Buka FKN 2018, Presiden dan Menpar Naik Kereta Kuda

Gagah banget

Sumenep, IDN Times – Keanekaragaman nusantara tersaji di Sumenep, Jawa Timur, Minggu (28/10). Momennya adalah Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asean 2018. Event ini dibuka langsung Presiden Joko Widodo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Festival ini akan berlangsung hingga 31 Oktober mendatang. Presiden dan Menpar bahkan ikut karnaval dengan menaiki kereta kuda.

1. Bertepatan dengan momentum sumpah pemuda

Buka FKN 2018, Presiden dan Menpar Naik Kereta Kudakabar-cirebon.com

Keanekaragaman sangat kental terasa dalam kegiatan ini. Tercermin dari penampilan Presiden Joko Widodo. Beliau hadir dengan balutan busana Jawa, lengkap dengan sendal khas keraton Jawa. Pakaian itu senada dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga persatuan, kerukunan, antara sesama.

“Ini momen yang baik karena bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Di momen inilah kita harus menjaga persatuan, kerukunan antara kita. Apalagi Indonesia terdiri dari banyak suku, agama dan ras. Kita harus jaga kebudayaan yang sudah kita pegang,” tuturnya.

2. Jokowi mendorong masyarakat untuk tetap menjaga budaya nusantara

Buka FKN 2018, Presiden dan Menpar Naik Kereta Kudatribunnews.com

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berharap bangsa ini tidak kehilangan identitas di tengah pesatnya pertumbuhan teknologi.

“Jangan sampai Indonesia semakin maju dalam hal teknologi, tetapi justru mengalami kemunduran moral. Untuk itu kita harus sama-sama menyikapinya. Dengan tidak menyampaikan ujaran kebencian, berita bohong, dan sebagainya. Justru kita harus saling mendukung untuk bangsa,” kata Presiden.

3. Presiden beserta rombongannya menaiki kereta kencana

Buka FKN 2018, Presiden dan Menpar Naik Kereta KudagenPi.co

Setelah memberikan sambutan, Presiden yang didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, Bupati Sumenep Busyro Karim, Gubernur Jawa Timur Sukarwo, memukul gong tanda dibukanya Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asean 2018.

Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo dan Iriana Joko Widodo naik ke kereta kencana milik Kasultanan Kasepuhan Cirebon. Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Timur dan rombongan lainnya naik di kereta belakangnya.

4. Presiden dan Menpar hadir dengan mengenakan busana adat

Buka FKN 2018, Presiden dan Menpar Naik Kereta Kudamerdeka.com

Presiden Joko Widodo tampil dengan busana adat ditemani Menteri Pariwisata Arief Yahya yang terlihat santai dengan pakaian adat masyarakat Banyuwangi. Lengkap dengan ikat kepalanya. Menteri asal Banyuwangi ini sangat menyambut baik pelaksanaan Festival Keraton Nusantara dan Masyarakat Adat Asean. Karena memiliki dampak yang sangat positif bagi pariwisata Indonesia.

“Wisatawan mancanegara sudah pasti terlibat dalam kegiatan ini. Sebab, melibatkan sejumlah negara Asia Tenggara sebagai peserta. Bahkan kerajaan di Pakistan dan Belgia juga terlibat. Ini luar biasa. Secara pariwisata, Sumenep sangat terangkat,” terangnya.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya