2 Stan di Festival Wonderful Indonesia Atambua Ini Diincar Wisatawan

Serbu paket sembako murah dan stan pakaian bekas

Atambua, IDN Times – Festival Wonderful Indonesia kembali digelar di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Festival ini digelar selama dua hari, yakni hari Senin dan Selasa tanggal 14-15 Oktober 2019. Lokasinya berada di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain. Di antara beragam stan yang ada, stan pakaian termasuk yang paling banyak peminat.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani, berharap Festival Wonderful Indonesia bisa berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

“Salah satu indikasi suksesnya sebuah acara adalah impact yang dirasakan masyarakat. Festival Wonderful Indonesia bertujuan untuk membantu masyarakat mengangkat potensi yang mereka miliki. Selain tentunya turut meramaikan border area,” papar wanita berhijab itu, Senin (14/10).

1. Meski tergolong baru, stan pakaian bekas banyak peminatnya

2 Stan di Festival Wonderful Indonesia Atambua Ini Diincar WisatawanIDN Times/Kemenpar

Stand pakaian termasuk baru di Festival Wonderful Indonesia. Stan ini dihadirkan berdasarkan evaluasi dan masukan dari sejumlah pihak. Hal itu disampaikan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar, Muh. Ricky Fauziyani.

“Kita mendapatkan banyak masukan untuk pengisi bazar. Salah satu yang baru adalah stan pakaian bekas ini. Dan benar saja, stan ini cukup ramai. Banyak peminatnya. Kita berharap aktivitas akan semakin naik saat hari pasar nanti,” tutur Ricky, didampingi Kabid Pemasaran Area II di Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar, Hendry Noviardi. 

2. Berbagai paket sembako juga dijual dengan harga terjangkau

2 Stan di Festival Wonderful Indonesia Atambua Ini Diincar WisatawanIDN Times/Kemenpar

Selain pakaian, stan lain yang paling banyak dikunjungi pada hari pertama adalah stan sembako. Stan ini juga termasuk baru. Bahan-bahan pokok dijual dalam paket.

“Ini salah satu terobosan. Kita menjual paket-paket sembako. Yang pastinya kita jual lebih murah dari tempat lain. Paket ini juga termasuk daya tarik baru dari Festival Wonderful Indonesia,” tutur Ricky Fauziyani lagi.

Paket-paket sembako ini dijual dengan variasi harga dan isi. Yang termurah dijual dari harga Rp5000. Sedangkan yang termahal ‘hanya’ Rp20.000. Festival juga menjual makanan dan minuman segar, serta cendera mata khas NTT.

3. Pelaksanaan Festival Wonderful Indonesia sengaja dilangsungkan di beberapa crossborder

2 Stan di Festival Wonderful Indonesia Atambua Ini Diincar WisatawanIDN Times/Kemenpar

Festival Wonderful Indonesia sendiri masih akan dilangsungkan beberapa kali. Pelaksanaannya tersebar. Dari Atambua, Festival Wonderful Indonesia juga akan menyambangi PLBN Motamasin di Malaka dan Napan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kementerian Pariwisata akan meramaikan wilayah perbatasan dengan berbagai kegiatan. Tujuannya untuk menghadirkan lebih banyak pelintas batas.

“Potensi wisatawan crossborder itu sangat tinggi. Karena masyarakat perbatasan itu memiliki kedekatan, baik secara budaya maupun kebiasaan. Hal itulah yang harus dimanfaatkan. Caranya dengan menghadirkan atraksi. Salah satunya seperti Festival Wonderful Indonesia,” katanya.

Salah satu alasan Kementerian Pariwisata serius menggarap wilayah perbatasan adalah jaraknya yang relatif dekat dengan Indonesia.

“Buat wisatawan perbatasan, ke Indonesia itu murah dan dekat. Oleh karena itu, perlu daya tarik buat mereka datang. Jika tergarap dengan baik, tentu wisatawan crossborder akan menguntungkan,” terangnya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya