Punya Harta Rp49 ,2 Miliar, Irna Calon Paling Tajir di Pandeglang 

Kekayaan Irna naik sejak jadi bupati

Pandeglang, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pandeglang dipastikan hanya diikuti oleh dua pasangan calon, antara pasangan petahana Irna Narulita-Tanto W Arban dan Thoni Fathoni Mukson-Miftahul Tamami.

Namun, siapakah calon yang menyandang memiliki harta kekayaan paling banyak pada Pilkada daerah paling termiskin di Banten tersebut?

Baca Juga: Adik Atut, Ratu Tatu Calon Petahana Paling Tajir di Pilkada Serang 

1. Irna Narulita tercatat menjadi calon paling tajir

Punya Harta Rp49 ,2 Miliar, Irna Calon Paling Tajir di Pandeglang Dok. Instagram/IrnaDimyati

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bupati petahana Irna Narulita menjadi calon terkaya di Pilkada Pandeglang dengan total kekayaan mencapai Rp49,2 miliar.

Harta istri mantan bupati Pandeglang dua periode Dimyati Natakusumah ini paling banyak berupa tanah dan bangunan. Tercatat ada 112 bidang tanah yang dimiliki Bupati Pandeglang ini, dengan nilai Rp48 miliar. Tanah itu paling banyak ada di Pandeglang, kemudian di Serang, dan satu bidang berada di Jakarta Barat.

Selain tanah, bakal calon bupati petahana yang berpasangan dengan Tanto Warsono Arban ini juga memiliki sepeda motor senilai Rp3 juta, namun tidak melaporkan kendaraan roda empat. Lalu memiliki harta bergerak lainnya Rp455,6 juta, dan kas setara kas Rp758,4 juta. Harta kekayaan Irna mengalami kenaikan jika dibanding data LHKPN 31 Desember 2018 senilai Rp36,1 miliar.

Sedangkan, Tanto Arban memiliki kekayaan Rp6,8 miliar. Ia memiliki tanah dan bangunan dua bidang yang lokasinya di Tangerang Selatan senilai Rp1,5 miliar. Mobil jenis Cadillac Escalade Jeep dan Honda Freed dengan nilai Rp1,4 miliar.

Tanto juga punya jenis harta bergerak lainnya Rp571 juta, surat berharga Rp 3,2 miliar, kas dan setara kas Rp580 juta.

2. Harta kekayaan calon penantang

Punya Harta Rp49 ,2 Miliar, Irna Calon Paling Tajir di Pandeglang Dok. KPU Pandeglang

Sementara dari kubu calon penantang, Thoni Fathoni Mukson memiliki harta senilai Rp7,5 miliar. Harta Thoni paling banyak berupa tanah dan bangunan sebanyak lima bidang di Pandeglang dengan luas bervariasi mulai dari 34 meter persegi hingga 59 meter persegi senilai Rp5,9 miliar. Dia pun tercatat memiliki kendaraan Mobil Toyota Hartdtop Jeep tahun 1982, Jeep Cherokee tahun 1996, Honda sedan tahun 2011 dan sepeda motor honda scoopy tahun 2015 dengan total nilai Rp499 juta, harta bergerak senilai Rp1 miliar dan kas setara kas 109 juta.

Sementara, Miftahul Tammy tercatat hanya memiliki harta kekayaan senilai Rp1 miliar. Dengan rincian, memiliki dua bidang tanah di Serang senilai Rp 887 juta, memiliki alat transfortasi motor yamaha B3F-F A/T tahun 2018 senilai Rp17 juta, harta bergerak 65 juta, kas setara kas 75 juta dan memiliki utang Rp188 juta.

3. Partai pendukung kedua pasangan calon

Punya Harta Rp49 ,2 Miliar, Irna Calon Paling Tajir di Pandeglang Infografis PIlkada Pandeglang 2020 (IDN Times/M Shakti)

Untuk diketahui, pasangan Irna-Tanto didukung oleh sembilan partai yaitu Gerindra, Golkar, PKS, Partai Demokrat, PDIP, NasDem, PAN, PBB dan Perindo. Sementara pesaingnya yaitu Thoni Mukson-Miftahul Tamamy didukung PKB dan PPP.

Baca Juga: LHKPN Paslon Pilkada Tangsel, Keponakan Atut Paling Kaya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya