Comscore Tracker

Bebas COVID-19, Apakah Suku Baduy Ikut Divaksinasi? 

Masyarakat Baduy Dalam bahkan tak punya KTP

Lebak, IDN Times - Meski hingga saat ini belum ada warga suku adat Baduy yang dilaporkan terpapar COVID-19, namun Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten tetap akan menargetkan Suku Baduy sebagai penerima vaksinasi COVID-19. 

Langkah ini dilakukan untuk mencegah masyarakat yang tinggal di Pegunungan Kendeng dan disebut sebagai "urang Kanekes" itu terpapar dari COVID-19.

Baca Juga: Suku Baduy Juga Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19 

1. Bupati Lebak akan mengikuti kebijakan adat

Bebas COVID-19, Apakah Suku Baduy Ikut Divaksinasi? Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kendati demikian, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, pihaknya tidak bisa memaksakan Suku Baduy untuk mengikuti vaksinasi. Iti akan menyerahkan kebijakan apapun kepada keputusan para tetua adat. Sebab, harus ada pendekatan persuasif terkait hal-hal yang berkaitan dengan Suku Baduy.

"Mengikuti kebijakan adat, tidak bisa memaksakan kebijakan pemerintah begini. Contohnya saja dana desa, sudah 3 tahun ini Baduy menolak berkaitan dengan penyerapan anggaran kita," kata Iti saat dikonfirmasi, Selasa (16/3/2021).

2. Bagaimana nasib masyarakat Baduy Dalam yang tak punya KTP?

Bebas COVID-19, Apakah Suku Baduy Ikut Divaksinasi? Warga Baduy Dalam menunggu wisatawan di Desa Kanekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Mengenai vaksinasi masyarakat Baduy Dalam, Iti menyampaikan, dia harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan puun atau pemimpin adat, karena Baduy Dalam memiliki aturan adat yang lebih ketat ketimbang Baduy Luar.

"Paling (kalau) bisa (vaksinasi) Baduy Luar kurang lebih (jumlahnya) 400 susuhunan. KTP ada (Baduy Luar), kalau Baduy Dalam gak ada," katanya.

3. Baduy Dalam maupun Luar sedang Kawalu

Bebas COVID-19, Apakah Suku Baduy Ikut Divaksinasi? Kawasan Baduy ditutup (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dalam jangka waktu tiga bulan ini, Suku Baduy Dalam maupun Baduy Luar sedang menggelar ritual adat Kawalu, sehingg pihaknya tidak bisa melakukan sosialisasi. Sebab selama Kawalu, Suku Baduy tidak bisa dikunjungi oleh siapa pun.

"(Kalau Baduy Luar bersedia vaksinasi) nanti kita yang akan datang ke sana," kata Iti.

Baca Juga: Di Balik Ritual Kawalu Suku Baduy Dalam, Doa dan Puasa untuk Indonesia

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya