Comscore Tracker

Wonderful Sail To Abang Island 2019 akan Semarakkan Kepulauan Abang 

51 kapal yacht dunia mengikuti kegiatan tersebut

Batam, IDN Times - Wonderful Sail To Abang Island 2019 akan membuat Gugusan Kepulauan Abang semarak di bulan depan. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Pulau Abang Besar pada 1-4 November 2019.

Wonderful Sail To Abang Island diikuti 51 kapal yacht dunia yang berasal dari beberapa negara, di antaranya Australia, USA, Kanada, Inggris, Selandia Baru, Swedia, Norwegia, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Belgia, dan Italia.

Batam mencatatkan sejarah dalam pergelaran kapal layar bonafide tersebut melalui Gugusan Pulau Abang-nya. Para yachters dunia akan melewati perairan Batam, bahkan mereka akan anchoring selama empat hari di Pulau Abang Besar.

1. Sebanyak 51 yachts dari 13 negara dijadwalkan memenuhi beranda depan laut Gugusan Pulau Abang dari 1-4 November

Wonderful Sail To Abang Island 2019 akan Semarakkan Kepulauan Abang IDN Times/Kemenpar

Untuk kali pertama, satu-satunya kawasan konservasi laut Batam ini bakal jadi titik labuh yacht rally kelas dunia bertajuk ‘Wonderful Sail to Indonesia’, tajaan Kementerian Pariwisata dan Kemenko Maritim.

Bertahun-tahun, Gugusan Pulau Abang ‘diluputkan’, cuma kebagian lambaian tangan meski faktanya jadi laluan sailing route para yachters ini. Setelah menyinggahi Pulau Benan di Lingga, mereka lazimnya terus bergerak menuju Tanjungpinang dan memungkasinya di Bintan, 3 dari 20 mandatory anchorage points WS2I.

Batam Tourism Promotion Board (BTPB) melihat terobosan ini sebagai suatu langkah yang menggembirakan bagi lajunya tingkat kunjungan wisman ke Batam. Sebanyak 51 yachts dari 13 negara ini dijadwalkan memenuhi beranda depan laut Gugusan Pulau Abang dari 1-4 November mendatang. 

“Bukan hanya itu saja, BTPB juga menginisiasi kedatangan 45 media dan travel agent asing untuk meliput event ini. Bagi travel agent asing, ini juga merupakan perkenalan kita kepada mereka bahwa wisata bahari Batam dapat dijadikan pilihan lain jika membawa grup travel ke Batam," ujar Rahman Usman selaku Ketua BTPB, Senin (14/10).

2. Kedatangan yachters, media, dan agen travel asing ialah kabar yang menggembirakan bagi Batam

Wonderful Sail To Abang Island 2019 akan Semarakkan Kepulauan Abang IDN Times/Kemenpar

Menurut Kadisbudpar Batam, Ardiwinata, kabar kedatangan yachters dan media serta agen travel asing ialah kabar yang menggembirakan bagi Batam. 

"Jika sudah sekali dijadikan tempat labuh bagi yachters di event kelas dunia, ke depan besar kesempatan bagi kita untuk menggelar kembali event ini di Batam. Tentunya hal ini akan turut mendongkrak nama Batam sebagai salah satu tujuan wisata bahari di tingkat dunia. Apalagi nantinya event ini akan turut diliput oleh media asing, tentunya gaung yang ditimbulkan oleh efek promo ini akan memperkenalkan Batam secara kilat di tingkat global," umbar Ardi.

Ardi menambahkan, dengan kunjungan yachters dan media serta travel agent asing ini, Kadisbudpar Batam berharap target wisman yang masuk ke Batam di 2019 ini, yakni 2,4 juta, dapat dicapai lebih cepat. 

“Semakin banyak event di Batam, akan semakin baik, apalagi event yang bertema bahari. Karena secara geografi, Batam memang bahari. Cara tercepat untuk mendatangkan wisman adalah atraksi yang dikemas dengan event seperti ini," ujarnya lebih jauh.

3. Wonderful Sail To Indonesia di Batam merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan pariwisata crossborder

Wonderful Sail To Abang Island 2019 akan Semarakkan Kepulauan Abang IDN Times/Kemenpar

Buralimar selaku Kadispar Kepri berpendapat bahwa di tahun sebelumnya Batam memang hanya dilewati saja oleh para yachters ini. 

"Sekarang Batam sudah menjadi tuan rumah yang akan menjamu para wisman pencinta bahari ini. Nantinya kita tetap akan melanjutkan program tersebut sehingga wisnus  yang singgah di Batam akan naik signifikan, terutama dari sisi length of stay-nya," jelasnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani mengatakan bahwa hadirnya Wonderful Sail To Indonesia di Batam merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan pariwisata crossborder.

“Dengan event ini, Batam akan mempunyai nilai tambah di mata wisman dan dunia. Dimulai debutnya pada 22 Juli yang lalu, Wonderful Sail To Indonesia sudah melewati berbagai keindahan bahari Indonesia, mulai dari Pulau Banda, Pulau Buru, Buton, Wakatobi, Pasarwajo, Baubau, Selayar, Labuanbajo, Sumbawa, Lombok, Bali, Bawean, Kumai, Belitung, Bangka, Lingga, dan akan samai di lokasi bahari terbaik di Batam, Pulau Abang, untuk kemudian akan berakhir di Tanjungpinang dan Lagoi," kata Rizki yang diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Dessy Ruhati.

Menpar Arief Yahya mengacungkan dua jempol bagi event Wonderful Sail To Indonesia 2019. "Tahun ini, Batam, diinisiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Batam Tourism and Promotion Board, bakal menyambut pelayar kelas dunia yang mencintai bahari itu dengan menggelar ‘Batam Bahari Festival’. Ini kesempatan Batam memperkenalkan otentitas budaya dan kearifan lokalnya kepada para wisman tersebut. Ini merupakan momen Batam unjuk gigi lewat bahari," pungkasnya.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya