Serius Garap Pariwisata, Sulsel Rilis CoE 2019

Sulawesi Selatan akan menggelar 14 event utama untuk 2019

Jakarta, IDN Times – Sulawesi Selatan bakal “memanaskan” pariwisata Indonesia sepanjang 2019 dengan beragam atraksi yang telah disiapkan. Semua dirangkum dalam Calendar of Event Sulawesi Selatan 2019 yang resmi dirilis pada Jumat (26/4) di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Total, Sulawesi Selatan akan menggelar 14 ajang utama untuk 2019. Salah satunya masuk dalam Top 10 Wonderful Event Indonesia, yaitu Eight Festival atau Festival Eight (F8). Event ini akan berlangsung 4-8 September di Pantai Losari, Makassar.

Selain itu, ada tiga ajang lain yang masuk dalam Calendar of Event Wonderful 2019, yaitu Toraja International Festival, 19-21 Juli di Rantepao, Toraja Utara; Festival Phinisi, 12-15 September di Bulukumba; dan Festival Takabonerate, 24-28 Oktober di Kabupaten Selayar.

1. Jumlah event di Sulsel yang masuk Calendar of Event Nasional bertambah

Serius Garap Pariwisata, Sulsel Rilis CoE 2019tour.dolandolen.com

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani memberikan apresiasi atas peluncuran CoE Sulawesi Selatan 2019.

“Sulawesi Selatan sangat serius menggarap sektor pariwisata. Buktinya, jumlah event yang masuk dalam Calendar of Event Nasional bertambah. Tentu hal tersebut harus diapresiasi,” ujar Rizki, Jumat (26/4).

2. Wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan akan bertambah

Serius Garap Pariwisata, Sulsel Rilis CoE 2019genpi.co

Dengan keseriusan ini, Rizki yakin wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan akan bertambah.

“Jadwal harus pasti. Karena jadwal sangat berpengaruh pada kunjungan wisatawan. Khususnya wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Untuk diketahui, wisatawan asal Malaysia mendominasi kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Selatan. Pada 2018, kunjungan wisatawan Malaysia 7.814 orang. Di bawahnya, ada wisatawan Singapura berjumlah 693 orang. Sulawesi Selatan juga menjadi pilihan wisatawan asal Korea Selatan, Jerman, Perancis, dan Belanda.

Kunjungan wisatawan nusantara ke Sulawesi Selatan juga sangat besar, yakni 10.073.934 orang pada 2018.

3. Kementerian Pariwisata dukung daerah yang memperhatikan sektor pariwisata

Serius Garap Pariwisata, Sulsel Rilis CoE 2019IDN TImes/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasi untuk Sulawesi Selatan.

“Sulawesi Selatan sangat serius menggarap sektor pariwisata. Hal ini dibuktikan dengan empat event mereka yang ditetapkan sebagai event nasional. Bahkan satu di antaranya masuk dalam Top 10 Wonderful Event Nasional. Kementerian Pariwisata tentu memberikan dukungan kepada daerah yang memperhatikan sektor pariwisata. Seperti yang dilakukan Sulsel,” tutur Menpar.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya