Festival Pesona Raja Ampat 2018 Akan Beri Pengalaman Tak Terlupakan

Saatnya berburu tiket promo nih

Raja Ampat, IDN Times - Festival Pesona Raja Ampat kembali hadir pada tanggal 18-21 Oktober 2018. Event tahunan yang dinantikan oleh para traveler ini akan dipusatkan di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo, Papua Barat. Siap-siap! Soalnya akan ada banyak pengalaman tak terlupakan di event ini.

1. Raja Ampat dinobatkan sebagai spot diving terbaik di dunia

Dijelaskan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, daya tarik utama dari Kepulauan Raja Ampat ini adalah keindahan alamnya yang menakjubkan.

"Tapi, Anda juga akan dibawa ke tempat snorkeling dan diving di seluruh pulau. Asal tahu saja, Raja Ampat mendapat gelar tempat snorkeling dan diving terbaik dunia oleh CNN Travel. Inilah surganya para penyelam dan snorkeling," ujar menteri yang memimpin Kementerian Pariwisata Terbaik 2018 di Asia Pasifik, Jumat (21/9).

2. Bisa menyaksikan hewan-hewan laut yang eksotis

Festival ini menawarkan banyak kesempatan untuk eksplorasi laut Raja Ampat. Di sini kamu akan menjumpai paus, lumba-lumba, dugong, kura-kura dan banyak lagi. Selain itu, Raja Ampat juga menjadi jantung segitiga karang dunia. Jadi, keindahan bawah lautnya sudah tak bisa diragukan lagi. 

"Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar tak terlupakan di Festival Pesona Raja Ampat. Ayo berwisata ke Raja Ampat," cetus Menpar Arief Yahya.

3. Terdapat panggung budaya

Tak ketinggalan, akan ada juga pertunjukkan seni dan budaya tradisional. Kemudian ada parade perahu tradisional yang dihias dan beach clean. Selain itu, ada juga pesta rakyat dan bazar bersama ribuan warga lokal.

Akan digelar pula aneka lomba seperti kompetisi underwater photo, lomba foto jurnalistik, lomba memasak makanan laut, lomba menari, kontes seni, dan masih banyak lagi.

4. Menjadi ajang promosi pesona Raja Ampat

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo mengatakan, festival ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kementerian Pariwisata. Tujuannya, untuk terus memperkenalkan keajaiban laut yang murni dan keindahan budaya Raja Ampat ke seluruh dunia.

"Festival ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi pesona Raja Ampat. Selain itu, juga dapat memajukan perekonomian daerah," ujar Yusdi.

Yusdi pun optimis event tahunan ini akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara. Selain itu, acara ini juga menjadi ajang unjuk kreativitas yang tepat bagi masyarakat Raja Ampat.

5. Aksesibilitas Raja Ampat sudah mumpuni

Untuk sampai ke Raja Ampat kamu bisa terlebih dahulu mengambil penerbangan ke Sorong. Lalu disambung dengan pesawat kecil yang akan membawamu ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Selain itu, kamu juga bisa naik kapal feri dari pelabuhan Sorong. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam jika naik speedboat dari Kota Sorong.

"Bila ingin dapat pemandangan menarik, sebaiknya naik kapal. Lumba-lumba bisa dilihat setiap hari. Terutama saat perjalanan dari Sorong ke Raja Ampat. Wisatawan bisa melihat lumba-lumba di perairan lepas," ungkap Yusdi.

6. Raja Ampat punya banyak penginapan terjangkau

Kalau kamu merasa hotel di Raja Ampat itu mahal, maka homestay bisa menjadi pilihanmu. Sebab homestay di Raja Ampat rata-rata menawarkan harga di bawah Rp500 ribu. 

"Menginap di homestay tak hanya murah, tapi juga ada banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di sekitar penginapan. Selain diving dan snorkeling, Anda juga bisa bird watching atau kegiatan melihat burung cendrawasih dari dekat," pungkas Yusdi.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya