Dengan DAK Pariwisata, Kemenpar Bangun Taman Wisata Mangrove di Papua

Destinasi wisata ini primadona baru di Sorong #Kemenpar

Sorong, IDN Times - Setelah Taman Wisata Mangrove Klawalu diresmikan pada Kamis (16/5), pariwisata Sorong, Papua Barat, kini makin moncer. Destinasi wisata yang dibangun dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu diharapkan menjadi primadona baru di Sorong. Apalagi Taman Wisata Mangrove Klawalu menjadi taman wisata mangrove pertama di tanah Papua.

"Taman Wisata Mangrove ini merupakan destinasi wisata baru yang pertama kali ada di seluruh tanah Papua. Destinasi ini dibangun dengan DAK Pariwisata Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 2.615.850.000," kata Deputi Bidang Pengembangan  Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, Jumat (17/5).

1. Sebagai tempat masuk wisatawan ke Raja Ampat, Taman Wisata Mangrove Klawalu amat penting

Dengan DAK Pariwisata, Kemenpar Bangun Taman Wisata Mangrove di Papuaberitatrans.com

Dadang menambahkan, pembangunan destinasi ini menjadi sangat penting. Pasalnya Sorong merupakan entry point wisatawan ke Raja Ampat. Dengan begitu, wisatawan diharapkan tidak hanya lewat, tetapi juga berkunjung ke Sorong. Imbasnya perkembangan perekonomian masyarakat dari pariwisata.

"Tentunya ini merupakan peluang bagi Sorong. Maka dari itu, Kemenpar akan terus mendorong peningkatan destinasi di Sorong. Dengan itu diharapkan pariwisata Sorong juga akan kecipratan rezeki dari wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat," ucap Dadang.

Soal pesona, Taman Wisata Mangrove Klawalu memang luar biasa. Berada di Jalan Malibela Kelurahan Klawalu Kota Sorong destinasi ini menawarkan pesona hutan mangrove yang asri. Pada pelantaran kayu yang panjang membuat destinasi ini makin instagramable. Fasilitasnya pun lengkap. Dari mulai lahan parkir, toilet, dermaga, hingga gazebo siap memanjakan wisatawan.

"Taman Wisata Mangrove Klawalu ini memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan. Di satu sisi destinasi ini makin memberikan pilihan yang tidak monoton bagi wisatawan. Tentunya juga untuk mendukung Sorong sebagai salah satu destinasi baru di Papua Barat," ujar Asdep Pengembangan Destinasi Regional III Harwan Ekon Cahyo Wirasto.

2. Taman Wisata Mangrove Klawalu akan menarik hati wisatawan

Dengan DAK Pariwisata, Kemenpar Bangun Taman Wisata Mangrove di Papuarri.co.id

Bagi Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, kehadiran taman wisata ini akan memperkuat posisi Sorong. Dengan diresmikannya destinasi ini akan makin menarik wisatawan nusantara ke Sorong sehingga akan memberi pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Wali Kota pun berjanji untuk menyelesaikan kekurangan fasilitas fisik yang belum lengkap.

Wali Kota pun memerintahkan Kepala Dinas PUPR untuk segera mengaspal jalan menuju ke lokasi taman wisata mangrove. Demikian pula Kepala Dinas Perhubungan secepatnya membangun dermaga untuk kapal-kapal wisata dari Raja Ampat. Dengan begitu, wisatawan dari Raja Ampat dapat lebih mudah berkunjung.

"MOU antara Pemerintah Kota Sorong dan Pemilik Hak Ulayat terkait pembagian hasil dari retribusi masuk taman wisata juga harus segera selesai. Saya juga berharap adanya dukungan dari pemerintah pusat--dalam hal ini Kementerian Pariwisata RI--melalui Deputi Destinasi Pariwisata untuk pembangunan destinasi wisata baru lainnya ke depan. Terima kasih Kemenpar yang telah membangun destinasi ini," kata Lambert.

Sementara itu, pemilik hak ulayat, Yonas Malibela, menyampaikan bahwa dirinya siap bekerja sama dengan Kemenpar dan Pemerintah Daerah Kota Sorong. Dengan begitu, destinasi ini makin berkembang.

"Saya selaku pemilik hak ulayat telah menghibahkan lahan seluas 5 hektar kepada Pemerintah Kota Sorong untuk membangun destinasi wisata karena akan memberikan manfaat bagi anak-cucu kami turun-temurun," ucap Yonas.

3. Kemenpar akomodasi pariwisata daerah dengan memoles destinasi wisatanya

Dengan DAK Pariwisata, Kemenpar Bangun Taman Wisata Mangrove di PapuaIDN Times/Kemenpar

Bagi Menteri Pariwisata Arief Yahya, pembangunan ini merupakan bukti aktifnya Kemenpar memoles destinasi wisata yang ada. Walaupun dana yang dikucurkan terbatas, Kemenpar berusaha untuk mengakomodasi semua.

Apalagi fenomena saat ini, semua daerah berlomba untuk membangun pariwisata di daerah mereka masing-masing. Demam pariwisata merasuk ke daerah di tingkat pemprov, pemkot, dan pemkab. Hal ini terlihat dari usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) pariwisata tahun 2019. Usulan dari daerah yang naik 100 kali lipat dibandingkan dengan usulan tahun lalu.

Usulan daerah untuk DAK Pariwisata tahun 2019 sebanyak 487 daerah, antara lain terdiri dari 27 provinsi dan 460 kabupaten/kota. Semua mengusulkan DAK Reguler dengan total nilai Rp 36,63 triliun. Selain itu, 61 daerah yang terdiri dari 9 provinsi serta 52 kabupaten/kota mengusulkan DAK Penugasan total senilai Rp 827,61 miliar.

"Untuk DAK pariwisata kita cuma punya anggaran Rp 1,003 triliun. Makanya Kemenpar pun tak dapat mengakomodasi semua. Kami utamakan yang utama. Terutama yang CEO daerahnya memiliki komitmen membangun pariwisata," ucap Menteri asal Banyuwangi itu.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya