Sinergi Kemenpar dan Guru di Surabaya Samakan Persepsi soal Pariwisata

Apa saja yang akan mereka lakukan, ya?

Jakarta, IDN Times – Kementerian Pariwisata merangkul para guru di Surabaya untuk menyamakan persepsi mengenai sektor pariwisata Indonesia. Mereka akan diberikan bekal dalam Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Bagi Guru di Harris Hotel & Convention Gubeng,  Surabaya, Jawa Timur, pada 19 Juni 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, Kemenpar mempunyai beberapa kegiatan untuk meningkatkan kapasitas SDM. Salah satunya pelatihan buat guru. Menurutnya, hal tersebut sangat strategis untuk menyatukan pemahaman tentang pariwisata yang baik dan benar.

“Oleh karena itu, kita bersinergi dengan Dinas Pariwisata dan Budaya, juga dengan Dinas Pendidikan. Ini bentuk sinergitas di lapangan. Karena kalau bicara pariwisata, sangat panjang dan lebar. Dan melibatkan banyak hal,” kata Giri, Jumat (14/6).

1. Guru bisa ikut meningkatkan pariwisata

Sinergi Kemenpar dan Guru di Surabaya Samakan Persepsi soal Pariwisatagstatic.com

Giri menerangkan, tahun ini ialah tahun SDM. Oleh karena itu, pelatihan yang digelar Kementerian Pariwisata sangat penting.

“Pariwisata itu multiplier effect-nya besar. Terutama secara ekonomi. Karena, pariwisata menyentuh siapa saja. Dan semua bisa di-create sebagai pariwisata. Hal ini sejalan dengan Jawa Barat yang menjadi Provinsi Pariwisata,” tutur Giri.

Giri juga menilai pariwisata unik dan bisa mengatasi pengangguran.

“Sebagai provinsi pariwisata, Jawa Timur punya sesuatu. Teman-teman tolong perhatikan pelatihan ini. Bagaimana fungsi guru meningkatkan pariwisata. Apalagi pariwisata bisa masuk dalam berbagai sektor,” tutur Giri.

2. Guru dapat beri pemahaman utuh soal pariwisata kepada siswa

Sinergi Kemenpar dan Guru di Surabaya Samakan Persepsi soal Pariwisatapixabay.com/felixioncool

Giri mengatakan bahwa guru dapat memberi pemahaman utuh kepada siswanya mengenai pariwisata.

“Kita sampaikan jika pariwisata adalah sektor yang sangat menjanjikan di masa depan. Sektor yang bisa merangkul siapa saja dan sektor mana saja. Namun, kita ingin ada persepsi yang sama soal pariwisata. Dan guru bisa menjadi penyambung informasi itu,” tutur Giri.

3. Menpar apresiasi guru yang bersinergi dengan Kemenpar

Sinergi Kemenpar dan Guru di Surabaya Samakan Persepsi soal PariwisataIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi atas keterlibatan para guru. Sebab, informasi yang mereka terima bisa langsung disampaikan ke para siswa.

“Sampaikan jika pariwisata adalah masa depan bangsa. Pariwisata adalah core economy yang akan menjadi penyumbang devisa nomor satu di Indonesia. Kita membutuhkan SDM-SDM andal untuk menanganinya. Dan kita membutuhkan guru untuk memberikan informasi itu,” kata Menpar.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya