Banyak Permintaan Masyarakat, Xpress Air Buka Rute Yogyakarta-Banyuwangi

Rute baru tersebut bakal dibuka 19 November

Banyuwangi, IDN Times - Bandara Banyuwangi kembali mendapat penerbangan baru. Kali ini Xpress Air yang resmi membuka rute baru Yogyakarta– Banyuwangi. Rencananya rute tersebut akan terbang perdana pada 19 November memdatang.

Rute itu dibuka karena melihat banyaknya permintaan dan kebutuhan masyarakat Xpress Air hadir untuk mempermudah dan mempercepat jarak tempuh dari Yogyakarta ke Banyuwangi.

"Semoga penambahan rute baru ini makin menambah keberkahan bagi masyarakat Banyuwangi. Jumlah kunjungan wisatawan bisa makin meningkat," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Rabu (16/10).

1. Rute Yogyakarta-Banyuwangi bakal terbang tiga kali sehari

Banyak Permintaan Masyarakat, Xpress Air Buka Rute Yogyakarta-BanyuwangiIDN Times/Kemenpar

Manajer Komersial Xpress Air Seran Kathirvelu mengemukakan rute Yogyakarta-Banyuwangi akan terbang tiga kali dalam sepekan, yakni pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Adapun Rute Yogyakarta (JOG) – Banyuwangi (BWX) pukul 09:20–10:40 LT. Sementara sebaliknya Banyuwangi (BWX)– Yogyakarta (JOG) pukul 15:40–17:00 LT.

Seran berharap, seiring waktu jumlah penumpang bisa terus meningkat, terlebih melihat potensi pariwisata Banyuwangi yang sangat bagus.

"Kami sudah lakukan kajian. Oleh karena itu, kami berani membuka rute ini. Semoga dalam waktu tidak terlalu lama, bisa terbang setiap hari," ujar Seran.

2. Reservasi rute baru tersebut sudah bisa dipesan

Banyak Permintaan Masyarakat, Xpress Air Buka Rute Yogyakarta-BanyuwangiIDN Times/Kemenpar

Dengan dibukanya rute tersebut, diharapkan membantu dan memberikan efek positif kepada masyarakat yang membutuhkan armada untuk terbang dari Yogyakarta ke Banyuwangi.

"Termasuk sebaliknya, juga mendukung dalam rangka kegiatan bisnis, dinas, pulang kampung, dan wisata," tutur Seran.

Selain itu, ada beberapa rute baru yang akan di buka oleh Xpress Air dari Banyuwangi. Salah satunya adalah Jakarta–Banyuwangi. Masih dengan keunggulannya, Xpress Air tetap memberikan gratis bagasi 20 kg, gratis snack, dan on time performance.

"Untuk rute ini Xpress Air akan terbang dengan pesawat jenis Boeing 737 yang berkapasitas sebanyak 140 seat," ungkap Seran.

Reservasi tiket pesawat sudah bisa dipesan dari travel agent, website resmi Xpress Air dan aplikasi tiket online pada 16 Oktober 2019.

3. Banyuwangi sukses menarik perhatian wisatawan

Banyak Permintaan Masyarakat, Xpress Air Buka Rute Yogyakarta-BanyuwangiIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan acungan jempol bagi Banyuwangi karena berhasil menarik perhatian sejumlah maskapai.

“Buat sebuah destinasi, akses udara sangat penting. Apalagi buat wisatawan mancanegara. Karena akses udara mempermudah aktivitas wisatawan. Namun, Banyuwangi harus terus memperkuat 3A-nya. Karena hal itu sangat penting,” tutur Menpar Arief Yahya.

Dengan atraksi, amenitas, dan aksesibilitas yang ada sekarang, Banyuwangi memang sukses menarik perhatian wisatawan.
“Tapi jika ingin menjadi destinasi kelas dunia, ketiga unsur itu harus diperkuat lagi. Dan di sini peran CEO daerah sangat penting. Karena dari CEO kebijakan buat daerah akan diambil,” tutur menteri lulusan Telematika di University of Surrey itu.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya