Ini 5 Fakta Sandeq Race 2018, Event Paling Bergengsi di Indonesia

Unik banget nih balapannya

Mamuju, IDN Times – Sejak Sabtu (11/8), perahu-perahu tradisional tercepat di dunia sudah dikayuh. Tepatnya di Pantai Bahari Polman. Tandanya, Sandeq Race 2018 sudah dimulai. Diikuti 22 peserta, balapan ini akan berlangsung selama 7 hari.

1. Sandeq Race tahun ini mengambil rute Polewali - Majene

Ini 5 Fakta Sandeq Race 2018, Event Paling Bergengsi di IndonesiaIDN Times/Kemenpar

Tahun ini, Sandeq Race 2018 tidak mengambil rute Makassar. Rute atau etape yang diambil Polewali-Majene, Sendana dan berakhir di perairan Mamuju.

Pembukaan lomba perahu layar tradisional Mandar ini dimulai dengan mempertunjukan tiga unsur kegiatan. Yakni olahraga, edukasi dan pertunjukan kesenian. Untuk sport, festival ini dikemas dengan sejumlah perlombaan. Salah satu bentuk kegiatan, adalah lomba permainan tradisional, gasing.

2. Perahu Sandeq adalah budaya bahari Mandar yang terus dilestarikan

Ini 5 Fakta Sandeq Race 2018, Event Paling Bergengsi di IndonesiaIDN Times/Kemenpar

"Perahu Sandeq merupakan budaya bahari Mandar. Sedangkan dalam hal pertunjukan seni, menghadirkan sejumlah pertunjukan seni. Kita harap ini menjadi ajang menggerakkan masyarakat mengenal budaya,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Farid Wajdi, Rabu (15/8).

3. Sandeq Race juga diikuti kegiatan penanaman mangrove dan pentas seni lainnya

Pada hari pertama, 11 Agustus 2018, etape lomba segitiga Polewali akan digelar lomba gasing, pentas seni dan penanaman mangrove. Kemudian, 12 Agustus 2018 etape 1 Polewali menuju Majene digelar atraksi kesenian lokal, flashmob SEA Games, tari penjemputan, pelepasan Sandeq Race dan sosialisasi KPU yang digelar oleh KPU Polewali Mandar.

"Pada 13 Agustus 2018 di lomba segitiga Majene, ada pentas seni, panjat pinang, pemutaran film dokumenter dan sosialisasi KPU oleh KPU Provinsi Sulbar," ujar Farid.

Selanjutnya, 14 Agustus 2018 di etape 2 Majene menuju Sendana, ada pesta kuliner rakyat, lomba lepa-lepa, pentas seni, voli pantai digelar oleh kepala desa setempat, lomba senam digelar oleh PKK dan perpustakaan keliling yang ditangani oleh Dinas Perpustakaan.

"Pada 15 Agustus 2018 di etape 3 Sendana menuju Deking, akan ada pentas seni, lomba lepa-lepa, dan pemutaran film dokumenter. Hari terakhir, 17 Agustus 2018 di lomba segitiga Mamuju akan ada lomba mewarnai, lomba segitiga dan hiburan rakyat," tambahnya.

4. Sandeq Race masuk ke dalam Top 100 Wonderful Indonesia Events

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, keseruan event ini telah terbukti. Kegiatan ini pun masuk dalam Top 100 Wonderful Indonesia Events. Dan dipastikan akan lebih meriah dan banyak disaksikan wisatawan.

"Bayangkan saat atraksi budaya dipadukan dengan wisata bahari dan sport tourism, pasti akan sangat menarik. Hal itu bisa disaksikan di Sandeq Race Festival," kata Menpar Arief Yahya.

5. Sekarang semakin mudah untuk menyaksikan Sandeq Race 2018

Untuk menyaksikan Sandeq Race 2018 sekarang lebih mudah. Melalui udara, Mamuju memiliki Bandara Tampa Padang. Sehingga tak perlu khawatir tentang akomodasi, bahkan tersedia puluhan hotel atau penginapan bisa dipilih sesuai selera dan kocek.

"Agenda tahunan ini selalu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara. Ratusan wisatawan asing dari lima negara seperti Rusia, India, Denmark, Malaysia dan Korea Selatan tidak pernah absen menyaksikan Festival Sandeq Race," pungkasnya.

Topik:

  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya