Comscore Tracker

Kondom Hingga Jimat Ditemukan di Kediaman Pimpinan Kelompok Hakekok

Anggota Hakekok mengaku tidak ada aktivitas seksual

Serang, IDN Times - Kepolisian menemukan sejumlah barang di antaranya kitab, pusaka, jimat hingga alat kontrasepsi di kediaman pemimpin kelompok diduga aliran sesat Hakekok Balakasuta Arya, di Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang.

"Masih kita amankan. Berdasarkan olah TKP (tempat kejadian perkara) betul itu (barang-barang) ada di salah satu kediaman orang tersebut," kata Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi saat dikonfirmasi, Jumat, 12 Maret 2021.

Baca Juga: MUI: Aliran Hakekok Balakasuta di Pandeglang Menyimpang

1. Anggota kelompok Hakekok Balakasuta tertutup

Kondom Hingga Jimat Ditemukan di Kediaman Pimpinan Kelompok HakekokDok. IDN Times/Polres Pandeglang

Berdasarkan pemeriksaan sementara, kata Hamam, anggota kelompok menyimpang tersebut hanya ada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis. Sejauh ini, belum ditemukan ada anggota di daerah lain di Kabupaten Pandeglang.

Selain itu, anggota kelompok ini dinilai menutup diri dari para tetangga. "Jadi anggotanya sementara hanya orang-orang yang kita amankan kemarin," katanya.

2. Anggota Hakekok Balakasuta mengaku tidak ada aktivitas seksual

Kondom Hingga Jimat Ditemukan di Kediaman Pimpinan Kelompok HakekokIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Kendati ditemukan alat kontrasepsi, namun berdasarkan pengakuan mereka tidak ada kegiatan ritual yang mengarah aktivitas seksual di kelompok tersebut.

Sementara, sejumlah pusaka milik sang pimpinan kelompok ini, diduga untuk membuktikan kepada pengikutnya bahwa ia memiliki kemampuan lebih.

"Untuk pegangan yang bersangkutan digunakan seperti namanya seorang ketua mungkin mempunyai kemampuan lebih, sehingga bisa memengaruhi pengikut-pengikutnya," kata Hamam.

3. MUI sementara simpulkan Hakekok Balakasuta kelompok menyimpang

Kondom Hingga Jimat Ditemukan di Kediaman Pimpinan Kelompok HakekokIlustrasi gedung MUI Pusat di Jakarta (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sementara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang Tubagus Hamdi mengatakan, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait aliran Hakekak Balakasuta, namun keputusan sementara masih menyimpulkan kelompok tersebut aliran menyimpang.

"Sesuai dengan hasil pemeriksaan polisi itu ajaran yang menyimpang. Kenapa? Masak mandi bersama-sama telanjang karena kita ada batasan hukum. Itu dianggap menyimpang," kata Hamdi.

4. Polisi menangkap 16 anggota kelompok Hakekok Balakasuta

Kondom Hingga Jimat Ditemukan di Kediaman Pimpinan Kelompok HakekokIlustrasi Borgol (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, polisi menangkap 16 orang yang diduga menganut aliran sesat di Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis, 11 Maret 2021. Aliran sesat ini kemudian diketahui bernama Hakekok Balakasuta.

Kelompok aliran sesat tersebut diringkus saat mereka melakukan ritual tanpa mengenakan busana di area perkebunan sawit Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang. Mereka mandi bareng yang diklaim untuk menyucikan diri.

Baca Juga: Heboh Aliran Sesat Hakekok di Pandeglang, Belasan Orang Mandi Bareng

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya