Comscore Tracker

Akhir Pekan Produktif dari Kominfo dan Siberkreasi

Peringati Hari Literasi Sedunia

Jakarta, IDN Times – Dalam rangka memperingati Hari Literasi Internasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama dengan Siberkreasi yang juga menggandeng sejumlah mitra ternama telah mengadakan rangkaian webinar akhir pekan literasi digital dengan tema “Makin Cakap Digital”. 

Kegiatan ini berlangsung melalui platform Zoom Meeting pada tanggal 10  September 2021.

1. Ada 4 topik utama yang diangkat

Akhir Pekan Produktif dari Kominfo dan SiberkreasiDok. Kominfo

Terdapat empat topik utama yang diangkat dalam webinar Makin Cakap Digital ini, diantaranya berkaitan dengan kesehatan mental, kecakapan digital bagi mahasiswa, pemberdayaan UMKM, dan pemanfaatan platform media sosial. Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 10.00-11.00 WIB yang diawali dengan webinar kesehatan mental bersama dengan Riliv sebagai mitra.

Bertajuk “Sehat di Media Digital”, webinar ini menghadirkan Dr. Sandersan Onie dan Marshanda sebagai narasumber untuk membahas mengenai dampak penggunaan media sosial bagi kesehatan mental. Pesan yang ini disampaikan ialah bahwa setiap orang bertanggungjawab untuk menyaring apa yang ia lihat di media sosial demi kesehatan mentalnya. Webinar ini berhasil menarik perhatian 2000 lebih peserta.

Webinar kedua terlaksana pada pukul 14.00-16.00 WIB dan dihadiri oleh 2645 peserta online. Webinar bertajuk “Mahasiswa Makin Cakap Digital” ini mendatangkan dua tokoh milenial papan atas Indonesia, yakni Nicholas Saputra dan Cinta Laura. Mereka berbicara mengenai dunia mahasiswa dan kehidupan generasi muda di era serba digital, serta betapa pentingnya mahasiswa untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman literasi digital yang mumpuni sebagai agent of change bagi kemajuan bangsa Indonesia.

2. Ada juga topik seputar UMKM

Akhir Pekan Produktif dari Kominfo dan SiberkreasiDok. Kominfo

Selanjutnya, webinar ketiga mengangkat topik seputar dunia UMKM. Webinar ini merupakan rangkaian kegiatan “PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap Digital” yang telah berlangsung sejak tanggal 3 September hingga 10 September ini. Webinar yang berdurasi satu setengah jam dan dilaksanakan setiap pukul 16.00-17.30 WIB ini bertujuan untuk mempersiapkan pelaku UMKM dengan berbagai kecakapan digital yang diperlukan untuk mengembangkan usaha di pasar digital guna membantu mengembalikan fungsi UMKM Indonesia, meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya teknologi dan media sosial bagi kegiatan bisnis, serta mengajak pelaku UMKM untuk menjadi pelopor #MakinCakapDigital.

Penutup dari rangkaian webinar #MakinCakapDigital diakhiri dengan terselenggaranya “Bincang Literasi Digital: Ciptakan Kebaikan di Platform Digital” pada pukul 19.00 WIB. Bekerjasama dengan Tiktok Indonesia, webinar ini mengundang berbagai tokoh publik figur dan content creator ternama kebanggaan Indonesia yang erat kaitannya dengan media sosial yang sedang digandrungi oleh berbagai kalangan usia, yakni TikTok. 

3. Gali lebih dalam tentang pemanfaatan TikTok

Akhir Pekan Produktif dari Kominfo dan SiberkreasiDok. Kominfo

Merespon tingginya minat masyarakat terhadap aplikasi TikTok, webinar ini mencoba menggali lebih dalam tentang bagaimana cara menciptakan dan membagikan kebaikan di berbagai platform digital, khususnya TikTok. Pasalnya, kehidupan masyarakat saat ini tentu tak dapat dipisahkan dari pengaruh platform digital, tak terkecuali media sosial. Dengan demikian, harapannya masyarakat dapat lebih bijak dalam bersikap, berekspresi, dan berkomentar melalui platform digital agar senantiasa tercipta iklim yang kondusif, aman, serta nyaman untuk seluruh pengguna media sosial.

Harapannya, rangkaian webinar #MakinCakapDigital ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat agar lebih cakap digital dengan terus berkreasi memanfaatkan berbagai platform digital. Selain rangkaian webinar ini, tentunya masih ada banyak lagi kegiatan menarik lain tentang literasi digital dari Kemenkominfo dan Siberkreasi agar masyarakat menjadi #MakinCakapDigital. Untuk mendapatkan informasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya, Anda dapat mengikuti akun media sosial @siberkreasi dan mengakses website info.literasidigital.id atau event.siberkreasi.id. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya