Meikarta Bisa Jadi Pilihan Hunian untuk Pemilik Gaji UMP

Jawaban untuk kegalauan kita?

Sudah tahu berapa Upah Minimum Provinsi Jakarta? Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakartatelah menetapkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) 2017 sebesar‎ Rp 3.355.750. Angka ini naik 8,25 persen dari UMP 2016 yang sebesar Rp 3,1 juta. Keputusan menaikkan UMP ini didasarkan pada beberapa hal, seperti misalnya tingkat inflasi.

Sementara itu  berdasarkan rekomendasi bupati dan wali kota serta Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan  juga telah menetapkan besaran Upah Minimun Kabupaten (UMK). Daerah dengan upah tertinggi yaitu Kabupaten Karawang dengan nilai Rp 3.605.272. Sementara rata-rata nilai UMK 2017 di Jawa Barat yaitu Rp 2.324.555. 

Padahal, harga apartemen dan rumah semakin mahal saja. Untuk mendapatkan rumah yang bahkan berada di tempat yang tak strategis saja, kita harus menabung dengan sangat ketat. Rumah yang tak strategis akan membuat kesulitan kita, baik dalam mengakses fasilitas maupun bekerja.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa mengontrak atau menyewa hunian sangatlah menyita uang. Apalagi, semakin lama harga sewa hunian semakin mahal. Uang kita pun terbuang percuma untuk sewa rumah dan kita tak bisa memberikan warisan kepada anak-anak kita. Karenanya, banyak orang yang semakin mengingkan hunian yang bersifat full-package: hunian yang murah, dekat dengan berbagai fasilitas, dan punya akses transportasi bagus.

Meikarta Bisa Jadi Pilihan Hunian untuk Pemilik Gaji UMP99.co

Meikarta adalah kota mandiri premium besutan Lippo Group yang didirikan di Cikarang, Jawa Barat. Meikarta bukan kota mandiri biasa, tetapi merupakan kota mandiri yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari kesehatan, pendidikan, hiburan, budaya, teknologi, belanja, ruang terbuka hijau, dan juga keamanan dan moda transportasi menuju Jakarta. Meikarta dikelilingi berbagai proyek infrastruktur pemerintah, mulai dari pelabuhan, bandara, monorel, dan jalan layang.

Kota baru Meikarta hadir dengan menawarkan hunian apartemen. Keseriusan membangun kota ini dibuktikan dengan diluncurkannya penjualan 200 ribu unit apartemen, yang mana pada tahap pertama telah berhasil dijual lebih 100 ribu unit.

Penjualan ini menjadi cepat, sebab Meikarta memberikan penawaran yang menarik dengan harga mulai dari Rp 5,8 juta per meter persegi. Kemudian terdapat juga pilihan kredit kepemilikan rumah atau apartemen selama 20 tahun, dengan bunga dimulai dari 8,25 persen. Pembeli juga bisa membayar booking fee hanya Rp 2 juta dan selanjutnya uang muka sebesar 10 persen.

Sebagai gambaran kalau ingin mengambil salah satu unit apartemen di Meikarta tersedia  beberapa pilihan cara. Semisal akan membeli unit yang luasnya 21,91 meter persegi, harga sesudah diskon Rp 127.785.800, untuk PPN Rp 12.707.800. Kemudian harga sesudah diskon ditambah PPN menjadi Rp 139.785.800. Asumsi ini bukan hanya ilustrasi, karena memang ada unit apartemen dengan harga di bawah Rp 200 juta. Untuk uang muka sebesar 5% berarti Rp 6.989.290. Ini bisa dicicil sampai 6 kali, jadi Rp 831.548 per bulan. Dengan asumsi mengambil jangka kredit sampai 20 tahun, maka setiap bulan calon penghuni membayar cicilan Rp 1.032.813.

Cicilan itu bisa dibayar untuk mereka dengan UMP Jakarta. Sangat ideal untuk keluarga baru yang sedang merintis karier dan mengumpulkan tabungan. Nah, apakah kalian termasuk anak muda yang ingin membeli hunian murah, tetapi berkualitas? Kalian bisa melihat informasinya di sini.

Topik:

Berita Terkini Lainnya