Tradisi Mengubur Jenazah di Tebing  Mengisi Gelaran TIF 2019

Toraja melestarikan kekayaan budayanya luar biasa

Toraja, IDN Times – Siapa yang tidak mengenal tradisi mengubur jenazah di tebing asal Toraja, Sulawesi Selatan. Tradisi tersebut menjelma menjadi atraksi budaya. Bahkan mampu menarik minat wisatawan mancanegara. Waktu terbaik untuk menikmati atraksi ini adalah saat digelarnya Toraja International Festival 2019, 19-21 Juli.

Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Kemenpar Don Kardono, Toraja adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Karena, memiliki budaya yang terjaga sangat rapi.

“Toraja sangat kaya akan budaya. Dan telah menjadi atraksi utama di sana. Daya tariknya sangat luar biasa. Toraja sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dan atraksi yang wajib dilihat adalah pemakaman di tebing,” katanya, Jumat (19/7).

1. Rekomendasi destinasi Toraja yang pertama adalah Lemo

Tradisi Mengubur Jenazah di Tebing  Mengisi Gelaran TIF 2019IDN Times/Kemenpar

Di tempat ini, kalian bisa melihat lokasi pemakaman di tebing yang sangat alamiah. Lokasinya berada di antara persawahan penduduk. Di deretan tebing itu, terpampang deretan patung. Tahukah kalian makna dari ukiran patung itu?

Salah satu pembuat patung tersebut bernama Anton, warga Kampung Lemo, Toraja. Anton memiliki show room tak jauh tebing. Di sana, ia memajang patung hasil pahatannya. Menurutnya, patung-patung yang terpasang di tebing adalah gambaran jenazah yang dikubur semasa hidup.

“Kalau dulu, bentuknya memang kasar. Tapi kalau sekarang kita buat semirip mungkin. Seperti wajah asli jenazah saat dia hidup,” papar Anton, Jumat (19/7).

Menurutnya, tidak semua jenazah bisa dibuat patung. Hanya bangsawan atau tokoh saja. Proses pembuatannya juga tidak sebentar. Memakan waktu hingga 2 bulan. Dari pembuatan patung sampai proses pemakaman memakan biaya hingga Rp20 juta.

“Di Toraja, seorang yang meninggal tidak langsung dikubur. Mereka mengumpulkan biaya. Karena nanti proses pemakaman harus beserta pemasangan patung,” jelasnya.

2. Pemakaman dilakukan berdasarkan kasta di Londa

Tradisi Mengubur Jenazah di Tebing  Mengisi Gelaran TIF 2019IndonesiaKaya.com

Asdep Pemasaran I Regional III Kemenpar, Muh. Ricky Fauziyani mengatakan budaya yang ada di Toraja sangat unik.

“Budaya Toraja sangat berbeda jika dibandingkan budaya di daerah lain. Hal ini membuat value budaya Toraja sangat tinggi,” ujar Ricky.

Nah, jika kalian penasaran dengan bagian dalam tebing, kalian disarankan melanjutkan perjalanan ke Londa. Di sini, kalian akan menemui gua. Londa adalah pemakaman keluarga dan kerabat-kerabat dalam satu keluarga. Namun, pemakaman dilakukan berdasarkan kasta. Anggota keluarga dengan kasta tertinggi akan menempati paling atas dari tebing.

3. Kekayaan budaya Toraja luar biasa

Tradisi Mengubur Jenazah di Tebing  Mengisi Gelaran TIF 2019IDN Times/Kemenpar

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar, Esthy Reko Astuty, mengatakan kekayaan budaya Toraja sangat luar biasa.

“Banyak wisatawan yang datang ke Toraja hanya untuk melihat kekayaan budayanya. Nilai jualnya sangat tinggi. Karena, budayanya terjaga dengan sangat baik,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan nilai budaya sangat tinggi. Karenanya, Menpar sangat mengapresiasi pelaksanaan Toraja International Festival 2019.

“Budaya itu semakin dilestarikan, semakin menghasilkan. Dan akan semakin tinggi nilainya. Hal ini dilakukan di Toraja. Pariwisata di sana sangat ditunjang pariwisata. Dan Toraja mampu melestarikan budayanya dengan sangat baik,” ujar mantan Dirut PT Telkom itu.

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya