Desa Wisata Perjuangan Bakal Angkat Potensi Sejarah di Yogyakarta

Wisata sejarah yang melimpah di Yogya layak dikembangkan

DI Yogyakarta, IDN Times - Sebagai salah satu medan pertempuran di masa perjuangan, DI Yogyakarta memiliki potensi wisata sejarah melimpah yang layak dikembangkan. Salah satunya daerah Selomartani, Sleman. Daerah tersebut merupakan medan gerilya Pasukan Akademi Militer Yogya (MA-Yogya) yang tergabung dalam Satuan Sub-Wehrkreise 104/WK-III. Mereka bertempur dengan Pasukan Belanda pada Perang Kemerdekaan II. Sejarah ini jika dikemas dengan baik bisa menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik wisatawan.

Sebuah focus group discussion (FGD) mengupas potensi tersebut pun digelar di Yogya, 12-13 Agustus 2019. Tema besarnya ialah Survey Jalur Wisata Gerilya Desa Selomartani. FGD tersebut merupakan kolaborasi antara Badan Otorita Borobudur Kemenpar bersama Badan Pengembangan Infastruktur Wilayah Kemenpupera, Akademi Militer (AKMIL) Magelang, Pemprov DI Yogyakarta, Pemkab Sleman, Korem 072/Pamungkas, Ikatan Keluarga Akademi Militer Yogya, dan Komunitas HISTORIA 24249.

"FGD ini merupakan langkah memasukkan destinasi wisata perjuangan ke dalam Master Plan Pengembangan Destinasi Wisata Borobudur–Prambanan– Yogyakarta yang tengah disusun. Karena dengan sebuah kemasan yang baik, sejarah ini dapat menjadi sebuah atraksi memikat bagi wisatawan," kata Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata Indroyono Soesilo.

1. Wisatawan akan melihat visualisasi pertempuran di pertigaan Dusun Sambiroto

Desa Wisata Perjuangan Bakal Angkat Potensi Sejarah di YogyakartaIDN Times/Kemenpar

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman tersebut menambahkan, jejak sejarah perjuangan di Selomartani cukup luas untuk diangkat. Dari mulai medan pertempuran Plataran, medan pertempuran Sambiroto, markas gerilya di Kledokan dan Kringinan, serta dapur umum dan lumbung padi di Gatak. Semua akan diinventarisasi guna dirancang jalur wisata. Selain itu, peragaan luar ruang dan museum akan dibuatkan sehingga menjadi destinasi wisata sejarah menarik sekaligus menggugah semangat kejuangan bagi generasi muda.

"Direncanakan, dalam jalur wisata ini, para wisatawan akan melihat visualisasi pertempuran di pertigaan Dusun Sambiroto antara Gerilyawan MA-Yogya dengan Pasukan Belanda, mengakibatkan gugurnya Vaandrig Cadet Abdoel Djalil dan disitanya buku harian Abdoel Djalil oleh tentara Belanda yang berisi informasi lokasi markas-markas gerilyawan MA-Yogya," kata Indroyono.

2. Para wisatawan nantinya akan menyusuri jalur gerilya

Desa Wisata Perjuangan Bakal Angkat Potensi Sejarah di YogyakartaIDN Times/Kemenpar

Sementara itu, di Markas Gerilya di Dusun Kledokan direncanakan akan dijadikan Museum berisi artefak MA-Yogya. Dalam perjalanan untuk mencapai markas Kledokan, para wisatawan nantinya akan menyusuri jalur gerilya dan disuguhi pemandangan alam pedesaan yang indah, dengan pemandangan Gunung Merapi serta disuguhi kesenian budaya masyarakat sekaligus kuliner versi gerilyawan kala itu.

Di jalur gerilya Gatak–Plataran, divisualisasikan suasana penyerbuan Pasukan Belanda ke Desa Selomartani, pada 24 Februari 1949 pagi hari, dibakarnya lumbung padi Gatak dan pertempuran Plataran yang mengakibatkan gugurnya para perwira remaja dan taruna MA Yogya serta Tentara Pelajar.

Di Dusun Plataran berdiri Monumen Perjuangan Taruna yang diresmikan pada 1977 lalu. Di monumen ini akan di bangun museum guna memvisualisasikan suasana pertempuran Plataran, gerakan Pasukan MA Yogya, dan gerakan Pasukan Belanda, serta artefak, peta pertempuran, koleksi senjata, pesawat “cocor merah” P-51 Mustang AU Belanda dan pesawat capung pemantau milik AU Belanda.

3. Dengan adanya wisata sejarah, potensi Yogya akan makin besar

Desa Wisata Perjuangan Bakal Angkat Potensi Sejarah di YogyakartaIDN Times/Kemenpar

Penyusunan masterplan destinasi wisata perjuangan Desa Selomartani disepakati harus selesai pada Oktober 2019 dan masuk ke dalam Master Plan Pengembangan Destinasi Wisata Borobudur–Yogyakarta–Prambanan.

Dalam rangka peringatan 71 Tahun Pertempuran Plataran, pada 23–24 Februari 2020 yad, para Sejarawan Indonesia – Belanda dan para Keluarga Veteran IKAM Yogya dan Keluarga Veteran Belanda akan berkumpul dan menggelar Seminar di AKMIL Magelang, dilanjutkan dengan napak tilas di Medan Gerilya Desa Selomartani ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun sangat mendukung hal tersebut. Menurutnya, Yogya sebuah destinasi yang sangat lengkap potensinya. Dengan adanya wisata sejarah, potensi Yogya akan makin besar lagi.

"Ini merupakan salah satu potensi besar pariwisata Yogyakarta. Daerah ini merupakan saksi betapa dasyatnya perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Pemetaan ini akan menjadi salah satu bukti paling autentik yang dimiliki Yogja dan akan menjadi sebuah atraksi yang sangat menjanjikan untuk dijual ke wisatawan," ujar Mantan Dirut Telkom itu.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya