Ini 5 Hal Kekinian di Kota Jogja, Kamu Udah Pernah Coba?

Jadi pengen ke sana deh

Bantul, IDN Times - Pasar Kakilangit di Desa Mangunan, Bantul, Yogyakarta kedatangan tamu spesial, Selasa (31/7). Destinasi digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja ini kedatangan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Kehadiran Menpar membuat suasana Pasar Kakilangit menjadi sangat meriah. Ratusan masyarakat mengenakan pakaian adat Jawa dan kaos GenPI menyambut di Pasar Kakilangit. Apalagi dengan banyaknya kegiatan seru yang semakin memeriahkan suasana.

1. Flash Mob menyambut Arief Yahya

Ini 5 Hal Kekinian di Kota Jogja, Kamu Udah Pernah Coba?IDN Times/Kemenpar

Menpar Arief Yahya disambut berbagai kegiatan. Mulai dari Flash Mob Asian Games, penampilan Gamelan serta tari tradisional anak-anak, keroncong hingga band hiburan. Artis Yuki Kato ikut menyemarakkan acara yang bertajuk "Jagongan Destinasi Digital" itu.

"Ini baru keren, beken, paten. Jogja memang selalu punya kejutan. Punya aura yang menarik untuk dinikmati. Terlebih dengan adanya destinasi digital Pasar Kakilangit besutan GenPI Jogja ini," kata Menpar Arief Yahya.

2. Berbagai menu tradisional Pasar Kakilangit

Menteri asal Banyuwangi tersebut tampak menikmati kunjungannya ke Pasar Kakilangit. Berbalut suasana senja, Menpar berkeliling mencoba berbagai menu tradisional khas Pasar Kakilangit.

Sego Buntil, Bledak, Bubur Sayur, Mi Des, Soto, Lotek, Sego Bakar, Gudeg Manggar, Jadah Tempe, Kicak, Tahu Guling, Tiwul, Mie Lethek Goreng, dan Brongkos adalah sebagian kecil kuliner khas yang ada di destinasi digital itu. Dan semua merupakan racikan dari masyarakat sekitar Pasar Kakilangit.

"Ini yang spesial dari Pasar Kakilangit. Yaitu mampu melengkapi destinasi wisata di kawasan Mangunan. Selama ini, wisatawan yang datang hanya dapat menikmati spot untuk berfoto. Pasar Kakilangit melengkapi hal itu dengan kuliner khas masyarakat Mangunan," ungkapnya.

3. Kakilangit berhasil mengembangkan perekonomian masyarakat

Menpar pun mengapresiasi performa positif yang ditampilkan oleh Pasar Kakilangit. Sebab, terbukti mampu mendorong pengembangan perekonomian masyarakat sekitar. Dengan menyediakan wadah bagi masyarakat sekitar untuk berjualan, sekaligus memasarkannya melalui media sosial.

“Berikan manfaat ekonomi sebesar besarnya bagi masyarakat sekitar. Media value yang kini berperan penting di era digital akan otomatis menjadi milik GenPI, karena GenPI lah yang telah mengorkestrasi ini semua," ujar Menpar.

4. Pasar Kakilangit tampil lebih kekinian

Senyum lebar pun terpancar dari Koordinator GenPI Jogja Nunung Elizabeth. Ia yakin setelah kunjungan Menpar, Pasar Kakilangit akan segera berakselerasi.

“Ini merupakan edisi spesial. Sekaligus momentum untuk mengangkat nama Pasar Kakilangit sehingga makin dikenal masyarakat dan wisatawan. Makanya semua kami set maksimal. Bukan saja sajiannya tetapi juga kita make over Pasar Kakilangit sehingga lebih fresh,” ujar wanita yang akrab disapa Elza itu.

Pasar Kakilangit memang tampil makin istimewa. Penambahan spot-spot foto baru menjadikan Pasar Kakilangit makin instagramable. Elza menambahkan hadirnya wajah baru di Pasar Kakilangit juga menjadi penanda era baru. Era dimana Pasar Kakilangit tidak hanya terbatas pada rutinitas pasar di tiap akhir pekan saja.

5. Jogja menyiapkan 7 pasar baru

“Kini Pasar Kakilangit juga bisa digunakan untuk agenda lain seperti outbond, wisata edukasi, maupun kegiatan sejenis lainnya. Kita membuka pintu seluas luasnya bagi semua pihak yang ingin bekerjasama dengan Pasar Kakilangit," imbuh Elza.

Suksesnya Pasar Kakilangit tidak serta merta membuat mereka terlena, bahkan membuat mereka semakin terpecut lagi. Skema menarik telah mereka persiapkan untuk menambah daya dobrak pariwisata Jogja. Tidak tanggung-tanggung mereka telah menyiapkan 7 pasar baru di seluruh Jogja.

"Pasar Kakilangit adalah pilot project kami. Kedepan kami sudah menyiapkan 7 embrio pasar baru. Yaitu Pasar Munthuk Bambu Art Space, Muntuk, Bantul, Pasar Laguna Depok, Bantul, Pasar Pampang, Gunungkidul, Pasar Ngingrong, Gunungkidul, Pasar Telaga Jonge, Gunungkidul, Pasar Banyunibo, Sleman, dan Pasar Nglinggo, Kulon Progo. Kami akan terus bekerja membangun pariwisata Jogja," ucap Elza.

Topik:

  • Ajeng
  • Anindya Roswita Putri

Berita Terkini Lainnya