Russell Bell dan 2.000 Peserta Bakal Balap Sepeda di Tour de Bintan

48 negara ambil bagian dalam ajang ini

Bintan, IDN Times – Tingginya pamor Tour de Bintan 2019 terlihat dari banyaknya warga negara asing yang mendaftar sebagai peserta. Tidak kurang 2.000 peserta dari 48 negara bakal ambil bagian dalam ajang yang akan digelar dari 29-31 Maret mendatang ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan Wan Rudy mengatakan bahwa rata-rata usia peserta yang mengikuti Tour de Bintan 2019 ialah 40 tahun. Peserta tertua asal Inggris berusia 73 tahun, Russell Bell, akan berpartisipasi dalam Tour 3 Hari. Adapun peserta termuda berumur 16 tahun, Ryan Wippell, akan mengikuti Challenge 82 km.

1. Seperti tahun sebelumnya, Tour de Bintan akan dongkrak kunjungan wisatawan

Russell Bell dan 2.000 Peserta Bakal Balap Sepeda di Tour de Bintanbvcoaching.in

Sementara itu, lima negara dengan peserta terbanyak adalah Singapura (22 persen), Inggris Raya (18 persen), Indonesia (11 persen), Australia (10 persen), Jepang (5 persen), USA (4 persen), Malaysia (3,2 persen), Prancis (3,2 persen), Jerman (2,7 persen), dan Filipina (2,6 persen).

“Tour de Bintan 2019 jelas akan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, khususnya mancanegara. Mereka yang datang ke Bintan tentu bukan hanya peserta, melainkan juga kemungkinan membawa keluarga dan official dari masing-masing negara,” ujarnya, Senin (25/3).

2. Tour de Bintan potensial bagi promosi pariwisata Bintan

Russell Bell dan 2.000 Peserta Bakal Balap Sepeda di Tour de BintanIDN Times/Kemenpar

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan bahwa Tour de Bintan selalu mempunyai warna tersendiri. Apalagi, ajang ini diikuti para pebalap top dunia. Hal Ini tentu menjadi sinyal positif bagi promosi pariwisata Bintan.

"Yang menarik, kegiatan ini juga menjadi kualifikasi kejuaraan dunia UCI Gran Fondo. Di mana, hanya ada dua event di Asia dan 21 event di dunia yang merupakan bagian dari Seri Dunia UCI Gran Fondo tersebut. Tour de Bintan sendiri menjadi salah satu event yang tergabung di dalamnya. Bayangkan efek promosi yang didapatkan," tuturnya.

3. Keindahan alam akan memanjakan mata wisatawan

Russell Bell dan 2.000 Peserta Bakal Balap Sepeda di Tour de Bintanmedium.com/seputarmedan

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menyatakan, keuntungan dobel akan peserta raih dari ajang ini. Selain bisa mengukir prestasi, mereka dapat menikmati keindahan alam dengan jalan dan rute yang ditata lebih baik. Sejumlah resorts kelas internasional yang mengagumkan juga tersedia.

“Dengan adanya kejuaraan ini, kawasan Lagoi khususnya Bintan Lagoon Resort akan terangkat. Sejauh ini, sport tourism selalu membawa multiefek yang besar. Dampak langsungnya hotel menjadi penuh, karena pebalap juga membawa keluarga serta official,” ungkapnya.

4. Bintan makin populer karena sport tourism

Russell Bell dan 2.000 Peserta Bakal Balap Sepeda di Tour de BintanIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara. Terbukti, dari tahun ke tahun kunjungan wisman ke Bintan terus meningkat. Hal ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat.

“Sebagai sport event, yang terbesar dicari adalah indirect impact, atau yang lebih sering disebut sebagai media value. Itulah yang tersebar luas di seluruh dunia, dan membuat pamor Indonesia khususnya Bintan makin tenar,” tutur Menpar Arief.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya