Dian Sastro: Menjadi Perempuan Produktif di Era Digital

Pentingnya literasi digital bagi pemberdayaan perempuan

Jakarta, IDN Times -- Proses digitalisasi yang semakin maju telah memaksa setiap orang untuk mau tidak mau ikut bertransformasi secara digital. Proses digitalisasi ini secara tidak langsung telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tetapi sayangnya tidak seluruh masyarakat mempunyai wawasan atau kesadaran dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif. 

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan GNLD Siberkreasi meninginisiasikan edukasi Literasi Digital untuk memberikan wawasan-wawasan mengenai literasi digital, pemanfaatan sosial media, teknologi dan internet. 

1. Salah satu rangkaian kegiatan literasi digital inisiasi Kominfo

Dian Sastro: Menjadi Perempuan Produktif di Era DigitalDian Sastrowardoyo (IDN Times/Rully Bunga)

Nge-Zoom Bareng Public Figure menjadi salah satu rangkaian kegiatan Literasi Digital daring yang berhasil diinisiasi oleh Kementerian Kominfo dan Siberkreasi. Kegiatan ini sudah berjalan selama lebih dari dua bulan dengan diikuti oleh ribuan peserta setiap episodenya.

Pada episode kali ini, Dian Sastro hadir menjadi narasumber Nge-Zoom Bareng untuk mengajak perempuan Indonesia dalam memaksimalkan pemanfaatan ruang digital. Sebagai seorang public figure, Dian telah memberikan banyak inspirasi hebat kepada perempuan Indonesia melalui karya-karya dan aktivitas sosialnya. 

2. Banyak cerita inspiratif dari hidupnya

Dian Sastro: Menjadi Perempuan Produktif di Era DigitalInstagram.com/therealdisastr

Dalam kegiatan ini, Dian memberikan banyak cerita inspiratif mengenai kehidupannya. Tidak puas dikenal sebagai aktris yang sukses dengan icon kebangkitan film nasional Indonesia yang melekat padanya, Dian memberanikan dirinya untuk terjun menjadi seorang sutradara. Ia bercerita bagaimana ia terjun menjadi sutradara di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan ruang digital untuk menghasilkan karyanya yang akan segera rilis. 

Menurut Dian, saat ini teknologi digital telah memberikan banyak manfaat bagi produktivitas kehidupan manusia, maka tidak ada alasan untuk kita tidak bisa produktif meskipun terhalang oleh pandemi. Dian selalu berusaha memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan-kegiatan positif, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

3. Pentingnya literasi digital untuk pemberdayaan perempuan

Dian Sastro: Menjadi Perempuan Produktif di Era DigitalIDN Times/Rully Bunga

Tidak hanya itu, Dian juga bercerita bagaimana pentingnya literasi digital bagi pemberdayaan perempuan di ranah digital. Dian percaya bahwa perempuan harus mendapatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital. Sebagai perempuan kita harus tahu konten mana yang menjadi konten pribadi dan yang dapat dijadikan konsumsi oleh masyarakat.

Dengan adanya literasi digital perempuan tidak hanya diberikan edukasi pemanfaatan teknologi digital dan internet saja tetapi juga perempuan mendapatkan edukasi untuk menjaga keamanan di ranah digital sehingga dapat lebih berhati-hati. Dian juga menceritakan bahwa dirinya sudah menanamkan literasi digital kepada anak-anaknya sejak dini. Selain bercerita mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk perempuan, melalui kegiatan ini juga Dian bercerita banyak mengenai gerakan-gerakan sosial pemberdayaan perempuan yang sering ia lakukan. 

Lewat pembawaan ceritanya yang menarik dan inspiratif kita tahu bahwa Dian menjadi sosok public figure perempuan yang dapat memberikan banyak contoh positif bagi perempuan lainnya. Selain Dian Sastro masih akan ada banyak narasumber inspiratif lainnya yang akan hadir dalam kegiatan Literasi Digital Kominfo, untuk itu silahkan follow akun sosial media @siberkreasi atau mengakses website info.siberkreasi.id untuk mengetahui kegiatan menarik lainnya. (WEB)

Topik:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya