Cegah Penularan COVID-19, Ahli Sebut Ini Cara Terbaiknya

Cegah penularan Covid-19 ialah upaya meringankan beban RS 

Jakarta, IDN Times – Pandemik COVID-19 sudah berjalan hampir dua tahun lamanya. Virus  SARS-Cov-2 penyebab COVID-19 ini juga mengalami mutasi dan menimbulkan berbagai varian  baru. Dengan mengenali varian virus COVID-19, baik yang baru maupun lama dan memahami gejala serta cara mencegah penularannya, masyarakat bisa menekan lonjakan kasus yang terjadi  akhir-akhir ini di Tanah Air. 

“Virus COVID-19 ini mudah berubah, varian of concern bagi saya itu ada dua, yakni varian Alfa (B.1.1.7) dan Delta (B.1.617). Tetapi di samping mutasi virus, terjadinya lonjakan kasus juga karena adanya kerumunan,” ungkap Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana sekaligus Anggota Tim Pakar Medis Satgas COVID-19,  dalam Dialog Publik KPCPEN yang disiarkan FMB9ID_IKP, Selasa (22/6). 

“Vaksin COVID-19 sendiri sudah diteliti dan masih efektif melawan varian virus COVID-19 terutama Alfa dan Delta. Saya mendukung percepatan vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Karena dengan 40-50 persen cakupan vaksinasi COVID-19 di negara-negara Eropa, mereka sudah  berani mengadakan piala Eropa 2021,” imbuh Prof Mahardika. 

Melihat kondisi saat ini, Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Dr Hermawan Saputra, pun mengimbau agar mengaktifkan gotong-royong di lingkup komunitas dan membuat ruang isolasi mandiri di tingkat komunitas. “Ini upaya yang bisa meringankan beban rumah sakit kita yang saat ini mulai penuh terutama di Pulau Jawa,” ujarnya.

Dr Hermawan berpendapat cara terbaik  memutus mata rantai penularan COVID-19 adalah dengan mencegahnya. “Cara terbaik untuk mencegah penularannya adalah menghindari kerumunan,” tegasnya. 

1. Selain menegakkan protokol 5M, vaksinasi harus dilengkapi

Cegah Penularan COVID-19, Ahli Sebut Ini Cara TerbaiknyaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Prof Dr Kusnandi Rusmil, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 Universitas Padjadjaran juga mengatakan COVID-19 ini sangat hebat dampaknya. Apabila kita terinfeksi virus ini, kata Kusnadi, fatal akibatnya sehingga kita harus benar-benar menghindarinya.

“Selain kita harus disiplin menegakkan protokol 5M, maka untuk melengkapinya kita harus divaksinasi,” jelas Kusnadi.

Baca Juga: 10 Kebijakan Unik Lawan COVID di Berbagai Negara, Ada Bagi-Bagi Ganja!

2. Pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi

Cegah Penularan COVID-19, Ahli Sebut Ini Cara Terbaiknyascrippsamg.com

Vaksin COVID-19 menurut Prof Kusnandi sudah efektif dalam memberikan tingkat  perlindungan yang diperlukan. Kalaupun terinfeksi, jika mendapat vaksinasi akan mengurangi gejala kesakitan dan risiko kematian bagi pasien COVID-19. Ia pun berpesan agar masyarakat jangan takut divaksinasi, tapi harus takut dengan virusnya. 

“Kita harus memberi pemahaman kepada masyarakat betapa jahatnya COVID-19 ini. Saya yakin dengan fakta-fakta yang sekarang ini kita tampilkan, banyaknya kesakitan dan kematian akibat COVID-19, masyarakat harus mulai sadar pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi,” kata  Prof Kusnandi. 

3. Saran bagi pemerintah untuk kondisi saat ini

Cegah Penularan COVID-19, Ahli Sebut Ini Cara TerbaiknyaIlustrasi pandemik. ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez

Dr Hermawan Saputra menyebutkan  kondisi saat ini menjadi alarm bagi individu dan lingkungan sekitar supaya kita memperkuat  protokol kesehatan di perkantoran, pemukiman, pusat perbelanjaan, sampai kampung di pelosok.  

“Pemerintah harus mampu memberdayakan sumber daya hingga ke desa-desa untuk memengaruhi perubahan perilaku masyarakat,” pesannya. (WEB)

Baca Juga: Darurat COVID-19, DPR Usulkan Kelulusan Dokter dan Perawat Dipercepat

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya