Comscore Tracker

Pandemik Virus Corona, Jumlah Ibu Hamil Malah Meningkat di Kota Serang

Diduga ada 2 faktor yang menjadi penyebab

Serang, IDN Times - Wabah virus corona ternyata tidak hanya memaksa orang untuk selalu memakai masker dan menjaga jarak saat berada di luar rumah, tapi juga telah membawa dampak lain. Akibat kebijakan orang harus berada atau bekerja dari rumah (work from home), angka kehamilan di Kota Serang, Banten, dilaporkan meningkat hingga 10 persen.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Serang, Lenny Suryani mengungkapkan, angka kehamilan pada April 2020 meningkat menjadi 2.066, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang hanya 1.730 kehamilan.

"Iya semenjak pandemik jumlahnya meningkat sekitar 10 persen. Kenaikannya sejak bulan April," kata Lenny Suryani saat dikonfirmasi, Kamis (4/6).

Baca Juga: [LINIMASA] Banten Melawan COVID-19 Jelang New Normal

1. Ada 2 faktor yang diduga menjadi penyebab

Pandemik Virus Corona, Jumlah Ibu Hamil Malah Meningkat di Kota Serangidn media

Lenny menduga, naiknya angka kehamilan karena warga yang kini lebih banyak beraktivitas di rumah, baik berdasarkan aturan pemerintah maupun aturan kantor untuk kerja dari rumah. 

Selain itu, juga karena ada kaum ibu yang tidak menjalani ganti KB implan, sebab layanan Puskesmas dibatasi untuk fokus penanganan COVID-19.

"Iya karena kita harus di rumah aja, gak boleh aktivitas di luar kan," katanya.

2. Ibu hamil dan ibu yang memiliki balita langsung ditangani pihak Puskesmas

Pandemik Virus Corona, Jumlah Ibu Hamil Malah Meningkat di Kota SerangIlustrasi (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona, pelayanan Posyandu ditutup sementara. Bagi ibu hamil atau ibu yang memiliki balita, bisa mendapatkan pelayanan medis di Puskesmas atau sebaliknya petugas medis yang datang langsung ke rumah pasien.

"Laporan kesehatan masih terpantau, Puskesmas masih buka (pelayanan ibu hamil), tapi Posyandu ditutup. Mereka dibawa ke Puskesmas dan ada juga kunjungan rumah, jadi gak dikumpulkan," katanya.

Baca Juga: [FOTO] Meraba "Wajah" New Normal di Banten

3. Jumlah ibu hamil di bulan Mei juga diprediksi akan meningkat

Pandemik Virus Corona, Jumlah Ibu Hamil Malah Meningkat di Kota SerangIlustrasi perlindungan bayi dari COVID-19 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Ia memprediksi, jumlah ibu hamil akan kembali meningkat pada Mei, karena di bulan tersebut aktivitas di luar rumah benar-benar dibatasi. Namun, ia belum bisa menyebut berapa kenaikannya nanti.

"Mei masih didata. Bulan Mei pasti naik. Kalau Juni kan mulai new normal, mulai ada aktivitas mungkin akan turun," katanya.

Baca Juga: Restoran di Tangsel Bisa Buka dan Layani Makan di Tempat

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya