Comscore Tracker

Ada 550 TKA Asal Tiongkok, Banten Masih Aman Virus Corona

TKA di Banten ada sekitar 600 orang

Banten, IDN Times - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten mendata tenaga kerja asing (TKA) yang bepergian ke luar negeri, utamanya ke Tiongkok, saat perayaan Imlek lalu.

Dari pendataan tersebut, diketahui ada sekitar 600 orang. Dari data itu juga diketahui, TKA yang ada di Banten didominasi pekerja dari Tiongkok. 

1. Ada sekitar 550 TKA asal Tiongkok di Banten

Ada 550 TKA Asal Tiongkok, Banten Masih Aman Virus CoronaSejumlah perawat memakai pelindung saat berbicara dengan pengunjung di bagian penerimaan Rumah Sakit (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter)

Kadisnaker Provinsi Banten Alhamidi mengatakan, ada sekitar 550 TKA asal Tiongkok yang bekerja di beberapa industri di Banten, seperti PT Cemindo Gemilang di Bayah, Kabupaten Lebak, dan PLTU Jawa VII di Kabupaten Serang.

"Untuk keseluruhan jumlah TKA di Banten sekitar 600 orang, jumlah itu didominasi oleh TKA Tiongkok," kata Hamidi saat dikonfirmasi, Selasa (4/2)

Baca Juga: Tiongkok Percaya Diri Bisa Atasi Wabah Virus Corona

2. Tidak ada TKA Tiongkok yang bekerja di Banten melakukan perjalanan ke Wuhan

Ada 550 TKA Asal Tiongkok, Banten Masih Aman Virus CoronaPenduduk memakai masker dan jas hujan secara sukarela memeriksa suhu badan penumpang menyusul penularan virus korona baru di sebuah pemberhentian bus di Tin Shui Wai, kota perbatasan di Hong Kong pada 4 Februari 2020. (ANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu)

Berdasarkan pendataan yang dilakukan Disnaker Banten, tidak ada TKA yang melakukan perjalanan ke luar negeri, apalagi ke kota Wuhan, Tiongkok. Seperti diketahui, Wuhan yang juga Ibu Kota Provinsi Hubei itu menjadi titik episentrum pecahnya wabah virus corona strain baru, 2019-nCoV. 

"Banten masih aman. Alhamdulillah. Kalau pun ada indikasi ke sana, pasti sudah kami lakukan tindakan bersama dinas terkait lainnya," kata Hamidi.

3. Semua TKA di Banten akan terus diawasi

Ada 550 TKA Asal Tiongkok, Banten Masih Aman Virus CoronaCalon penumpang pesawat dan petugas bandara menggunakan masker untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (IDN Times/Yogi Pasha)

Hamidi mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan mengawasi seluruh perusahaan yang mempekerjakan TKA di Banten. Hal itu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan dan keamanan para pekerja.

"Pengawasan dilakukan dari Februari sampai Mei. Kita mengerahkan seluruh pengawas yang kita miliki sebanyak 79 pengawas," ujar dia.

Jika kemudian ditemukan indikasi suspect virus Corona, kata Hamidi, Disnakertrans Banten akan menindak sesuai prosedur yang sudah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

"Indikasinya sudah jelas, demam tinggi, batuk, sesak napas, dan dalam dua minggu terakhir pernah berkunjung keluar negeri, khususnya ke China. Jika kami dapati itu, maka akan dilakukan penanganan khusus," kata dia.

Ada 550 TKA Asal Tiongkok, Banten Masih Aman Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Tiongkok Klaim 715 Pasien Terinfeksi Virus Corona Dinyatakan Sembuh

Topic:

  • Rochmanudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya