Comscore Tracker

Irna Narulita, Calon Kepala Daerah Paling Tajir di Pandeglang

Total kekayaan Irna mencapai Rp49,2 miliar

Pandeglang, IDN Times - Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan, Bupati petahana Kabupaten Pandeglang, Banten, Irna Narulita menjadi calon kepala daerah terkaya di Pilkada Pandeglang 2020. Total kekayaan Irna mencapai Rp49,2 miliar.

Harta istri mantan bupati Pandeglang dua periode Dimyati Natakusumah ini sebagian besar terdiri dari tanah dan bangunan. Tercatat Irna memiliki 112 bidang tanah dengan nilai Rp48 miliar. Tanah itu paling banyak ada di Pandeglang, kemudian di Serang, dan satu bidang berada di Jakarta Barat.

Dalam Pilkada 2020, Irna Narulita berpasangan dengan Tanto W Arban. Keduanya melawan pasangan Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamami.

Baca Juga: Adik Atut, Ratu Tatu Calon Petahana Paling Tajir di Pilkada Serang 

1. Irna Narulita punya tanah dan motor, tapi tidak melaporkan memiliki kendaraan roda empat

Irna Narulita, Calon Kepala Daerah Paling Tajir di PandeglangDok. Instagram/IrnaDimyati

Selain tanah, Irna juga memiliki sepeda motor senilai Rp3 juta. Namun, Irna tidak melaporkan memiliki kendaraan roda empat. Lalu, dia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp455,6 juta, dan kas setara kas Rp758,4 juta. Harta kekayaan Irna mengalami kenaikan jika dibanding data LHKPN 31 Desember 2018 senilai Rp36,1 miliar.

Sedangkan pasangannya, Tanto Arban, memiliki kekayaan Rp6,8 miliar. Ia memiliki tanah dan bangunan dua bidang yang berlokasi di Tangerang Selatan senilai Rp1,5 miliar. Mobil jenis Cadillac Escalade Jeep dan Honda Freed senilai Rp1,4 miliar.

Tanto juga punya jenis harta bergerak lainnya senilai Rp571 juta, surat berharga Rp3,2 miliar, kas dan setara kas Rp580 juta.

2. Harta kekayaan calon penantang

Irna Narulita, Calon Kepala Daerah Paling Tajir di PandeglangDok. KPU Pandeglang

Sementara dari kubu calon penantang, Thoni Fathoni Mukson, memiliki harta senilai Rp7,5 miliar. Harta Thoni paling banyak berupa tanah dan bangunan sebanyak lima bidang di Pandeglang dengan luas bervariasi, mulai dari 34 meter persegi hingga 59 meter persegi senilai Rp5,9 miliar. Dia pun tercatat memiliki kendaraan Mobil Toyota Hartdtop Jeep tahun 1982, Jeep Cherokee tahun 1996, Honda sedan tahun 2011, dan sepeda motor honda scoopy tahun 2015 dengan total nilai Rp499 juta, harta bergerak senilai Rp1 miliar dan kas setara kas 109 juta.

Sementara, Miftahul Tammy tercatat hanya memiliki harta kekayaan senilai Rp1 miliar. Dengan rincian, memiliki dua bidang tanah di Serang senilai Rp887 juta, memiliki alat transportasi motor yamaha B3F-F A/T tahun 2018 senilai Rp17 juta, harta bergerak 65 juta, kas setara kas Rp75 juta, dan memiliki utang Rp188 juta.

3. Partai pendukung kedua pasangan calon

Irna Narulita, Calon Kepala Daerah Paling Tajir di PandeglangInfografis PIlkada Pandeglang 2020 (IDN Times/M Shakti)

Untuk diketahui, pasangan Irna-Tanto didukung oleh sembilan partai yaitu Gerindra, Golkar, PKS, Partai Demokrat, PDIP, NasDem, PAN, PBB dan Perindo.

Sementara pesaingnya yaitu pasangan Thoni Mukson-Miftahul Tamamy, hanya didukung PKB dan PPP.

Baca Juga: LHKPN Paslon Pilkada Tangsel, Keponakan Atut Paling Kaya

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya