Berhasil Diselamatkan, 12 Anak Gua Thailand dalam Kondisi Sehat

Akhirnya drama penyelamatan selesai juga

Chiang Rai, IDN Times - Delapan belas hari operasi penyelamatan yang dilakukan di Gua Tham Luang berakhir manis. Keduabelas anak yang merupakan pemain sepak bola Wild Boars Thailand bersama asisten pelatihnya yang terjebak di gua itu berhasil diselamatkan, Selasa (10/7) malam. Anak-anak dan pelatih yang terjebak itu kini mendapat perawatan medis. Namun secara umum, mereka dalam kondisi sehat.

1. Misi penyelamatan ini melibatkan 90 penyelam andal dari seluruh dunia

Berhasil Diselamatkan, 12 Anak Gua Thailand dalam Kondisi Sehatepa via bbc

Diwartakan BBC, Independent dan Guardian, kabar bahagia ini disampaikan Narongsak Osatanaskorn, mantan gubernur yang memimpin jalannya penyelamatan. Narongsak tidak bisa menyembunyikan raut bahagianya karena berhasil menuntaskan misi penyelamatan yang terlihat mustahil.

Tidak lama berselang pengumuman itu, warga dan para orangtua yang menunggu di area gua dan rumah menyambut gembira kabar penyelamatan itu dengan teriakan dan sorak sorai. Hal itu wajar karena anak-anak itu sudah terjebak sejak 23 Juni lalu. Kecil kemungkinan bagi mereka untuk bisa selamat dan bertahan hidup di dalam gua yang kecil, gelap dan pengap.

2. Penyelamatan itu menjadi mencekam karena gua itu berpotensi terendam air

Berhasil Diselamatkan, 12 Anak Gua Thailand dalam Kondisi Sehatabcnews.go.com

Anak-anak dan pelatih yang berhasil diselamatkan itu kemudian dibawa ke rumah sakit Chiang Rai. Di lantai delapan, para dokter mengatakan delapan anak yang diselamatkan lebih dulu dalam kondisi sehat dan baik-baik saja. Pihaknya kemudian akan melakukan observasi pada empat orang lainnya dan pelatih. Selain itu, psikolog akan melakukan penilaian terhadap dampak yang terjadi setelah dua minggu lebih terperangkap di gua. Namun yang pasti, pihak dokter menyatakan anak-anak itu dalam kesehatan mental dan disik yang baik. 

3. Ini gambar anak-anak saat terjebak di dalam gua

Berhasil Diselamatkan, 12 Anak Gua Thailand dalam Kondisi Sehatbbc.com

Penyelamatan ini berjalan bertahap. Pertama, tim berhasil menyelamatkan empat anak dan kemudian dibawa ke rumah sakit. Pada Senin (9/7/2018), empat anak lainnya berhasil dikeluarkan dan Selasa (10/7) seluruh anak dan pelatih yang terjebak berhasil keluar dari gua.

Mereka yang diselamatkan lebih awal telah menjalani X-ray dan tes darah dan akan tetap dalam pengawasan rumah sakit minimalnya selama tujuh hari. Orang tua diizinkan untuk melihat namun melalui kaca jendela karena keduabelas anak ini akan dikarantina. Dikhawatirkan mereka terkena penyakit karena meminum air yang terkontaminasi atau terkena kotoran burung atau kelelawar saat di dalam gua. 

4. Syukurlah, semua yang terjebak dalam kondisi sehat!

Berhasil Diselamatkan, 12 Anak Gua Thailand dalam Kondisi Sehattheguardian.com

Selama dua pekan lebih terperangkap tanpa asupan makanan yang cukup, anak-anak yang terjebak ini mengalami penyusutan berat badan. Mereka harus diperkenalkan kembali dengan makanan-makanan berat lainnya secara perlahan untuk mencegah gangguan pencernaan. Selain itu mereka juga saat ini harus mengenakan kacamata hitam selama beberapa hari sampai mata mereka menyesuaikan diri dengan cahaya yang lebih terang. Semoga semuanya lekat sehat seperti sedia kala ya!

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya