Penyelidikan Termasuk Pilkada, KPK Sadap 600 Nomor Telepon

KPK bantah hanya bekerja pencegahan korupsi

Serang, IDN Times - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyelidikan tertutup tindak pidana korupsi. Kasus yang dilidik, termasuk didalamnya soal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

Saat ini, ditegaskan Nawawi KPK telah mengajukan sekitar 600 izin penyadapan kepada Dewan Pengawasnya.

Baca Juga: Usai Pemekaran Wilayah, Ribuan Aset Pemkot Tangsel Bermasalah

1. Nawawi bantah KPK hanya bekerja untuk pencegahan tanpa penindakan

Penyelidikan Termasuk Pilkada, KPK Sadap 600 Nomor TeleponLima Pimpinan KPK baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dia pun membantah anggapan yang menyebutkan bahwa saat ini KPK hanya bekerja untuk pencegahan tindak pidana korupsi. Padahal, lembaga anti rasuah itu juga masih fokus dalam melakukan penindakan.

"Sekarang sejauh ini seakan-akan melihat KPK bekerja di ranah pencegahan. Kita ingin memberi tahu bahwa kita tetap melakukan tugas-tugas penindakan. Kita tetap melakukan penyelidikan-penyelidikan tertutup," katamya dalam rapat koordinasi program pemberantasan korupsi di wilayah Provinsi Banten di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Selasa (24/11/2020).

2. Penyadapan yang dilakukan bagian dari penindakan

Penyelidikan Termasuk Pilkada, KPK Sadap 600 Nomor TeleponANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bukti jika lembaga tempatnya bernaung tetap melakukan penindakan adalah, lanjut Nawawi pihaknya tengah mengajukan izin penyadapan ke Dewan Pengawas KPK. Penyelidikan tersebut tersebar di sejumlah daerah di Indonesia termasuk penyelidikan dengan pilkada.

"Kalau kita ada penyadapan begitu berarti kita melakukan penyelidikan-penyelidikan tertutup, seluruh Indonesia. Dengan pilkada termasuk di dalamnya," katanya.

3. Ada 270 daerah di Indonesia menggelar Pilkada 2020

Penyelidikan Termasuk Pilkada, KPK Sadap 600 Nomor TeleponIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Untuk diketahui, terdapat 270 daerah yang ikut serta menggelar perhelatan Pilkada Serentak 2020, sebanyak 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Di Banten sendiri terdapat empat daerah terdiri atas Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tagerang Selatan dan Kota Cilegon.

Baca Juga: 4 Daerah di Banten yang Siap Gelar Pilkada Serentak 2020

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya