Pasar Mammesa, Destinasi Digital Baru dari GenPI Enrekang 

Sebanyak 2.000 pengunjung memadati wisata tersebut

Enrekang, IDN Times - Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Enrekang, Sulawesi Selatan, tak mau kalah dengan daerah lain. Komitmen untuk memajukan pariwisata dibuktikan. Salah satunya, dengan meresmikan destinasi digital yang diberi nama Pasar Mammesa.

Pasar Mammesa resmi meluncur Minggu (9/12). Aktivitas perdananya dibuka langsung oleh Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

Ketua GenPI Enrekang, Hardiono, mengaku bangga dengan berdirinya Pasar Mamesa. Menurutnya, inilah salah satu upaya GenPI Enrekang untuk mengembangkan potensi pariwisata. Menurutnya, potensi yang dimiliki Enrekang perlu dikenalkan kepada dunia luar.

1. GenPI Enrekang mencoba kenalkan kuliner, kebudayaan, dan alam lewat destinasi digital

Pasar Mammesa, Destinasi Digital Baru dari GenPI Enrekang makassar.terkini.id

“Melalui destinasi digital Pasar Mammesa, GenPI bisa mengenalkan kuliner, kebudayaan, dan keindahan alam Enrekang kepada khalayak ramai,” ujarnya.

Hardiono melanjutkan, salah satu kekuatan destinasi digital adalah di media sosial. Atraksi maupun kuliner yang ditampilkan dalam destinasi digital dipastikan akan viral, baik itu di Instagram, Facebook, maupun di Twitter.

“Itu sebabnya adalah tepat mempromosikan kearifan lokal melalui destinasi digital,” ujarnya.

2. Kemeriahan yang terjadi saat peluncuran Pasar Mammesa

Pasar Mammesa, Destinasi Digital Baru dari GenPI Enrekang IDN Times/Kemenpar

Peluncuran Pasar Mammesa sendiri berlangsung meriah. Ada pementasan musik bambu 'Bas dan Barutung' serta akustik Nyaman Grup.

Tak tanggung-tanggung, 2.000 pengunjung yang datang memenuhi lokasi pasar di kawasan wisata alam Dante Pine itu. Mereka tampak menikmati kuliner lokal yang disajikan di 10 stan yang ada di pasar itu. Ada Nasu Cemba, Baro’bo Soso’, Dangke, Cindolo Tape, Ketan Mandoti, Kopi kalosi dan masih banyak lagi. Ada juga dua tenant kreatif yaitu kerajinan tangan Baje’ dan Sarabba.

3. Pengunjung enggan pulang karena dimanjakan berbagai wahana seru

Pasar Mammesa, Destinasi Digital Baru dari GenPI Enrekang makassar.terkini.id

Tak hanya itu, pengunjung juga dimanjakan dengan beragam wahana yang tersedia. Beberapa di antaranya adalah Tarzan Swing, Zip Bike, Paint Ball, dan juga Camping area.

Hardiono menambahkan, Pasar Mammesa juga menyediakan banyak spot foto. Tiket masuknya juga murah. Hanya dengan Rp8 ribu saja, pengunjung sudah bisa menikmati suasana unik destinasi digital yang buka setiap hari Minggu dari pukul 14.00-21.00 WITA ini.

“Semoga kehadiran pasar Mammesa menjadi alternatif wisata baru di Enrekang. Selain itu, kahadirannya juga bisa menggeliatkan perekonomian dari masyarakat sekitar,” tutupnya.

“GenPI harus memperlihatkan eksistensinya. Buktikan jika GenPI tidak hanya hebat di dunia online, tetapi juga dalam aktivitas offline. Salah satunya lewat destinasi digital,” katanya.

Tapi, ia berharap destinasi digital yang diluncurkan ini tidak sekadar berdiri.

“Harus sustain. Harus berkelanjutan. Jangan hanya dirilis dan beberapa saat kemudian menghilang. Harus terus semangat,” katanya.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya