakmuran Masyarakat Cangkuang

Destinasi Digital Cangkuang sangat positif dan kaya oksigen

Garut, IDN Times - Suasana Situ Cangkuang Garut hari ini terlihat berbeda. Tampak kendaraan berpelat nomor Garut dan luar Garut. Rupanya ada launching Wisata Digital Cangkuang. Tidak tanggung-tanggung, hadir Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Tema yang diambil ialah ‘Berburu Oksigen di Destinasi Wisata Digital’. Tujuannya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih dan asri, serta mengembalikan Garut dalam nuansa sebagai Swiss Van Java yang INTAN (indah, tertib, aman, dan nyaman).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai kehadiran Destinasi Digital Cangkuang sangat positif. Terlebih, destinasi ini kaya oksigen.

“Oksigen yang melimpah, bisa berpengaruh pada pembentukan SDM yang unggul (sehat). Mengapa hal itu sangat penting? Karena SDM yang unggul adalah kunci keberhasilan  Indonesia maju. Selain itu, oksigen di sini menjadi sumber kehidupan dan kemakmuran masyarakat di Cangkuang,” paparnya.

1. Pasar Wisata Digital Situ Cangkuang Garut tempat wisata yang cocok untuk berburu oksigen

Menpar: Oksigen Melimpah Jadi Sumber Kemakmuran Masyarakat CangkuangIDN Times/Kemenpar

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan Pasar Wisata Digital Situ Cangkuang Garut tempat wisata yang cocok untuk berburu oksigen. Suasananya menyegarkan karena banyak pohon-pohon besar berusia ratusan tahun.

"Pohon-pohon ini peninggalan tokoh penyebar agama Islam di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Pangeran Mbah Arif Muhamad. Beliau merupakan Panglima Kerajaan Mataram," ungkap Bupati Rudy, Senin (2/9).

Lokasi destinasi Wisata Digital Garut ini berada di tengah alam yang rindang dengan pepohonan. Selain itu, berada di lingkungan rumah adat Kampung Pulo yang masih asli.

"Pohon di sini bercabang, banyak berdaun rindang mengeluarkan oksigen yang melimpah. Juga menjadi peneduh bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Selain itu, juga ada jogging track menikmati suasana budaya Kampung Adat," papar Bupati Rudy.

2. Era digitalisasi menjadi bagian terpenting dalam konteks memasarkan destinasi wisata

Menpar: Oksigen Melimpah Jadi Sumber Kemakmuran Masyarakat CangkuangIDN Times/Kemenpar

Pada launching Wisata Digital Cangkuang, pengunjung tidak hanya diberikan edukasi terkait dengan Candi Hindu peninggalan abad 7-8 Masehi atau Museum Situs. Pengunjung juga menyaksikan atraksi seni budaya lokal, seperti Igel Burayot, Tabuh Lisung, serta berswafoto di setiap spot selfie milenial. 

"Di sini kita juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner lokal sambil menghirup oksigen yang berkecukupan membuat sirkulasi darah wisatawan lancar sehingga pikiran tenang dan membuat tubuh wisatawan segar," kata Bupati Rudy.

Di kesempatan yang sama, anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah, memeriahkan suasana dengan suara khasnya dan gaya bicaranya yang komunikatif. Dirinya optimistis pariwisata Garut bisa tumbuh pesat. "Dengan destinasi wisata lebih dari 400 tempat, saya merasa optimistis bahwa Garut akan lebih terkenal lagi di seluruh dunia," katanya.

Menurutnya, Kementerian Pariwisata terus-menerus membantu Garut. Selama tiga kali dalam rangkaian kegiatan yang memberikan bonus dan gebyar kepada Kabupaten Garut, dan ini bisa dikatakan jarang terjadi. "Kemenpar sudah membuktikan mendukung Garut dalam mengembangkan pariwisata. Terbukti dalam tiap kegiatan di Garut selalu dibikin heboh," jelasnya.

Hal tersebut juga menjadi concern Ferdiansyah sebagai anggota DPR RI daerah Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik, dan Kota Tasikmalaya. Tidak bisa dimungkiri era digitalisasi menjadi bagian terpenting dalam konteks memasarkan destinasi wisata. "Besar harapan kami dukungan dari masyarakat pemerintah Kabupaten Garut melalui pariwisata berbasis budaya," ujarnya.

3. Kemenpar memberikan dukungan penuh untuk memajukan pariwisata Garut

Menpar: Oksigen Melimpah Jadi Sumber Kemakmuran Masyarakat CangkuangIDN Times/Kemenpar

Ferdiansyah meyakini, memajukan destinasi di Kabupaten Garut melalui pasar wisata digital ialah langkah tepat. Apalagi langsung mendatangkan seorang endorser terkenal Tyas Mirasih.

"Pariwisata Garut harus diviralkan seluas mungkin lewat media digital. Apalagi dengan dibantu endorser terkenal Tyas Mirasih akan lebih bagus lagi," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani menegaskan Kemenpar memberikan dukungan penuh untuk memajukan pariwisata Garut, termasuk mendatangkan Tyas Mirasih.

“Kita sangat mendukung penuh kegiatan untuk memajukan sektor pariwisata. Termasuk menghadirkan Tyas Mirasih untuk langsung mengangkat Destinasi Wisata Digital Cangkuang. Kita ingin destinasi ini langsung digas, dan dengan kapasitasnya Tyas Mirasih bisa melakukan itu,” papar Rizki Handayani.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya