Serunya Berkunjung ke Ujung Barat Indonesia, Tugu Kilometer 0

Yuk main ke Sabang

Sabang, IDN Times – Pasti kalian pernah dengar lagu Dari Sabang Sampai Merauke? Kalian juga pasti tahu kalau di Sabang terdapat Kilometer 0 Indonesia? Biar gak penasaran, yuk kita mengenal lebih dekat Kilometer 0 Indonesia. Oh iya, kalian yang sedang menyaksikan Sabang International Freediving Competition, jangan lupa mampir ya.

1. Tugu kilometer 0 punya pemandangan yang indah

Serunya Berkunjung ke Ujung Barat Indonesia, Tugu Kilometer 0Shutterstock/TAUFIK ART

Destinasi Kilometer 0 Indonesia bisa kita sebut sebagai ujung paling barat Indonesia. Lokasinya di Pulau Weh, Sabang. Kilometer 0 Indonesia adalah menjadi bagian dari kawasan wisata Iboih. Karena itu lokasinya gak jauh dari Pantai Iboih. Salah satu lokasi snorkling favorit di Sabang.

Di Kilometer 0 Indonesia, terdapat tugu atau monumen yang sangat besar. Di atasnya, terdapat motif rencong, senjata khas Aceh. Tugu ini bisa dinaiki lho, meskipun gak sampai puncaknya. Kita hanya sampai di tengah saja. Tapi, jangan khawatir, keindahan sudah tersaji jelas disana. Salah satunya pemandangan Samudera Hindia.

2. Tugu kilometer 0 jadi destinasi wajib di Sabang

Serunya Berkunjung ke Ujung Barat Indonesia, Tugu Kilometer 0IDN Times/Kemenpar

Menurut Kabid Pemasaran Area I Regional I Kementerian Pariwisata Alfin Merancia, destinasi ini wajib dikunjungi saat berada di Sabang.

“Jika sedang di Sabang, wajib rasanya berkunjung ke tugu Kilometer 0 Indonesia. Tugu Ini menandakan kamu sedang berada di ujung barat Indonesia. Tugu yang sama ada di Merauke, yang menandakan ujung timur Indonesia. Belum sah rasanya kalau ke Sabang tapi tidak singgah kesana,” tutur Alfin, Kamis (1/11).

Untuk mencapai tempat ini, kita harus menempuh perjalanan selama 45 menit hingga satu jam. Namun, gak ada angkutan umum kesana. Jadi, silahkan mencari rental mobil, atau menyewa motor yang sudah di modifikasi. Cara terakhir ini kerap dipilih oleh wisawatan mancanegara.

3. Lebih asik dinikmati sambil mengendarai motor

Serunya Berkunjung ke Ujung Barat Indonesia, Tugu Kilometer 0Shutterstock/Alexander Kirch

Ada alasan mengapa wisatawan mancanegara memilih naik motor. Pertama, jelas karena pemandangannya yang eksotis. Kedua, jalur menuju lokasi sangat rindang. Maklum untuk mencapai Kilometer 0 Indonesia kita akan melewati kawasan hutan lindung.

Alasan ketiga inilah yang paling seru. Sepanjang perjalanan, kita akan menemui kumpulan kera liar yang sering bergerombol di pinggir jalan.  

“Perjalanan ke Kilometer 0 Indonesia sangat asyik. Kalian bisa menjadikan ini sebuah misi juga. Di tugu Kilometer  0 Indonesia, kita bisa mendapatkan sertifikat dengan membayar sedikit administrasi. Sertifikat ini di tanda tangani oleh Walikota Sabang,” terang Alfin.

4. Kunjungi juga tugu yang sama di Merauke

Serunya Berkunjung ke Ujung Barat Indonesia, Tugu Kilometer 0travelusmuliawan.com

Buat kalian yang ingin berbelanja oleh-oleh sambil bersantai, jangan khawatir. Gak jauh dari monumen ada tempat penjualan souvenir dan kantin. Cocok untuk melepas penat sambil berburu oleh-oleh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Kilometer 0 Indonesia adalah daya tarik Sabang.

“Sebuah tugu yang monumental. Tugu yang sangat identik dengan Sabang. Bila kalian sudah kesini, ada baiknya dilengkapi dengan tugu yang sama di Merauke. Jadi, lengkaplah penjelajahan Indonesia,” katanya.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya